Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Makanan Asia Pembawa Keberuntungan

Hal ini diyakini membawa kemakmuran dan keberuntungan dan pasti menyenangkan anggota keluarga yang sedang menikmati makanan enak. Konon, setiap tahun, para ahli Feng Shui memberikan daftar makanan Asia yang beruntung.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 Januari 2022  |  08:01 WIB
Jeruk - boldsky.com
Jeruk - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Tidak peduli apakah Anda percaya pada makanan keberuntungan atau tidak, tidak dapat disangkal bahwa hidangan Asia ini memang benar-benar nikmat.

“Lucky Food” adalah takhayul yang tersebar luas, terutama di Asia. Banyak orang merasa bahwa memberikan produk seperti hadiah atau membuat mereka makan akan membawa mereka keberuntungan dan kesehatan.

Hal ini diyakini membawa kemakmuran dan keberuntungan dan pasti menyenangkan anggota keluarga yang sedang menikmati makanan enak. Konon, setiap tahun, para ahli Feng Shui memberikan daftar makanan Asia yang beruntung.

Berikut adalah sepuluh makanan Asia yang beruntung yang harus dicoba setiap turis tahun ini, dilansir dari The Travel:

1. Buah jeruk

Buah jeruk dianggap sebagai makanan keberuntungan di Asia. Bentuk bulat mereka membuat mereka biasanya beruntung dan bentuk bulat berair mereka memberikan sensasi kepenuhan dalam hidup dan jiwa.

Warna "emas" mereka yang ditafsirkan sebagai cerminan keinginan akan uang. Selain itu, rona cerah dan cemerlang mereka telah dikaitkan dengan kesenangan dan kegembiraan, memberikan sinar matahari di bulan-bulan yang gelap dan lebih dingin.

2. Telur Utuh

Telur adalah makanan populer yang dapat ditemukan dan dimakan hampir di mana saja. Sementara itu, di antara orang Asia, telur melambangkan kesuburan dan biasanya ditambahkan ke makanan lain yang sedang dibuat. Bagian kuning telur, dianggap beruntung karena mewakili paparan emas.

3.  Daging Besar atau Da Rou

Makanan Asia kaya akan sayuran setiap hari, dengan daging yang dicincang untuk memaksimalkan dampaknya. Daging babi sering menjadi daging pilihan, muncul dalam berbagai bentuk. Daging babi yang lezat, kaya, dan berlemak ini juga melambangkan kemakmuran dan kekayaan. Babi bergerak maju dengan moncongnya, mencerminkan kemajuan hidup.

4. Ikan Utuh Atau Da Yu

Ikan adalah hidangan penting untuk setiap hidangan reuni untuk ide masakan Asia.  Ikan utuh disajikan tanpa dipotong dari kepala hingga ekor di atas meja di Tiongkok selama Tahun Baru Imlek untuk mewakili kebersamaannya. Beberapa individu hanya memakan bagian tengah ikan untuk melambangkan kelengkapan, meninggalkan kepala dan ekor untuk hari berikutnya.

5.  Protein Merah atau Char Siu

Warna keberuntungan dalam budaya Cina dikatakan merah. Ini adalah penghormatan kepada kekuatan pemberi kehidupan matahari "merah", serta naungan kekayaan dan kekuatan. Banyak orang melihat masakan ini sebagai tanda kesuksesan dan kemewahan, seperti yang mereka lakukan di Barat.

6. Mie atau Yi Mein

Mie panjang tidak diragukan lagi merupakan hidangan khas orang Asia. Mereka biasanya dikonsumsi selama festival besar atau pada hari ulang tahun seseorang, terutama oleh orang tua, karena melambangkan umur panjang pada semua individu. Makan mie yang panjang dianggap berarti bahwa segala sesuatunya akan berjalan dengan baik di tahun berikutnya. Individu harus mengkonsumsinya dari awal sampai akhir dan tidak merusaknya saat makan, jika tidak, keinginan baiknya akan hancur.

7. Pangsit

Pangsit adalah makanan keberuntungan tradisional di Cina dan sekarang terkenal di seluruh dunia. Pangsit dimaksudkan untuk membawa keberuntungan besar bagi masakan Asia karena menyerupai nugget emas. Selain itu, koin-koin yang bagus akan disembunyikan di dalam pangsit, dan siapa pun yang menemukannya akan memiliki keberuntungan dan kemakmuran yang sangat besar di tahun berikutnya.

Bahan pangsit yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula: seledri menyiratkan kerja keras mengarah pada kehidupan yang sejahtera, sementara itu daun bawang melambangkan kemakmuran abadi, dan kubis berarti seratus cara untuk menghasilkan banyak uang.

8. Lumpia

Lumpia adalah pengganti yang sangat baik untuk pangsit karena digoreng dengan minyak keemasan dan menjadi lezat. Gulungan kecil yang renyah ini adalah camilan yang terkenal dan lezat, terutama untuk dim sum ala Hong Kong. Lumpia dianggap sebagai salah satu makanan paling beruntung di Asia, mewakili keberuntungan.

9.  Kue Beras Ketan atau Nian Gao

Dalam bahasa Cina, kue ketan terdengar seperti menandakan "tumbuh dari tahun ke tahun." Dalam kepercayaan orang Tionghoa, ini menunjukkan bahwa semakin jauh orang menjalani kehidupan, semakin makmur bisnis mereka. Ramuan tradisional ini melambangkan keberuntungan karena mengacu pada "tahun yang lebih besar", yang mewakili kemajuan secara keseluruhan.

10.  Bola Nasi Manis atau Tang Yuan

Tangyuan, yang populer dan vital bagi rumah tangga Cina Selatan, terutama bentuknya yang bulat melambangkan kelengkapan sebuah keluarga. Ini berfungsi sebagai keinginan yang masuk akal bagi semua anggota untuk bersama satu sama lain di tahun baru. Terbuat dari tepung ketan, jadi rasanya lengket, kenyal, dan enak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan keberuntungan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top