Ilustrasi Perayaan Imlek. /Istimewa
Travel

Simak Rekomendasi Destinasi Wisata Menarik dengan Suasana Imlek

Ahmad Thovan Sugandi
Selasa, 25 Januari 2022 - 04:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, kita akan memasuki perayaan Tahun Baru Imlek 2022. Perayaan Tahun Baru Imlek adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa. Biasanya, mereka memanfaatkan momen ini untuk berkumpul atau berlibur bersama keluarga besar.

Untuk Anda yang tertarik menceriakan suasana Imlek dengan bepergian, berikut daftar destinasi menarik yang dapat dikunjungi rekomendasi dari Pegipegi, dikutip dari rilis, Senin (24/1/2022).

Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Kelenteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah sekaligus tempat ibadah dan wisata. Kelenteng ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Dengan arsitektur khas Tionghoa, membuat kelenteng ini menjadi destinasi seru yang dapat kamu kunjungi ketika perayaan Tahun Baru Imlek.

Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Seribu Kelenteng atau Kota Singkawang merupakan salah satu kota sebagai pusat perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia. Berasal dari kata “San Kew Jong” dalam bahasa Hakka, Singkawang memiliki arti kota di kaki gunung dekat muara laut. Terdapat patung Naga di tengah kota yang menjadi ciri khas dari kota ini. Naga dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa.

Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Disebut sebagai vihara terbesar di Indonesia, Maha Vihara Adhi Maitreya berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara. Vihara ini terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Arsitektur vihara yang unik membuatnya seolah-olah tidak berada di Indonesia.

Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Buat kamu yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek seperti di Thailand atau Myanmar, kamu cukup berkunjung ke Pagoda Taman Alam Lumbini. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Memiliki warna keemasan, pagoda ini tampak megah dari kejauhan. Kamu akan merasakan nuansa layaknya sedang berlibur di luar negeri.

ChinaTown, Jakarta

Glodok atau yang dikenal sebagai Chinatown-nya Jakarta merupakan kawasan Pecinan tertua di Jakarta. Kalian dapat berkunjung ke Pasar Petak Sembilan ataupun kelenteng-kelenteng yang ada di sekitar Glodok saat Tahun Baru Imlek untuk merasakan suasana yang berbeda. Selain itu, kamu juga menikmati wisata kuliner khas Pecinan di sana, tepatnya di Gang Gloria.

Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kelenteng Sanggar Agung sering kali dikenal dengan sebutan Kelenteng Hong Sang Tang. Patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian 20 meter menjadi ikon dari kelenteng ini sekaligus membuat tampilannya menjadi semakin megah. Kelenteng Sanggar Agung memiliki bangunan yang unik karena pada bagian atapnya menggunakan corak bangunan Jawa. Sedangkan pada bagian bawahnya kental akan nuansa Bali sehingga kelenteng ini tidak terkesan hanya unsur budaya Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro