Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Codeshare, Detail Boarding Pass yang Mungkin Tidak Anda Sadari Sebelumnya

Codesharing adalah perjanjian antara dua maskapai penerbangan yang memungkinkan satu maskapai penerbangan untuk menempatkan dua huruf kode identifikasi pada penerbangan maskapai lain.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  18:23 WIB
codeshare - alternativeairline
codeshare - alternativeairline

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap boarding pass dipenuhi dengan angka dan huruf di mana-mana. Tetapi ada satu detail yang mungkin sering Anda lewatkan sebelumnya yaitu codeshare.

Apa itu codeshare?

Maskapai biasanya membentuk aliansi dengan maskapai lain. Ini memungkinkan mereka untuk menawarkan lebih banyak koneksi kepada pelanggan di seluruh dunia. Anda mungkin pernah mendengar tentang aliansi Oneworld (yang merupakan bagian dari Qantas dan British Airways) dan Star Alliance (Singapore Airlines, Thai Airways).

Mengutip newscom.au, codesharing adalah perjanjian antara dua maskapai penerbangan yang memungkinkan satu maskapai penerbangan untuk menempatkan dua huruf kode identifikasi pada penerbangan maskapai lain.

Jika Anda pernah tiba di bandara dan melihat layar keberangkatan untuk melihat tujuan yang tepat, tetapi kode maskapainya berbeda, Anda kemungkinan besar menggunakan penerbangan codeshare.

Anda perlu mengetahui sedikit tentang codeshare karena mereka dapat memberikan cara yang bagus untuk menggunakan poin. Dengan Covid, maskapai penerbangan memutar ulang frekuensi penerbangan mereka yang berarti mereka membutuhkan lebih banyak kemitraan untuk terbang ke semua tujuan yang mereka pasarkan.

Katakanlah Anda sedang merencanakan liburan ke Eropa dan Anda memiliki poin Qantas, namun ketika Anda login ternyata semua kursi penukaran sudah dipesan. Anda dapat menggunakan poin Qantas Anda dan menerbangkan Emirates ke Dubai, lalu melanjutkan perjalanan ke banyak tujuannya di seluruh Eropa.

Menggunakan poin Qantas di Emirates sebenarnya bisa lebih mudah di dompet Anda karena Anda kemungkinan akan membayar pajak bandara lebih sedikit.

Maskapai ingin membuat perjalanan yang mulus bagi penumpang dan tidak perlu repot memesan beberapa kali untuk sampai ke tujuan, Anda akan terlihat seperti terbang sepanjang perjalanan dengan maskapai yang sama. Anda biasanya akan melihat frasa 'beroperasi oleh' yang akan memberi tahu Anda maskapai mana yang akan membawa Anda ke sana.

Sayangnya ada kerugiannya, hanya karena beberapa maskapai mengoperasikan codeshare, tidak berarti menggunakan poin Anda akan selalu lancar.

Misalnya, Anda telah memesan penerbangan kelas ekonomi di Emirates dari Sydney ke Athena melalui Dubai. Anda memiliki banyak poin Qantas dan menganggap bahwa itu adalah mitra codeshare. Sayangnya Anda hanya dapat meningkatkan pada penerbangan Emirates menggunakan poin Emirates.

Syarat dan ketentuan akan selalu ada, sehingga Anda mungkin menerbangkan sebagian perjalanan dengan maskapai penerbangan yang standarnya tidak sama dengan maskapai yang Anda pesan sebelumnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat tiket pesawat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top