Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banyak Orang Indonesia Liburan ke Turki dan Ingin Naik Cappodocia, Berapa Sih Biayanya?

Namun, sebagai gambaran, berikut beberapa panduan biaya liburan ke Turki
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  19:26 WIB
Balon udara - Istimewa
Balon udara - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Liburan di Turki sangat menarik bagi para turis karena adanya keindahan pemandangan, segudang situs atraksi wisata, hotel wisata modern dan cuaca yang bagus sepanjang tahun.

Turki juga merupakan salah satu negara di Eropa yang paling terjangkau dibandingkan negara-negara lainnya. Tak heran, banyak warga Indonesia yang kemudian berlibur ke sana, meskipun di masa pandemi.

Harga rata-rata harian untuk liburan di Turki untuk orang dewasa adalah sekitar £50 per hari, £350 per minggu, dan setidaknya £700 selama dua minggu.

Dalam rupiah berarti Rp981.753 perhari, Rp6.872.274 perminggu, dan Rp13.744.549 selama dua minggu.

Untuk rombongan keluarga atau kelompok yang ingin menjajal tempat wisata di Turki harus menyisihkan sekitar £170 per hari (keluarga yang terdiri dari 4 orang atau kelompok yang terdiri dari 5 orang dewasa muda) atau setara dengan Rp3.337.961.

Penting untuk dicatat bahwa ini adalah estimasi berdasarkan data yang dikumpulkan dan mungkin ada varians sebesar 20% tergantung pada sejumlah variabel.

Biaya perjalanan akan tergantung kapan perjalanan itu dilakukan, kelas tiket, kelas hotel, kota/daerah tujuan, dan kegiatan yang dilakukan saat berlibur.

Namun, sebagai gambaran, berikut beberapa panduan biaya liburan ke Turki seperti dilansir dari nowloan.co.uk :

1.  Penerbangan

Penerbangan ke Turki umumnya cukup terjangkau. Mengutip dari harga tiket berbagai maskapai di Indonesia, harga tiket termurah mulai dari Rp6,8 juta sekali jalan atau PP sekitar hampir Rp13 juta untuk tujuan Istanbul.

Harga termahal sebesar Rp8,5 juta sekali jalan atau sekitar Rp17 juta PP.

2. Biaya akomodasi di Turki

Biaya ini tergantung di mana Anda memilih untuk berlibur di Turki, akomodasi akan dikenakan biaya antara £25 atau Rp490.876 sampai £120 atau Rp2.356.208 per malam. Umumnya akomodasi lebih murah di luar Istanbul dan kota-kota besar lainnya. Turki Timur sangat murah dalam hal akomodasi dan tergantung pada bentuk akomodasi yang Anda pilih, Anda dapat membayar hanya £15 atau Rp294.526 per malam.

3. Makanan dan minuman di Turki

Sebagai permulaan, biaya minuman cukup universal di seluruh Eropa dan Turki. Semuanya mulai dari bir, air kemasan hingga minuman ringan, harganya standar.  Untuk makanan, Turki adalah one stop shop untuk semua masakan. Dari makanan Italia, Cina, Inggris hingga lokal, ada makanan yang memuaskan setiap selera dan sesuai dengan anggaran.

Makanan hotel dan restoran sejauh ini adalah yang paling mahal dengan hidangan lengkap untuk keluarga dengan 4 orang dengan biaya sekitar £80 atau Rp1.570.805. Untuk orang-orang dengan anggaran terbatas, maka makanan lezat yang disajikan di stand makanan adalah pilihan terbaik. Makanan jalanan yang khas berharga sekitar £8 atau Rp157.080 saja.

4. Berkeliling Turki

Turki adalah negara yang cukup besar dan penerbangan adalah cara terbaik untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Meskipun perjalanan panjang dengan bus menawarkan pemandangan spektakuler saat Anda melintasi negara, itu bisa membuat Anda tidak nyaman. Penerbangan antar kota akan menelan biaya sekitar £70 atau Rp1.374.454 tergantung pada tujuan akhir. Untuk yang dekat, taksi dikenakan biaya £30 atau Rp589.052 per perjalanan.

5. Tiket ke tempat-tempat menarik

Dari penerbangan balon udara di Cappadocia, perjalanan perahu di Alanya, museum di Antalya hingga kota bawah tanah, tidak ada kekurangan tempat menarik di Turki. Baik itu keindahan alam yang indah atau warisan tradisional, semuanya tersedia untuk semua orang dan tarifnya juga tidak terlalu tinggi.

Paralayang di Izmir seharga £40 atau Rp785.402, kagumi keindahan di Goreme Open Air Museum hanya dengan £4 atau Rp78.540, naik balon udara selama 3 jam hanya dengan $70 atau Rp1.374.454, mandi Turki di Fethiye seharga £15 atau Rp294.526, naik perahu di Bodrum seharga £30 atau Rp589.052, dan banyak perjalanan luar biasa lainnya dengan harga kurang dari £15.

6. Rencanakan untuk keadaan darurat dan hadiah

Saat membuat rencana keuangan untuk perjalanan Anda ke Turki, sebaiknya Anda memiliki rencana darurat. Sisihkan sekitar £100 atau Rp1.963.507 untuk membantu Anda menangani keadaan darurat dan segala kemungkinan yang mungkin timbul. Uang ini dapat Anda gunakan sebagai tips di hotel dan untuk membeli hadiah dan suvenir untuk orang yang Anda cintai.

Pada kesimpulannya, perkiraan liburan perhari dan perorang bisa mulai dari £50 setara dengan Rp981.753, atau untuk kelas menengah £200 setara dengan Rp3.927.014 per hari, dan kelas atas £750 atau Rp14.726.302 per hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

turki Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top