Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Tempat yang Cocok Didatangi Saat Imlek

Kawasan Pecinaan akan sangat cocok untuk menjadi tempat berburu makanan khas Tionghoa dan berekreasi dengan nuansa Imlek.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  22:37 WIB
Vihara Dharma Jaya/JIBI - BISNIS/Gloria Fransisca Katharina Lawi
Vihara Dharma Jaya/JIBI - BISNIS/Gloria Fransisca Katharina Lawi

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun baru China atau sering disebut dengan nama Tahun Baru Imlek akan diperingati pada hari Selasa (01/02/22).

Peringatan Imlek ini juga menjadi hari libur nasional bagi masyarakat di Indonesia. Dengan menjadi hari libur, bukan tidak mungkin banyak dari masyarakat akan menggunakan kesempatan ini untuk rekreasi bersama keluarga.

Di tengah suasana Imlek ini, tentunya ada berbagai kegiatan yang bernuansa Imlek. Di Jakarta sendiri, ada beberapa tempat yang cocok didatangi ketika Imlek tiba. Berikut list tempat tempat menarik untuk melihat keseruan Imlek di Jakarta.

  1. Kawasan Pecenongan

Kawasan yang berada di daerah Jakarta Pusat ini sangat cocok untuk kalian yang hobi wisata kuliner. Terdapat banyak sekali makanan khas dari etnis Tionghoa yang dijajakan disini. Mulai dari kwetiau, bebek peking, hingga dimsum.

Namun, bagi masyarakat muslim yang ingin berwisata kuliner disini, cobalah mencari kedai yang halal ya, agar wisata kuliner yang kalian lakukan ketika Imlek berlangsung akan maksimal.

  1. Taman Budaya Tionghoa

Taman ini terletak di dalam wilayah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Taman ini menawarkan suasana dan interior yang sangat mirip dengan yang berada di negara China. Mulai darri tiang naga, patung Dewi Bulan, patung Kwan Kong, jembatan batu Sampek Eng Tay, dan Museum Laksamana Ceng Ho.

Selain itu, terkadang ketika Imlek tiba, ada beberapa kesenian yang  ditampilkan disana, seperti Barongsai.

  1. Klenteng Kim Tek Le

Klenteng yang berada di daerah Taman Sari, Jakarta Barat ini merupakan klenteng tertua yang berada di Jakarta. Tercatat, Klenteng ini berada sejak tahun 1650. Ketika Imlek tiba, Klenteng ini cocok bagi kalian yang ingin mengabadikan proses ibadah yang dilakukan oleh sahabat Tionghoa kita.

  1. Ancol

Ancol merupakan tempat rekreasi sejuta umat dan pilihan pertama bagi masyarakat, terlebih yang berada di Jakarta. Ketika Imlek tiba, berbagai tempat di Taman Impian Jaya Ancol akan memiliki acara yang khas dengan Imlek. Contohnya, di Sea World biasanya akan ada pagelaran Barongsai di dalam akuarium. Lalu, di pantai Ancol biasanya akan ada pesta lampion. Namun, untuk lampion sepertinya tidak akan terjadi di tahun ini.

  1. Kawasan Pecinaan

Kawasan Pecinaan atau yang lebih dikenal dengan nama Petak Sembilan yang berada di kawasan Glodok, Jakarta barat. 

Kawasan ini akan sangat cocok untuk rekreasi dengan nuansa Imlek. Mulai dari dekorasi, pernak pernik, tempat ibadah, tempat kuliner, sampai kesenian Barongsai akan menghiasi Imlek di Petak Sembilan. Maka dari itu, sangat cocok untuk datang kesana ketika Imlek sedang berlangsung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata imlek lokasi wisata
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top