Kota wisata Pattaya, Thailand/pattaya-times.com
Travel

Wisata Phuket Sandbox Diperluas Ke 9 Destinasi Thailand Berikut Ini

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 12 Januari 2022 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Phuket Sandbox adalah program Thailand yang memungkinkan wisatawan asing masuk ke negara itu dan tinggal di Phuket tanpa perlu dikarantina. Telah diberi lampu hijau oleh pemerintah Thailand untuk berekspansi.

Perluasan tersebut membuat mereka yang masuk sebagai bagian dari skema sandbox akan dapat mengunjungi destinasi lain di Tanah Air, termasuk beberapa hotspot wisata yang sangat populer.

Langkah ini menjadi proposisi yang jauh lebih menarik bagi para wisatawan dan dapat menyebabkan lonjakan angka pariwisata yang sangat dibutuhkan dalam beberapa minggu mendatang.

Thailand, rumah bagi kota yang paling banyak dikunjungi di dunia yaitu Bangkok adalah negara yang sangat bergantung pada pariwisata. Sementara wisatawan masih dapat mengunjungi Thailand, harus tinggal di fasilitas karantina wajib yang mahal telah terbukti menjadi penghalang bagi banyak orang.

Mencari solusi untuk memulai kembali pariwisata massal dengan cara yang aman dan terkendali, pemerintah Thailand meluncurkan skema Phuket Sandbox pada 1 Juli 2021 dalam upaya untuk menarik wisatawan kembali ke negara itu.

Aturan sandbox baru sudah berlaku dan memungkinkan wisatawan untuk pindah ke lokasi tertentu setelah hanya 7 malam di Phuket. Daftar tujuan yang diperluas yaitu Koh Phi Phi, Koh Ngai, Railay di Krabi; Khao Lak dan Koh Yao di Phang-Nga; dan tiga pulau utama Surat Thani yaitu Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao.

Untuk dapat mengunjungi destinasi-destinasi tersebut, wisatawan harus mendapatkan formulir transfer dari hotel mereka di Phuket yang menyatakan bahwa mereka telah menginap di sana selama 7 malam.

Wisatawan juga harus menunjukkan dua tes Covid-19 negatif, satu dilakukan pada hari kedatangan mereka dan yang lainnya pada hari keenam atau ketujuh mereka tinggal di Phuket. Setelah pindah ke salah satu tujuan yang diperluas, wisatawan harus tinggal di sana selama 7 malam sebelum mereka bebas pindah ke tempat lain di Thailand.

Untuk mengunjungi tujuan yang diperluas, wisatawan harus menggunakan metode transportasi yang disetujui untuk sampai ke sana. Untuk pulau-pulau di provinsi Surat Thani, wisatawan perlu mengambil penerbangan langsung dari Phuket ke Koh Samui.

Untuk mencapai tujuan Phang-Nga, wisatawan harus menggunakan layanan perahu atau mobil bersertifikat SHA Plus. Untuk akses ke destinasi di Krabi, wisatawan harus menggunakan layanan kapal atau feri bersertifikat SHA Plus.

Hingga saat ini, skema Phuket Sandbox telah menyambut lebih dari 21.000 kedatangan internasional, dengan hanya 58 yang dinyatakan positif Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro