Kebahagiaan Finlandia tidak sedalam kulit dan langsung terlihat. /tatlerthailand,
Travel

10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Finlandia Nomor 1

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 19 Maret 2022 - 17:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tahun kelima berturut-turut, dalam indeks tahunan yang disponsori PBB.

Sedangkan Afghanistan adalah negara yang paling tidak bahagia, diikuti oleh Lebanon.

Melansir Guardian, Bulgaria, Rumania, dan Serbia mencatat peningkatan kesejahteraan terbesar.

Lebanon, yang menghadapi krisis ekonomi, turun ke urutan kedua dari terakhir pada indeks 146 negara, tepat di bawah Zimbabwe.

Afghanistan yang dilanda perang, yang sudah berada di posisi terbawah tahun lalu, mengalami krisis kemanusiaan yang semakin dalam sejak Taliban kembali berkuasa Agustus lalu setelah penarikan pasukan pimpinan AS.

“[Indeks] ini memberikan pengingat yang jelas tentang kerusakan material dan immaterial yang dilakukan perang terhadap banyak korbannya,” kata rekan penulis Jan-Emmanuel De Neve.

Laporan kebahagiaan dunia, sekarang di tahun ke-10, didasarkan pada penilaian orang-orang tentang kebahagiaan mereka sendiri, serta data ekonomi dan sosial. Ini memberikan skor kebahagiaan pada skala nol hingga 10, berdasarkan rata-rata data selama tiga tahun.

Eropa Utara sekali lagi mendominasi posisi teratas – dengan Denmark di urutan kedua setelah Finlandia, diikuti oleh Islandia, Swiss, dan Belanda.

AS naik tiga tempat ke 16, satu di depan Inggris. Prancis naik ke peringkat 20, peringkat tertingginya.

Selain rasa kesejahteraan pribadi, berdasarkan jajak pendapat Gallup di setiap negara, skor kebahagiaan memperhitungkan PDB, dukungan sosial, kebebasan pribadi, dan tingkat korupsi.

Tahun ini penulis juga menggunakan data dari media sosial untuk membandingkan emosi masyarakat sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Mereka menemukan “peningkatan kecemasan dan kesedihan yang kuat” di 18 negara tetapi penurunan perasaan marah.

Berikut daftar 10 negara paling bahagia di dunia

1. Finlandia

2. Denmark

3. Islandia

4. Swiss

5. Belanda

6. Luksemburg

7. Swedia

8. Norwegia

9. Israel

10. Selandia Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro