Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahukah Anda Kenapa Waktu Check In Hotel Jam 14.00 dan Check Out 12.00 ? Ini Jawabannya

Jika Anda harus check-in lebih awal atau check-out akhir-akhir ini sesuai dengan rencana Anda, harap informasikan ke Resepsionis atau catatan pada pemesanan Anda (melalui agen perjalanan online/reservasi). Sehingga hotel dapat memiliki pengaturan yang lebih baik untuk Anda dan tamu berikutnya.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  18:18 WIB
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA — Di seluruh dunia, setiap hotel dapat mengatur waktu check-in dan check-outnya sendiri, tetapi waktu yang paling umum adalah pukul 12 siang untuk check-in dan pukul 2 siang untuk check-out.

Meskipun hotel mewah atau murah, ini adalah salah satu peraturan yang harus diperhatikan oleh para tamu agar tidak merusak rencana dan suasana hati mereka selama perjalanan.

Mengapa waktu check-out adalah jam 12 siang, bukan jam 8 pagi atau jam 4 sore?

Menurut Smart Travel, tujuan utama para tamu menyewa kamar/apartemen adalah untuk tidur, oleh karena itu manajemen hotel biasanya menetapkan jam 12 siang untuk check-out dengan memastikan kualitas tidur mereka dan waktu untuk beberapa orang.

Lebih cepatnya waktu bisa membuat beberapa ketidaknyamanan. Misalnya, waktu check-in adalah jam 8 pagi atau jam 4 sore, para tamu harus terburu-buru untuk sarapan, berkemas pada hari berikutnya untuk check-out atau terlalu dekat dengan waktu makan malam.

Mengapa waktu check-in adalah jam 2 siang? Tidak bulat jam 12 saja?

Periode waktu ini adalah untuk staf Housekeeping membersihkan kamar sebelum tamu baru datang. Mereka membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk membersihkan dan mengatur kamar, dan jumlah staf tidak pernah sama dengan kamar hotel.

Biasanya check-in awal dari jam 6 pagi – 11 siang dikenakan biaya 50% dan sebelum jam 6 pagi adalah 100% harga kamar hari itu.

Selain itu, karena keterlambatan check-out dapat berdampak negatif pada sistem hotel dan check-in berikutnya, tamu disarankan untuk check-out sebelum jam 12 siang sebagai peraturan. Check-out yang lebih lambat akan dikenakan biaya tambahan sebesar 50% dari harga kamar mulai pukul 12:00-18:00, sementara setelah pukul 18:00 maka biaya tambahan adalah 100% dari tarif kamar hari itu.

Jika Anda harus check-in lebih awal atau check-out akhir-akhir ini sesuai dengan rencana Anda, harap informasikan ke Resepsionis atau catatan pada pemesanan Anda (melalui agen perjalanan online/reservasi). Sehingga hotel dapat memiliki pengaturan yang lebih baik untuk Anda dan tamu berikutnya.

Sambil menunggu check-in, para tamu dapat menyegarkan diri dengan minuman selamat datang gratis atau menikmati ruang Ottawa Café yang damai dan mewah dengan berbagai menu minuman dan makanan. Bagasi Anda akan tersimpan dan dijamin oleh staf Penerimaan dan Keamanan.

Peraturan hotel dibuat untuk memastikan pengalaman yang tepat dan paling memuaskan bagi tamu yang berharga. Staf bisa  saja fleksibel dalam situasi aktual dan hak para tamu selalu menjadi prioritas.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel akomodasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top