Menteri BUMN Erick Thohir di depan relief yang ditemukan di Sarinah
Travel

Harta Karun Peninggalan Soekarno Ditemukan Di Basement Sarinah, Kini Jadi Ikon Baru

Ni Luh Anggela
Senin, 24 Januari 2022 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sarinah, pelopor pasar swalayan di Indonesia saat ini masih dalam tahap proses pemugaran oleh Tim Kementerian BUMN. Tidak disangka, pada saat awal proses pemugaran, Tim BUMN menemukan relief peninggalan proklamator sekaligus Presiden Pertama RI, Soekarno.

Relief ini lantas dijadikan sebagai ikon gedung yang akan diperuntukkan sebagai etalase berbagai produk lokal hasil karya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Gedung Sarinah akan memiliki ikon baru yakni sebuah relief peninggalan bapak bangsa, Ir. Soekarno,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada September 2021 lalu, dikutip Info Publik, Senin (24/1/2022).

Tepat pada Selasa (18/1) Erick kembali meninjau progress pemugaran gedung Sarinah Thamrin, yang didampingi oleh Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Agung Budi Waskito, dan Kurator Galeri Nasional Indonesia Asikin Hasan.

Fetty menjelaskan bahwa sebagai gedung dengan predikat cagar budaya, Sarinah juga memiliki sebuah karya seni rupa patung relief yang juga ditinjau oleh Erick.

“Relief ini melambangkan kegiatan ekonomi rakyat jelata yang pada saat itu bertumpu pada hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan kerajinan. Selaku proklamator dan Presiden Pertama RI, Bung Karno adalah seorang seniman dan yang mencetuskan pembuatan karya seni ini. Keberpihakan kepada ekonomi kerakyatan sudah merupakan semangat para pendiri bangsa ini,” kata Fetty, dikutip laman resmi Sarinah, Senin (24/1/2022).

Sementara itu, Asikin, salah seorang tokoh dan anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) menilai relief tersebut memiliki ukuran yang sangat epik serta gigantik. Bahkan, relief tersebut diketahui dibuat dengan teknologi pengecoran panel tunggal modern.

Sebagai informasi, Sarinah merupakan pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia dan menjadi bangunan yang penting karena memiliki nilai sejarah bagi Indonesia. Pernah terbakar di tahun 80-an, relief yang ada di Sarinah kemudian dipindahkan dan disimpan di lantai dasar. Relief ini akan direstorasi dan dipamerkan saat pemugaran usai dan Sarinah beroperasi kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro