Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Kota Paling Berpolusi di Dunia, Mayoritas di India

Berikut ini adalah daftar kota yang paling tercemar di dunia yang cukup berbahaya untuk ditinggali.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  19:17 WIB
10 Kota Paling Berpolusi di Dunia, Mayoritas di India
Petugas menyemprotkan disinfektan di dekat monumen India Gate di New Delhi, 22 Maret 2020./Prashanth Vishwanathan - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Polusi adalah hal yang harus dihadapi sebagian besar warga negara. Pencemaran terjadi dalam berbagai bentuk, baik berupa limbah atau bahkan pencemaran udara dan pencemaran suara. Beberapa kota di dunia sangat tercemar sehingga menjadi ancaman bagi warga yang tinggal di sana.

WHO berusaha untuk ikut serta dan membantu kota-kota ini dalam mengurangi polusi yang mempengaruhi orang, mereka bahkan menyediakan Basis Data Kualitas Udara. Berikut ini adalah daftar kota yang paling tercemar di dunia dilansir dari Fair Planet:

1. KANPUR, INDIA

Sebagian besar kota dalam daftar ini akan berada di India. Salah satunya Kanpur. Dengan populasi yang tinggi dan kurangnya tindakan tegas dari pemerintah dalam pengelolaan limbah dan asap, kota ini menduduki puncak daftar kota paling tercemar di dunia.

Tingkat PM2.5 tahunan di Kanpur adalah 173 mcg/m3. Itu hampir 17 kali lebih tinggi dari yang direkomendasikan oleh WHO, yang seharusnya kurang dari 10 mcg/m3. Ini tentu saja menempatkan kehidupan mereka yang tinggal di kota ini dalam bahaya.

2. FARIDABAD, INDIA

Polutan udara di kota India ini 25 kali lebih tinggi dari yang direkomendasikan WHO. Data menarik yang dirilis oleh WHO jelas menunjukkan bahwa orang-orang di kota ini menghirup udara beracun. Studi dari yayasan penelitian menunjukkan bahwa polusi udara sebagian besar disebabkan oleh beberapa kegiatan musiman.

Kegiatan tersebut meliputi emisi dari kendaraan bermotor yang berjalan, pabrik industri, pembakaran limbah padat seperti karet, plastik, dan daun kering. Penyapuan jalan gedung dan pembangunan jalan tanpa pengendalian debu, penggunaan genset diesel, dan juga penebangan vegetasi telah menyebabkan peningkatan polusi di India.

3. VARANASI, INDIA

Dengan polusi udara yang menyumbang persentase polusi tertinggi di kota, jenis polusi lainnya juga sangat merajalela di kota ini. Tidak ada pembuangan sampah yang layak di kota, bahkan air minum juga tercemar, kotanya sendiri juga sangat berantakan.

4. GAYA, INDIA

Ini adalah kota suci yang memiliki segudang kuil Buddha dan Hindu. Kota ini memiliki 149 mcg/m3, yang masih jauh di atas mcg/m3 yang direkomendasikan WHO. Gaya adalah kota paling tercemar keempat di dunia. Rumah sakit di daerah Gaya menerima pasien dengan banyak alergi yang disebabkan oleh polusi yang berlebihan. Pasien datang dengan keluhan mata, bersin-bersin, gatal-gatal, bahkan batuk rejan.

5. PATNA, INDIA

Kualitas udara di kota ini mengandung hingga delapan polutan, yang meliputi amonia, timbal, sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen oksida, dan ozon. Sumber polusi yang signifikan di kota ini antara lain emisi industri, emisi kendaraan, debu jalan, pembakaran bahan bakar domestik, aktivitas konstruksi, dan pembakaran sampah terbuka.

6. DELHI, INDIA

Delhi awalnya menduduki puncak daftar kota paling berpolusi di dunia, tetapi setelah beberapa tindakan, kota itu memiliki peningkatan tetapi masih menonjol karena sejumlah besar polusi. Memiliki jumlah kematian tertinggi akibat asma dan penyakit terkait pernapasan lainnya. Emisi dari kendaraan dan industri merupakan kontributor utama polusi udara.

7. LUCKNOW, INDIA

Situasi udara di kota ini belum begitu cocok untuk manusia. Dalam beberapa kasus, orang telah dilaporkan dibuat tidak sadarkan diri karena kekurangan oksigen. Polutan yang dominan di kota ini antara lain karbon monoksida, ozon, PM2.5, dan nitrogen oksida.

8. BAMENDA, KAMERUN AFRIKA

Di Kamerun saja, jumlah kematian akibat polusi udara sekitar 7.000 setiap tahun. Tingkat PM2.5 di udara di kota Kamerun ini 13 kali lebih tinggi dari tingkat yang direkomendasikan oleh WHO. Tidak seperti kota-kota lain di mana emisi lebih jelas dan merajalela, yang mengarah ke polusi, perubahan pola cuaca dan deforestasi adalah kontributor utama.

9. AGRA, INDIA

Kualitas udara yang buruk di Agra adalah akibat dari suhu tinggi dan badai debu yang melanda kota. Rumah sakit di kota ini menerima banyak pasien yang menderita penyakit pernapasan. Dokter mengklaim bahwa suhu tinggi yang dikombinasikan dengan debu mencemari udara di sekitar kota ini.

Meski demikian, kota ini berupaya mengurangi polusi dengan pengendalian emisi kendaraan, pembakaran limbah padat perkotaan, pengendalian emisi industri, dan juga pengendalian pencemaran udara di lokasi konstruksi.

10.  MUZAFFARPUR, INDIA

Kontributor paling signifikan terhadap polusi udara masif adalah partikulat. Dikatakan bahwa penurunan suhu telah menyebabkan kualitas udara yang buruk. Itu karena suhu rendah menyebabkan inversi termal, yang menahan polutan agar tidak keluar ke bagian atas atmosfer. Selain itu, penggunaan genset dan lampu yang dioperasikan dengan mesin diesel menimbulkan polusi di udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota polusi udara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top