Menu makanan khas Korea Selatan Bibimbap
Kuliner

Resep Bibimbap, Nasi Campur ala Korea yang Enak dan Sehat!

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 22 Februari 2022 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pecinta drama Korea (drakor) tentu tidak asing dengan menu bibimbap. Ya, Bibimbap merupakan nasi campur ala Korea Selatan yang rasanya enak. Yuk, simak resep bibimbap yang bisa Anda coba di dapur. 

Bibimbap secara sederhana diterjemahkan menjadi “nasi campur dengan daging dan berbagai macam sayuran”. Anda dapat membuat variasi tanpa batas untuk hidangan ini tergantung pada selera atau bahan-bahan yang ada di kulkas.

Versi bibimbap yang lebih tradisional dan otentik Korea Selatan dibuat dengan daging sapi mentah dan kuning telur mentah bersama dengan sayuran lainnya.
Namun, banyak orang membuat resep bibimbap dengan bahan-bahan yang sudah dimasak agar rasanya lebih diterima dengan lidah orang Indonesia.

Anda tertarik mencicipi bibimbap sambil nonton drakor favorit? Simak resep dan cara pembuatan bibimbap seperti dilansir dari situs My Korean Kitchen, Selasa (22/2/2022).

Bahan-bahan Bibimbap

Marinasi Daging 

100gramdaging sapi (short plate/cincang)
1sendok makankecap asin
1sendok tehminyak wijen
1sendok tehgula pasir/gula coklat
1buahbawang putih, cincang halus

Sayuran

200grambayam (ambil daunnya)
100gramtauge
100gramjamur (shitake/champignon)
1buahwortel
1/2buahtimun Jepang/Kyuri

Saus Bibimbap 

2sendok makansaus gochujang
1sendok makanminyak wijen
1sendok tehgula/madu
1sendok makanbiji wijen putih
1sendok tehcuka apel
1buahbawang putih, cincang halus
1/4sendok tehgaram
1/4sendok tehmerica bubuk

Cara Membuat Bibimbap

1. Untuk daging, campur daging cincang dengan saus daging yang tercantum di atas. Marinasi daging selama sekitar 30 menit saat Anda mengerjakan bahan lain untuk meningkatkan rasa. Setelah bumbu menyerap, tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan dan masak daging dengan api sedang hingga tinggi. Dibutuhkan sekitar 3 hingga 5 menit untuk memasaknya secara menyeluruh.

2. Campur semua bahan saus bibimbap dalam mangkuk. Aduk hingga rata. 

3. Untuk sayuran, cuci bersih dan siangi bayam dan tauge. Selanjutnya, siapkan panci berisi air. Masak sayuran secara terpisah selama 2-3 menit. Tiriskan bayam lalu tauge hingga air mengering. 

4. Cuci, kupas, dan iris wortel menjadi bentuk korek api (julienne cutting). Tambahkan sedikit minyak goreng dan 1/4 sdt garam ke dalam wajan dan masak wortel dengan api sedang hingga tinggi selama 2-3 menit.

5. Cuci dan bersihkan jamur shiitake dan iris tipis. Tambahkan sedikit minyak goreng dan 1/4 sdt garam laut halus ke dalam wajan dan masak jamur dengan api sedang hingga tinggi sampai semuanya matang. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 menit.

6. Cuci bersih timun Jepang menjadi bentuk korek api. Lalu tiriskan. 

7. Goreng 1 butir telur berbentuk mata sapi. Telur bisa digoreng setengah matang atau matang. 

8. Masukkan nasi ke dalam mangkuk dan tambahkan daging, berbagai macam sayuran, saus bibimbap, dan telur di atas nasi. Anda juga bisa menambahkan rumput laut dan taburkan dengan biji wijen. Campur semua bahan-bahan di mangkuk lalu santap. 

Mas-issge meoggessseubnida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro