Kawasan pusat belanja Sewoon di Kota Seoul, Korea Selatan/Istimewa
Travel

Asyik! Turis Asing ke Korea Selatan Bebas Karantina Mulai 1 April 2022

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 14 Maret 2022 - 18:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Korea Selatan mengumumkan rencana untuk menghapus persyaratan karantina bagi turis asing yang telah divaksinasi penuh mulai 1 April 2022.

Sebelumnya, para pendatang yang memasuki Korea Selatan harus menjalani karantina mandiri selama tujuh hari. Namun, saat ini Kemenkes Korea Selatan menginformasikan bahwa orang yang divaksinasi penuh terhadap Covid-19 akan dibebaskan dari karantina mandiri ketika memasuki negara tersebut.

Adapun, syarat utama bagi turis asing mereka telah menerima dosis kedua vaksin Covid-19 dan berjarak 180 hari untuk bisa bebas dari karantina mandiri. Meski demikian, turis yang berasal dari Pakistan, Uzbekistan, Ukraina, dan Myanmar, tidak termasuk dalam pengecualian karantina mandiri.

Namun, turis internasional masih perlu mengikuti tes rapid antigen dua kali pada hari keenam dan hari ketujuh setelah memasuki Korea Selatan.

Hanya sehari setelah pengumuman Kemenkes pada Sabtu (12/3/2022), Korea Selatan mencatat rekor harian baru sebanyak 383.665 kasus Covid-19.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea membagikan informasi tersebut di tengah lonjakan kasus Omicron di negara tersebut.

Di sisi lain, negara-negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Kamboja membuka kembali perbatasan mereka untuk turis pada November 2021.

Pada Desember 2021, setelah muncul varian Omicron, Thailand menangguhkan sebagian besar kedatangan turis, tetapi sekali lagi pada Selasa (1/2/2022) pariwisata dilanjutkan di bawah program “Test & Go” mereka.

Menyusul Thailand, Indonesia membuka kembali untuk turis mancanegara pada Senin (7/2/2022). Wilayah Filipina juga dibuka kembali tanpa persyaratan karantina.

Sementara itu, Vietnam juga mengumumkan pembukaan kembali pada Selasa (15/3/2022). Malaysia, pada hari yang sama dengan Vietnam, juga mengumumkan berencana untuk membuka perbatasannya pada 1 April 2022 untuk turis mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro