Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Gua Bawah Laut Paling Menakjubkan di Seluruh Dunia

Lubang besar bawah air di lepas pantai Belize ini adalah formasi alami terbesar di dunia dari jenisnya dan tujuan populer bagi penyelam scuba. Di dalam lubang pembuangan sedalam 400 kaki, Anda akan menemukan stalaktit besar, gua tanpa oksigen, dan formasi karang yang menakjubkan.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 Januari 2022  |  08:38 WIB
Great Blue Hole, Kota Belize
Great Blue Hole, Kota Belize

Bisnis.com, JAKARTA—Dari teluk kecil yang megah dan perairan yang bercahaya hingga gua batu kapur dan gipsum yang mengesankan, formasi bawah laut yang menakjubkan ini wajib dikunjungi setiap penyelam dan perenang snorkel.

Berikut 8 gua bawah laut yang paling menakjubkan di dunia, dilansir dari Forbes:

1.  Great Blue Hole, Kota Belize

Lubang besar bawah air di lepas pantai Belize ini adalah formasi alami terbesar di dunia dari jenisnya dan tujuan populer bagi penyelam scuba. Di dalam lubang pembuangan sedalam 400 kaki, Anda akan menemukan stalaktit besar, gua tanpa oksigen, dan formasi karang yang menakjubkan.

Perairan sebening kristal juga memudahkan untuk menyaksikan kehidupan laut spektakuler di kawasan ini yang meliputi hiu perawat, hiu karang Karibia, kerapu raksasa, dan beberapa spesies ikan tropis lainnya.

2. Grotto Azzurra, Capri, Italia

Dikenal sebagai Blue Grotto, gua laut yang spektakuler ini adalah salah satu alasan terbaik untuk mengunjungi pulau Capri di Italia. Menurut sejarawan, Grotto Azzurra adalah kolam alami pribadi Kaisar Romawi Tiberius. Gua air ini memiliki panjang sekitar 190 kaki dan lebar 82 kaki.

Anda akan tercengang oleh air jernih yang tampak memancarkan cahaya pirus, menerangi seluruh tempat. Rona biru intens ini disebabkan oleh pembiasan sinar matahari. Meskipun Anda dapat mengagumi air biru yang biru kapan saja di hari yang cerah, airnya bersinar paling terang antara tengah hari dan jam 2 siang.

3.  Cathedral Cove Sea Cave, Coromandel, Selandia Baru

Terletak di pantai timur laut Coromandel, Cathedral Cove adalah salah satu gua laut yang paling indah. Gapuranya yang terbentuk secara alami bersama dengan air yang tenang, jernih dan pantai pasir keemasan membuat tempat ini Instagrammable dari setiap sudut.

Cathedral Cove juga terkenal karena ditampilkan dalam The Chronicles of Narnia: Prince Caspian. Teluk yang mencakup lima gua laut, hanya dapat diakses dengan perahu atau berjalan kaki. Pengunjung dapat mengikuti tur perahu, bermain kayak, atau berenang bersama ikan.

4.  Chandelier Cave, Palau

Terkenal dengan stalaktit luar biasa yang menggantung di atas seperti lampu gantung, sistem gua lima ruang ini adalah salah satu situs menyelam paling unik di dunia. Selain struktur batu kapur yang menembus perairan jernih, pengunjung juga dapat mengagumi beragam kehidupan laut gua yang meliputi ikan kardinal, ikan tentara, dan ikan Mandarin yang berwarna-warni.

5.  Cenote Dos Ojos, Meksiko

Terletak di antara Playa del Carmen dan Tulum di semenanjung Yucatan, sistem gua-dan-lubang pembuangan ini adalah salah satu sistem gua bawah air terpanjang di dunia. Juga dikenal sebagai "two eyes cenote", gua-gua ini memiliki stalagmit dan stalaktit yang mengesankan.

Cenote pertama kali ditemukan pada tahun 1986. Sejak itu, airnya yang sejuk dan murni menarik banyak perenang snorkel dan penyelam setiap tahun. Kehidupan laut cenote termasuk udang air tawar dan beberapa spesies ikan kecil berwarna-warni. Anda juga dapat melihat kelelawar yang tergantung terbalik di antara stalaktit.

6. Kuredu Caves, Maladewa

Dengan lebih dari 60 situs menyelam, gua Kuredu ini adalah surga bagi penyelam rekreasional. Gua-gua ini memiliki formasi batuan yang sangat besar dan terjal. Gua bawah laut ini adalah rumah bagi seluruh hewan air, termasuk penyu hijau, ikan balon, ikan daun, belut moray, pari manta, angelfish, ikan kupu-kupu, dan barakuda yang ganas.

7.  Orda Cave, Perm Krai, Rusia

Dengan panjang lebih dari 16.000 kaki, Orda adalah gua terpanjang di Rusia dan gua gipsum bawah laut terbesar di dunia. Ini membanggakan galeri besar seperti katedral, overhang kristal dan perairan murni. Karena suhu air yang rendah (3,8-6,6°C) dan interior gipsum yang rapuh, menyelam di gua yang luar biasa ini hanya cocok untuk penyelam berpengalaman.

8. The Grotto, Taman Nasional Bruce Peninsula, Ontario, Kanada

Terletak di garis pantai Georgian Bay di Ontario, Grotto adalah atraksi populer di Taman Nasional Bruce Peninsula. Struktur batu kapur gua yang rumit dibentuk oleh erosi selama bertahun-tahun. Di dalam, air yang sejuk dan jernih memancarkan cahaya pirus yang kaya ketika sinar cahaya dari terowongan bawah air menghantam gua.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata goa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top