Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Masuk ke Indonesia Melalui Jalur Laut

Mengutip laman Indonesia Travel, ada dua armada yang bisa dipakai untuk masuk ke Indonesia melalui jalur laut sebagai berikut
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  08:30 WIB
MSC Magnifica akan berlayar di Laut Merah dari Jeddah dalam beberapa perjalanan tujuh hari dari 13 November hingga 26 Maret.  - MSC Rights/Arabnews
MSC Magnifica akan berlayar di Laut Merah dari Jeddah dalam beberapa perjalanan tujuh hari dari 13 November hingga 26 Maret. - MSC Rights/Arabnews

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi turis asing atau Anda WNI yang ingin masuk ke Indonesia ada beragam jalur yang bisa dilalui.

Salah satunya melalu jalur laut.

Mengutip laman Indonesia Travel, ada dua armada yang bisa dipakai untuk masuk ke Indonesia melalui jalur laut sebagai berikut :

Kapal Feri

Indonesia dapat dikunjungi melalui jalur laut, salah satunya dengan menggunakan kapal feri. Jalur laut Indonesia terhubung langsung dengan negara tetangga seperti, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Pelabuhan yang umumnya diakses turis mancanegara ini terhubung di antara Pulau Sumatra dan Kepulauan Riau dengan pelabuhan di Singapura dan Semenanjung Malaysia.

Kedekatan geografis antara Pulau Batam dan Pulau Bintan di Kepulauan Riau dengan Singapura dan Malaysia membuat pulau kembar menjadi pintu masuk utama ketiga dan keempat menuju Indonesia. Selain itu, ada pula kapal feri yang menghubungkan wilayah Sabah, Malaysia dan Kalimantan Timur, kedua pelabuhan ini melayani rute menuju Jakarta atau pulau lainnya di Indonesia. Sedangkan, kapal Roll On Roll Off (RoRo) menghubungkan General Santos dan Davao di Filipina dengan Bitung, Sulawesi Utara. 

Terdapat kapal feri yang menyediakan perjalanan rutin dari Singapura ke beberapa pelabuhan di Batam, Tanjung Pinang, dan Bandar Bintan Telani Lagoi (resort) di Bintan. Sobat Pesona juga bisa menaiki kapal feri yang beroperasi setiap hari dengan rute Singapura-Tanjung Balai di Pulau Karimun. Di Semenanjung Malaysia, tersedia kapal feri yang menawarkan perjalanan harian dengan rute menuju Batam, Bintan, Tanjung Balai, Dumai, Pekanbaru, dan Tanjung Balai Asahan, tersedia di Pelabuhan Johor Bahru dan Pelabuhan Kland.
 

Kapal Pesiar dan Kapal Layar


Kapal pesiar akan singgah di 5 pelabuhan di Indonesia, yaitu Tanjung Priok (Jakarta Utara), Tanjung Perak (Surabaya), Belawan (dekat Medan), Makassar, dan Tanjung Benoa (Bali). Ada 24 jadwal perjalanan reguler kapal pesiar dari Singapura menuju Jawa dan Bali, serta beberapa jadwal khusus menuju Bali dan Nusa Tenggara. 

Anda bisa menaiki kapal pesiar dan berhenti di lokasi spesifik yang dilalui sepanjang perjalanan bersama dengan penumpang lainnya, dalam hal ini imigrasi akan ditangani di kapal. Pemberhentian ini pun bisa menjadi tempat terakhir yang menyudahi pelayaran Sobat Pesona, namun Sobat Pesona harus mengunjungi kantor Imigrasi setelah berlabuh untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan.

Sebagai wujud komitmen dalam memudahkan proses masuk ke perairan Indonesia, pemerintah Indonesia telah menerapkan sejumlah kebijakan dengan prosedur yang lebih sederhana. Kebijakan tersebut mencakup pengabaian asas Cabotage sehingga kapal pesiar dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di pelabuhan yang sudah ditentukan. Pemerintah juga sudah melonggarkan prosedur bea cukai, imigrasi, karantina, dan otoritas pelabuhan serta mempercepat proses pengajuan izin berlayar dari yang awalnya satu bulan menjadi satu hari.

Kebijakan Clearance and Approval for Indonesia Territory (CAIT) juga telah dihapuskan. Kini kapal dapat melakukan pendaftaran online melalui situs http://yachters-indonesia.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal pesiar kapal pesiar kunjungi banjarmasin
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top