Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liburan ke Kalimantan ? Jangan Lupa Kunjungi 8 Tempat Ini

Berikut 8 hal terbaik yang wajib dilakukan selagi Anda berlibur ke Kalimantan
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  18:11 WIB
Gunung Kinabalu - wikipedia
Gunung Kinabalu - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA — Kalimantan, atau yang biasa disebut Borneo dalam dunia internasional merupakan pulau yang dimiliki bersama oleh Indonesia, Brunei dan Malaysia di Asia Tenggara dan termasuk pulau non-benua terbesar ketiga di dunia.

Meskipun Kalimantan paling terkenal dengan orangutannya, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di sini juga. Dari mendaki gunung hingga berenang santai di pantai yang masih asli, semua dapat dilakukan.

Berikut 8 hal terbaik yang wajib dilakukan selagi Anda berlibur ke Kalimantan, dilansir dari Trips to Discover:

1. Kunjungi Camp Leakey

Terletak di Taman Nasional Tanjung Puting jauh di dalam hutan hujan Kalimantan Tengah, Camp Leakey adalah fasilitas penelitian aktif di mana pengunjung dapat melihat orangutan yang pernah ditangkap tetapi telah dikembalikan ke alam liar.

Kunjungan ini menawarkan kesempatan langka untuk menyaksikan orangutan, hewan yang diprediksi akan punah di alam liar dalam waktu kurang dari 50 tahun. Mereka hampir selalu terlihat di tempat pemberian makan di mana staf melengkapi makanan orangutan yang hidup bebas dengan buah-buahan.

2.  Lihat Gajah dan Bekantan di Pelayaran Sungai Kinabatangan

Sungai Kinabatangan, yang berkelok-kelok hampir 350 mil melalui hutan di Sabah timur, adalah daerah dengan ekosistem yang unik dan tempat yang populer untuk melihat satwa liar melalui pelayaran Sungai Kinabatangan.

Jutaan hewan hidup di lanskap subur yang mengelilingi air berlumpur, termasuk gajah kerdil, spesies gajah Asia terkecil yang dikenal karena telinganya yang besar dan perutnya yang montok. Komunitas kecil bekantan endemik juga tinggal di sini, hanya 7.000 dari primata berhidung panjang yang diyakini masih hidup di planet ini.

3. Kunjungi Taman Pulau Penyu

Taman Pulau Penyu terletak di utara Sandakan di Laut Sulu. Terdiri dari tiga pulau, Selingan, Bakungan Kecil dan Gulisa, dan dikenal dengan penyu sisik dan penyu hijau yang bertelur di pantai.

Setiap malam penyu datang ke pantai untuk bertelur yang kemudian dikumpulkan oleh staf taman. Telur-telur tersebut dirawat dengan hati-hati hingga penyu yang baru menetas bisa dilepasliarkan ke alam bebas. Pengunjung dapat belajar tentang konservasi penyu, menyaksikan penyu menetas dan menuju ke laut.

4. Jelajahi Gua Gomantong

Gua Gomantong adalah sistem gua rumit yang terletak di bawah Bukit Gomantong di Sabah, singkapan batu kapur terbesar di daerah Kinabatangan Bawah. Mereka paling terkenal dengan sarang burungnya yang sangat berharga, salah satu produk hewani paling mahal yang dikonsumsi manusia, dibuat dari air liur burung.

Gua Hitam terbuka untuk umum sedangkan Gua Putih membutuhkan pengalaman mendaki gua. Ada trotoar yang melingkari ruangan di Gua Hitam, cocok untuk keluarga yang bisa belajar tentang sejarah dan geologi gua sambil melihat semua jenis makhluk seperti kelelawar.

5. Mendaki Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu adalah gunung granit besar yang mendominasi cakrawala di Sabah. Ini adalah titik tertinggi antara Himalaya dan New Guinea, naik 13.435 kaki dan merupakan bagian dari taman nasional. Penduduk asli Sabah memiliki ikatan budaya yang mendalam dengan gunung dengan keyakinan bahwa nenek moyang mereka beristirahat di sini setelah kematian.

Biasanya dibutuhkan dua hari untuk menyelesaikan pendakian, dan hanya sejumlah pejalan kaki yang diizinkan setiap hari sehingga harus dipesan jauh sebelumnya, biasanya enam bulan atau lebih.

6. Belajar Budaya dan Tradisi Di Kampung Budaya Sarawak

Sebuah museum hidup, Desa Budaya Sarawak adalah salah satu atraksi budaya teratas untuk belajar tentang budaya lokal dan gaya hidup kelompok etnis melalui replika rumah panjang, program dan pertunjukan.

Ini menawarkan tampilan menarik pada budaya lokal yang menampilkan gaya hidup suku yang dijalani oleh banyak kelompok etnis di seluruh wilayah. Ada sekitar 150 orang yang tinggal di desa, mendemonstrasikan kegiatan tradisional sehari-hari bagi pengunjung yang dapat merasakan seni dan kerajinan, permainan dan makanan dari tujuh kelompok etnis utama.

7.  Menyelam di Pulau Sipadan

Pulau Sipidan terkenal di kalangan penyelam di seluruh dunia dengan puncak batu kapur di lepas pantai timurnya yang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk menyelam. Rasakan sensasi menyelam dengan air yang jernih dan murni, terumbu karang yang luas, dan kehidupan laut yang melimpah seperti penyu, ikan kakatua, dan kawanan barakuda.

8. Temukan Pengembara Laut yang Misterius

Orang Bajau di Kalimantan disebut sebagai 'Sea Nomads' atau 'Sea Gipsies,' orang-orang yang tinggal di desa-desa panggung di atas laut setelah berabad-abad menjalani gaya hidup pelaut. Sangat menarik untuk mempelajari tentang orang-orang misterius ini dan tradisi kuno mereka, yang mencakup kemampuan luar biasa untuk menyelam selama 13 menit tanpa peralatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top