Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id
Travel

11 Bandara Kelas Internasional di Indonesia

Intan Riskina Ichsan
Senin, 17 Januari 2022 - 10:37
Bagikan

Soekarno Hatta hingga Sepinggan

1. Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang

Sebagai bandara dengan lalu lintas terpadat di Indonesia, Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, menyediakan fasilitas dan layanan tercanggih bagi semua pengunjung yang berangkat dari sana.

Selain itu, Terminal 3 Ultimate yang terkenal di Bandara Soekarno Hatta sering dibandingkan dengan bandara unggulan Incheon di Korea Selatan karena arsitekturnya yang modern. Dengan panjang 2,4 Km, dihiasi dengan sentuhan budaya berupa patung karya Nyoman Nuarta dan ukiran etnik di konter check-in.

2. Bandara Juanda, Surabaya

Dianggap sebagai salah satu bandara dunia yang paling tepat waktu di Indonesia, Bandara Juanda di Surabaya juga terkenal dengan kemewahan dan keanggunannya. Bandara ini juga menyediakan tempat bagi masyarakat untuk berbelanja, bersantap, dan menghibur diri.

Salah satu spot paling terkenal di Bandara Juanda adalah air mancur menari. Terletak di Terminal 1, air mancur menari ini bergerak dengan anggun mengikuti irama musik. Kelihatannya ajaib, terutama di malam hari, saat lampu warna-warni berpendar dari balik air mancur.

3. Blimbingsari, Banyuwangi

Setelah berganti nama menjadi Bandara Banyuwangi, Blimbingsari meningkatkan fasilitasnya ke tingkat yang lebih tinggi. Mengusung konsep arsitektur “green building” karya Andra Matin, bandara ini didesain ramah lingkungan dengan menggunakan bahan daur ulang dari kayu ulin atau dermaga kapal bekas.

Lebih dari sekedar menonjolkan estetika, terminal ini mengedepankan penghematan energi dengan pendekatan konsep “rumah tropis” yang mengutamakan penyejuk udara alami. Apalagi jika dilihat dari atas, bangunan ini akan terlihat seperti udeng, tutup kepala tradisional dari Banyuwangi.

4.  Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar

Bandara yang mendapatkan penghargaan Airport Service Quality sebagai “The 3rd World Best Airport 2016” ini memiliki lalu lintas terpadat kedua di Indonesia karena tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Jika diperhatikan lebih dekat, Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki aksen otentik yang ditampilkan oleh Pura di gerbang keberangkatan internasional. Tidak hanya bandara yang dipenuhi dengan banyak spot hiburan, bandara ini juga dikenal sebagai salah satu bandara dengan kecepatan wi-fi tercepat di dunia.

5. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan

Jika menurut Anda Bandara Internasional Soekarno Hatta adalah yang terbaik di Indonesia, maka Anda harus mengunjungi Balikpapan dan melihat desain megah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan.

Keamanan berlapis, fasilitas luar biasa, dan interior cantik juga membuat eco-airport ini dikagumi. Selain itu, konsep eco-airport menampilkan banyak tanaman hidup dengan burung-burung yang berterbangan di lobi bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro