Desa bebas kendaraan bermotor, Giethoorn, Belanda/Pixabay.com
Travel

Bebas Polusi, 11 Kota Ini Tak Izinkan Kendaraan Bermotor Melintas

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 4 Februari 2022 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tinggal di tempat yang indah dengan udara segar, bebas dari asap knalpot, derit rem, dan klakson kendaraan merupakan impian banyak orang. Namun, mungkinkah itu terjadi? Tentu saja.

Guna mewujudkan hal tersebut, pejabat di sejumlah kota dan bahkan pulau berikut ini membuat kebijakan bebas kendaraan alias melarang penggunaan mobil. Di sisi lain, ada juga yang memang kondisi geografisnya tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan bermotor.

Oleh karenanya, adapun transportasi yang diperbolehkan hanyalah sepeda, kereta gantung, dan apapun itu kecuali mobil dan sepeda motor.

Dilandir dari Travel Awaits, Jumat (4/2/2022), berikut sejumlah tempat di mana warganya hidup tanpa kendaraan bermotor.

1. Giethoorn, Belanda

Di desa yang terletak di provinsi timur laut Overijssel ini perahu merupakan alat transportasi utama. Tidak ada kendaraan bermotor yang melintas karena dibangun di atas pulau gambut, dilintasi oleh saluran air, dan dihubungkan oleh lebih dari 170 jembatan kayu kecil.

2. Chamois, Italia

Chamois adalah desa di dataran tinggi di atas lereng curam lembah Aosta, barat laut Italia. Meski berlokasi di 5.954 kaki di atas permukaan laut dan cukup sulit bagi penduduk Chamois untuk mencapai lembah di bawahnya, mereka tidak mengizinkan transportasi modern melintas karena tak ingin mengganggu alam dan menyebabkan polusi.

3. Islas Cíes, Spanyol

Kepulauan Cíes adalah sekelompok tiga pulau yang terletak di Galicia utara Spanyol di mulut Ria de Vigo, di lepas pantai Pontevedra. Pulau-pulau tersebut merupakan cagar alam karena vegetasinya, tebing liarnya, dan burungnya. Ketiga pula itu hanya bisa dicapai dengan feri dan tidak ada mobil, kecuali kendaraan utilitas yang diizinkan.

4. Zermatt, Swiss

Zermatt menjadi destinasi wisata populer saat musim panas dan musim dingin. Diketahui, hampir dua juta orang berkunjung per tahun. Namun, kota yang dikelilingi oleh puncak tertinggi Pegunungan Alpen Swiss ini tetap bebas dari mobil guna menjaga lingkungan tetap segar dan sehat.

5. Fire Island, New York

Fire Island adalah pulau pusat besar dari pulau penghalang luar yang sejajar dengan pantai selatan Long Island, New York. Namun, hanya pejalan kaki, sepeda, dan taksi air yang diperbolehkan melintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro