Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Liberty hingga Little Mermaid, Ini 10 Patung Terkenal di Dunia yang Menakjubkan

Masing-masing dari patung-patung ini istimewa dan layak untuk dikunjungi. Berikut 10 patung terkenal di dunia saat ini
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 07 Februari 2022  |  19:58 WIB
Dari Liberty hingga Little Mermaid, Ini 10 Patung Terkenal di Dunia yang Menakjubkan
Patung Liberty - tes.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Patung adalah pameran kehebatan arsitektur terbaik sejak zaman dulu. Karya seni yang luar biasa mulai dari zaman kuno, abad pertengahan, atau modern ini, secara halus memanifestasikan yang terbaik dari zamannya.

Baik itu potongan-potongan batu dari era prasejarah atau beberapa potongan monolitik terbaik, patung-patung terkenal di dunia ini paling memukau turis dan arkeolog. Selain itu, patung-patung ini telah menikmati ketenaran mereka selama periode tersebut.

Masing-masing dari patung-patung ini istimewa dan layak untuk dikunjungi. Berikut 10 patung terkenal di dunia saat ini, dilansir dari Travel Triangle:

1. Patung Liberty, New York

Dianggap sebagai salah satu patung populer dan patung terkenal di seluruh dunia, Patung Liberty dihadiahkan ke Amerika Serikat dari masyarakat Prancis. Sejak 1886, patung itu telah ada di Amerika Serikat dan hari ini berdiri sebagai lambang kebebasan dan demokrasi. Obor tembaga patung itu kemudian diganti obor emas 24 karat yang terlihat dari kejauhan.

2. Kristus Sang Penebus, Rio De Janeiro

Sebagai salah satu patung terkenal di dunia, Christ The Redeemer terbuat dari beton dan batu sabun, yang dibangun pada tahun 1922-1931 di Rio De Janeiro. Patung tersebut berada di puncak gunung Corcovado di Taman Nasional Hutan Tijuca, dan saat ini menjadi salah satu atraksi utama di Brasil serta Amerika Selatan.

3. Moai, Pulau Paskah, Chile

Easter Island Heads, yang dikenal sebagai Moai, adalah patung aneh namun paling terkenal lainnya di dunia. Juga telah dipertahankan bahwa sebagian besar patung-patung ini memiliki tubuh yang terkubur di dalam tanah. Bagian yang paling menarik dari patung-patung ini adalah detailnya dan bagaimana orang-orang dari waktu itu membuat patung monolitik.

4. Little Mermaid, Denmark

Patung perunggu bersandar pada batu di tepi pantai di kawasan pejalan kaki Langelinie di Kopenhagen, Denmark. Karya seni yang dirancang oleh Edvard Eriksen ini adalah salah satu patung terkenal di dunia yang harus dikunjungi. Dibuka sejak 1913, patung ini memiliki tinggi 1,25 m dan berat 175 kg.

5.  The Thinker, Paris

Di antara semua patung terkenal di dunia, The Thinker adalah patung perunggu karya Auguste Rodin, yang diletakkan di atas alas batu. Karya tersebut menunjukkan sosok laki-laki telanjang seukuran manusia duduk di atas batu dengan dagu bertumpu di satu tangan. Pertama kali ditampilkan pada 1904, patung ini dikelilingi oleh taman yang luas dan museum.

6.  Patung David, Italia

Dari semua karya klasik era Renaisans, David oleh Michaelangelo yang pertama kali diluncurkan pada 1504 adalah salah satu kreasi terbaik yang pernah ada. Diukir dari marmer, patung telanjang yang terletak di Firenze di Italia. Saat ini, patung David mewakili Italia sebagai salah satu tempat yang sempurna untuk memamerkan seni Renaisans.

7. Teras Singa, Delos, Yunani

Terkenal sebagai tempat kelahiran Apollo dan saudara perempuannya Artemis, Terrace of the Lions adalah situs arkeologi yang luar biasa di Pulau Delos yang didirikan sebelum 600 SM. Berasal dari zaman kuno, ini adalah serangkaian 12 tempat singa batu di posisi yang tepat yang diyakini dibangun oleh orang-orang Naxos untuk menghormati Apollo.

8. Patung Gunung Nemrut, Turki

Di antara semua atraksi populer yang dapat ditemukan di Pegunungan Turki, Patung Gunung Nemrut adalah yang paling menonjol. Pada ketinggian 7000 kaki, Gunung Nemrut, singgasana para Dewa, terletak di pegunungan Turki yang berusia lebih dari 2000 tahun. Di atas gunung, ada banyak patung dewa Yunani dan Persia. Pemerintah telah menetapkannya sebagai kawasan lindung sejak tahun 1987.

9. The Motherland Calls Statue, Rusia

Patung monumental yang selesai pada 1967 di Rusia ini dibangun untuk menghormati Pertempuran Stalingrad. Berdiri di tepi sungai Volga dan tingginya 85 meter, dibangun di Bukit Mamayev di mana ada peringatan untuk mengenang para pahlawan pertempuran. Ini adalah inspirasi bagi banyak pematung dari seluruh dunia karena strukturnya yang tidak biasa menantang geometri.

10.  Patung Persatuan, India

Patung Perunggu Sardar Vallabhai Patel setinggi 182 meter ini adalah patung tertinggi di seluruh dunia yang selesai pada 2018. Terkenal sebagai arsitek India modern yang menyatukan 562 Negara Kepangeranan untuk membentuk Republik India, Sardar Vallabhai Patel adalah Wakil Perdana Menteri pertama India merdeka. Dia dikenal sebagai 'Iron Man of India' yang bekerja untuk kesejahteraan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

patung Patung Liberty
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top