Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Tempat Snorkeling Terbaik di Asia Tenggara, 4 Diantaranya di Indonesia

Berikut sebelas tempat snorkeling terbaik di Asia Tenggara yang menambah pengalaman liburan penuh makhluk laut
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  14:13 WIB
Ilustrasi - Jibiphoto
Ilustrasi - Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA —Dari Indonesia hingga Thailand dan Filipina, Asia Tenggara adalah rumah bagi beberapa tempat snorkeling terbaik dunia.

Tempat-tempat ini menawarkan Anda kesempatan untuk merunduk di bawah ombak sebening kristal dan menjelajahi karang berwarna-warni, kura-kura, dan kehidupan laut yang eksotis.

Berikut sebelas tempat snorkeling terbaik di Asia Tenggara yang menambah pengalaman liburan penuh makhluk laut, dilansir dari Trips to Discover:

1. Kepulauan Palawan, Filipina

Kepulauan Palawan adalah salah satu tujuan paling populer di Filipina. Perairan di sekitar cagar alam dan situs warisan yang spektakuler ini dipenuhi dengan kehidupan laut, dikelilingi oleh hutan hujan yang rimbun, pegunungan, tebing karst, dan pantai tersembunyi. Jelajahi pulau di Honda Bay dan temukan tampilan megah pulau-pulau dan terumbu karang yang dipenuhi dengan berbagai makhluk laut yang datang dalam berbagai warna dan bentuk.

2. Raja Ampat, Indonesia

Di antara situs snorkeling terbaik dunia, Raja Ampat adalah lokasi terpencil di Indonesia yang menawarkan berbagai habitat di mana Anda akan menemukan kehidupan laut hanya beberapa meter di bawah air.

Berjajar dengan resor yang menawarkan peluang snorkeling langsung dari pintu depan Anda, lakukan perjalanan keliling berbagai pulau untuk menemukan bakau air biru dan area laut yang menawarkan lebih dari 2.000 spesies ikan karang, 600 spesies terumbu karang, dan tujuh jenis penyu laut yang berbeda.

3. Koh Nang Yuan, Thailand

Koh Nang Yuan di Thailand memiliki pantai yang menampakkan dirinya saat air surut dan menghilang di bawah air jernih saat naik. Dikelilingi oleh tiga laguna yang dipenuhi dengan warna biru yang hadir dalam berbagai warna, sempurna untuk hari snorkeling yang tenang di bawah sinar matahari. Terdapat batu granit tempat Anda akan menemukan ikan badut di anemon, ikan kupu-kupu, kerang, dan kawanan ikan kakatua.

4. Oslob, Filipina

Jika Anda ingin bertatap muka dengan ikan terbesar di dunia, kunjungi Oslob di Filipina untuk melihat hiu paus dari dekat. Raksasa mitos ini dapat ditemukan berenang di sepanjang pulau Cebu, dan desa kecil Oslob yang merupakan pilihan terbaik Anda untuk melihat mereka.

Tumbuh hingga 50 kaki, berenang bersama makhluk-makhluk ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda juga dapat berpartisipasi dalam memberi makan hiu dan menjelajahi terumbu karang yang indah di daerah tersebut.

5. Phu Quoc, Vietnam

Menawarkan beberapa snorkeling dan menyelam terbaik di Asia Tenggara, Phu Quoc di Vietnam adalah tujuan tropis yang merupakan rumah bagi kumpulan pulau-pulau kecil. Kunjungi Taman Nudibranch untuk melihat makhluk berwarna-warni dan 2.300 jenis nudibranch yang berbeda, jenis moluska yang unik. Jenis kehidupan laut lain yang mungkin Anda amati di Phu Quoc adalah hiu bambu, duyung, dan sotong.

6. Kepulauan Bunaken, Indonesia

Kepulauan Bunaken di Indonesia adalah rumah bagi Taman Laut Nasional Pulau Bunaken, yang mencakup lima pulau kecil yang dianggap sebagai hotspot bagi penggemar snorkeling. Formasi karangnya yang indah hidup dengan ratusan spesies ikan yang penuh dengan kehidupan laut.

7. Kepulauan Perhentian, Malaysia

Sekelompok pulau-pulau kecil sekitar 12 mil di lepas pantai Timur Laut Malaysia, Kepulauan Perhentian memiliki dua pulau utama, Perhentian Besar dan Perhentian Kecil. Anda dapat mengikuti tur snorkeling di sekitar pulau besar dan kecil untuk mendapatkan hasil maksimal dari perjalanan snorkeling Anda. Anda akan bersenang-senang melihat ikan “Nemo” bergaris oranye dan hitam, penyu, dan hiu karang yang tidak berbahaya.

8. Koh Rong, Kamboja

Perairan jernih yang mengelilingi Koh Rong di Kamboja menjadikannya hotspot untuk snorkeling, di mana Anda akan berinteraksi dari dekat dengan ikan sersan, kuda laut, ikan kakatua, ikan berlian, dan ikan pari pita berbintik biru. Jelajahi beberapa titik di sepanjang Teluk Saracen dan Koh Koun di lepas pantai Sanloem dengan salah satu tur snorkeling lokal, karena visibilitas pulau memudahkan untuk melihat berbagai kehidupan laut.

9.  Ko Tao, Thailand

Ko Tao, Thailand adalah rumah bagi karang yang hidup, kerang berwarna-warni, dan kumpulan ikan yang beragam. Perairannya yang jernih dan dangkal serta merupakan tempat berkembang biak penyu sisik dan penyu hijau.

Pergilah ke Tanote Bay untuk melihat angelfish dan butterfly fish atau Aow Leuk untuk clownfish dan lionfish, sedangkan Japanese Gardens sempurna untuk perenang snorkel pertama dengan perairan dangkalnya yang berpasir. Untuk melihat hiu karang ujung hitam yang bersahabat, pergilah ke Shark Bay.

10.  Kepulauan Gili, Indonesia

Kepulauan Gili adalah rumah bagi tiga pulau kecil di Indonesia, dikelilingi oleh pantai pasir putih dan terumbu karang berwarna-warni. Ini adalah salah satu tempat snorkeling terbaik di Asia Tenggara, menawarkan perenang kesempatan untuk mendekati penyu yang hanya beberapa meter dari pantai.

Meskipun berenang bersama penyu adalah daya tarik utama di pulau ini, ada banyak kesempatan untuk menyaksikan kehidupan laut lainnya, seperti parrotfish dan angelfish, di karang lunak dan kerasnya.

11.  Taman Nasional Komodo, Indonesia

Dikelilingi oleh air yang jernih, Taman Nasional Komodo di Indonesia bukan hanya rumah bagi Komodo yang terkenal, tetapi juga merupakan tempat yang bagus untuk menikmati snorkeling sore hari. Keanekaragaman hayati dan kehidupan lautnya yang unik mengungkapkan salah satu terumbu karang yang paling murni dan belum tersentuh di dunia, di mana hanya beberapa meter di bawah permukaan laut Anda dapat melihat rak-rak terumbu yang dipenuhi dengan kerapu besar dan lebih dari 70 spesies bunga karang, di samping anthias dan fusilier.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata diving
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top