Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Guys, Sebentar Lagi Bisa Staycation di Rest Area, Jasa Marga Bikin Hotel Nih

Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen Aswin Drajat Sukrisna mengatakan saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di Jalan Tol Luar Jawa.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  16:22 WIB
Guys, Sebentar Lagi Bisa Staycation di Rest Area, Jasa Marga Bikin Hotel Nih
Ilustrasi hotel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rest area di jalan tol umumnya dipakai untuk beristirahat salat, makan, atau sekadar meregangkan kaki setelah berkendara berjam-jam.

Tapi, nanti, Anda bisa juga beristirahat sampai menginap di rest area lho.

Pasalnya, PT Jasamarga Related Business (JMRB), anak usaha Jasa Marga sudah merencanakan pembangunan hotel di rest area kelolaannya, bekerja sama dengan Omega Hotel Management (OHM), sebagai bagian dari Alfaland Group.

Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen Aswin Drajat Sukrisna mengatakan saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di Jalan Tol Luar Jawa.

“Kami ingin mengembangkan bisnis perhotelan yang dapat memajukan industri pariwisata Indonesia, yaitu dengan menghadirkan fasilitas akomodasi yang terbaik bagi masyarakat yang menghampiri seluruh rest area yang dikembangkan oleh PT JMRB," ujar Aswin dikutip dari laman resmi Jasa Marga.

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap.

Dia memaparkan, target utama tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka. Yang selama ini membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya, harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat.

Selain kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang panjang dan ramai, 85% rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa sehingga potensi pengembangan fasilitas inap ini juga semakin terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di Jalan Tol Luar Jawa.

Jika nantinya Jasa Marga membangun hotel di setiap rest area yang dikelolanya, maka setidaknya ada 27 rest area yang dikelola PT JMRB yang akan terbangun hotel.

OHM sendiri merupakan local hotel operator yang telah mengelola 17 hotel dengan beragam brand (Grand Cordela, Cordela Hotel, Cordela Inn, Cordex & Alfa Resort) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Bandung (Soekarno Hatta), Cirebon (Cipto Mangunkusumo), Puncak (Cisarua), Jakarta (Ancol dan Senen).

Kemudian Medan (H. M. Yamin, AR. Hakim, Millennium ICT Center), Kuningan (Siliwangi), Yogyakarta (Malioboro), Pangkalpinang (Hamidah), Palembang (R. Sukamto), Pekanbaru (KH. Wahid Hasyim), Bengkulu (Jenderal Sudirman), Sidoarjo (KH. Ali Mas’ud), Solo (Jebres) dan Palembang (Malaka).

Sementara itu, aturan terkait izin pendirian hotel di rest area tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel jasa marga rest area
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top