Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Traveling Low Bujet untuk Pelajar

Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk siswa yang berencana menghabiskan waktu di luar negeri dilansir
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  19:57 WIB
Backpaker - Istimewa
Backpaker - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Keinginan traveling biasanya dirasakan semua umur, termasuk juga remaja yang masih berstatus pelajar.

Lantas, apakah karena belum berpenghasilan mereka harus menghentikan keinginan untuk bepergian mengunjungi tempat-tempat baru?

Tidak. Pelajar juga bisa bepergian bahkan ke luar negeri dengan biaya lebih murah alias low bujet. 

Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk siswa yang berencana menghabiskan waktu di luar negeri dilansir dari AirTreks:

1. Jangan Biarkan Keuangan Menghalangi Anda

Bepergian memang ada harganya, tetapi tidak semahal yang Anda pikirkan. Anda bahkan mungkin dapat menggunakan bantuan keuangan untuk perjalanan Anda jika Anda membuat perjanjian dengan sekolah untuk belajar sambil pergi, atau melakukan penelitian independen.

2. Kendalikan Pendidikan Anda

Anda memiliki kendali lebih besar atas pendidikan dan pengalaman hidup Anda daripada yang Anda bayangkan. Kekuatan untuk memutuskan bagaimana dan di mana Anda belajar ada di tangan Anda. Beberapa sekolah memiliki persyaratan belajar di luar negeri dan Anda bisa traveling sambil belajar

3. Bicaralah Dengan Seseorang yang Telah Melakukannya

Jika Anda tidak yakin dengan, hubungi seseorang yang telah menghabiskan waktu lama di luar negeri. Sebagian besar mereka senang hati memberikan berbagai informasi terlebih kepada pelajar terlebih perjalanannya serupa. Meskipun pengalaman setiap orang pasti akan sedikit berbeda, berbicara dengan seseorang yang benar-benar pernah mengalaminya bisa sangat menenangkan.

4. Berencana untuk Menginap Lebih Lama

Sebelum Anda pergi, perjalanan mungkin terasa seperti selamanya. Tetapi kemungkinan besar, setelah Anda terbiasa dengan rutinitas dan penjelajahan, waktu akan berlalu lebih cepat dari yang Anda inginkan, dan Anda akan memikirkan kembali tiket pulang Anda.

5. Berteman dengan Penduduk Lokal

Terutama ketika Anda bepergian dengan grup, atau ke tujuan wisata populer, paling mudah untuk bersahabat dengan siswa lainnya. Tapi yang termudah tidak selalu yang terbaik. Berbaur dengan penduduk setempat memiliki keuntungan serius dalam hal mempelajari lebih lanjut tentang tempat itu, budayanya, dan mempelajari keterampilan bahasa. Tempatkan dirimu di luar sana.

6. Ambil Perangkat Cadangan

Kedengarannya konyol bagi sebagian orang yang bepergian dengan perangkat ekstra, tetapi perlu dipersiapkan. Bahkan jika cadangan Anda hanya ponsel atau tablet murah, itu mungkin berguna saat Anda menjatuhkan ponsel Anda ke kanal di Venesia, atau tong Pho di Vietnam. Tentu, Anda dapat membeli sesuatu yang baru di tempat tujuan, tetapi apakah Anda ingin menghabiskan uang perjalanan untuk membeli ponsel baru?

7. Bicaralah dengan Bank Anda

Turun dari pesawat untuk pertama kalinya di negara baru cukup menakutkan tanpa ATM memakan kartu debit Anda. Pastikan untuk berbicara dengan bank Anda sebelum keberangkatan Anda dan beri tahu mereka ke mana dan kapan Anda akan bepergian. Ini juga saat yang tepat untuk mendapatkan rincian tentang charge internasional dan apa yang harus dilakukan jika Anda kehilangan kartu Anda di jalan.

8. Dapatkan ID

Semua orang tahu Anda memerlukan paspor untuk perjalanan internasional. Tapi bagaimana dengan ID siswa Anda? Ternyata Anda juga menginginkannya. Mengapa? diskon. Penting untuk dicatat bahwa di beberapa negara, ID siswa atau mahasiswa bisa menguntungkan. Cobalah dapatkan Kartu Identifikasi Pelajar Internasional.

9. Pilih penerbangan low cost

Penerbangan low cost kini banyak ditawarkan, termasuk di musim bukan peak season. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan harga promo dengan rajin memantau pergerakan harga di website resmi mereka, atau di layanan online travel agent.

10. Pilih hotel murah

Kini banyak hotel untuk backpacker berharga murah. Biasanya mereka menawarkan paket tidur beramai-ramai dengan tamu lain, tapi tidak masalah. Karena bepergian adalah tentang menjelajahi suatu tempat, bukan sekadar tidur di kamar hotel saja bukan?

11. Beli paket di agen travel

Ini cara yang mudah dan murah. Biasanya tours and travel memiliki beragam paket dengan harga termurah dan termahal. Mereka juga umumnya menawarkan harga promo di momen tertentu dan memberikan paket sekaligus ke tempat wisata dengan transportasi. Lebih mudah dan murah bukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top