Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Liburan di Kapal Pesiar

Berikut 12 hal yang perlu diketahui sebelum pelayaran pertama Anda dengan kapal pesiar
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  17:01 WIB
Kapal pesiar milik Norwegian Cruise Lines. - Antara/Reuters
Kapal pesiar milik Norwegian Cruise Lines. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Menjelajah dengan kapal pesiar dapat menambah pengalaman berpetualang yang berbeda dari biasanya.

Bagi mereka yang mengalami pelayaran untuk pertama kalinya, kerap kali dan memberi banyak pertanyaan tentang berlayar dengan kapal pesiar.

Berikut 12 hal yang perlu diketahui sebelum pelayaran pertama Anda, dilansir dari Away We Go:

1. Jumlah pakaian yang dibawa

Pertama, periksa rencana perjalanan Anda untuk melihat berapa banyak malam formal yang akan Anda alami. Pria bisa mengenakan jas atau tuksedo, tetapi mereka juga bisa mengenakan celana panjang dan kemeja dengan dasi berkancing. Wanita bisa mengenakan gaun bagus yang cocok untuk prom. Hindari celana pendek, sandal, dan tank top.

2. Penawaran terbaik 

Sebagian besar jalur pelayaran memiliki penjualan khusus, serta menawarkan diskon. Jika Anda berlangganan, Anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada obral khusus dan Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk menghemat biaya pelayaran yang telah Anda impikan.

3. Keadaan darurat untuk turun dari kapal

Sebagian besar jalur pelayaran akan memungkinkan Anda turun dari kapal di pelabuhan panggilan untuk mengejar penerbangan dalam keadaan darurat seperti untuk hal medis atau jika salah satu keluarga mengalami kecelakaan, dan lain-lain, tetapi Anda harus memiliki paspor dan ID foto Anda. Anda tidak dapat melakukan ini jika Anda hanya memiliki akta kelahiran.

Jika Anda memutuskan ingin meninggalkan pelayaran. Ingatlah Anda harus memberi tahu Layanan Tamu dalam 24 jam pertama pelayaran dan Anda hanya bisa turun dari kapal di pelabuhan panggilan, tentu saja tidak pernah turun di laut.

4. Fasilitas untuk anak-anak

Periksa untuk memastikan kapal pesiar memiliki program anak-anak yang akan dinikmati anak-anak Anda. Program ini biasanya meriah dan berupa karnaval yang menyenangkan.

5. Mabuk perjalanan di laut

Disarankan untuk mengantisipasi mabuk laut dengan obat-obatan atau membeli Sea Bands, karet kecil yang Anda kenakan di pergelangan tangan Anda. Mereka menekan titik-titik tekanan Anda dan membantu mencegah mabuk laut. 

6. Memesan/memilih kamar untuk orang yang mudah mabuk perjalanan

Jika Anda rentan terhadap mabuk perjalanan, pilihlah kabin di bagian tengah dek yang lebih tinggi. Kamar-kamar ini mungkin juga memiliki pemandangan terbaik selain menawarkan pelayaran yang mulus.

7. Berlayar dengan balita

Terdapat kapal pesiar yang menawarkan layanan perkemahan dan penitipan bayi gratis untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, termasuk untuk anak-anak yang tidak terlatih menggunakan toilet, staf akan mengganti popok selama disediakan oleh orang tua.

Jika balita Anda terdaftar di kamp selama pelayaran, ada saat-saat di mana orang tua dipersilakan untuk bergabung dengan mereka. Ini biasanya disebut sebagai "Family Play"

8.  Waktu terbaik untuk mendaftar wisata pantai Anda

Banyak yang bingung apakah harus mendaftar wisata pantai sebelum atau sesudah pelayaran, disarankan Anda memesannya sebelum Anda berlayar. Wisata populer terjual habis dengan cepat, maka dari itu segera daftar.

9.  Cara mengetahui apa yang termasuk dalam harga dan apa tambahannya

Ini bervariasi tergantung pada jalur pelayaran. Sebagian besar jalur pelayaran menawarkan kabin Anda, semua makanan di ruang makan santai dan ruang makan, pertunjukan musik, pintu masuk klub, karaoke, dan area kolam renang dengan harga pelayaran Anda.

Banyak jalur pelayaran menawarkan pilihan bersantap yang ditingkatkan di restoran khusus, layanan spa, dan beberapa tambahan menyenangkan seperti kelas martini atau pelajaran dansa. Turun dari kapal di pelabuhan panggilan tentu saja selalu gratis, tetapi jika Anda ingin melakukan wisata pantai yang terorganisir, selalu ada biaya tambahan.

10.  Jika punya alergi makanan

Sebagian besar jalur pelayaran dapat menangani berbagai alergi makanan, tetapi hanya di ruang makan formal. Anda harus berbicara dengan perencana liburan di jalur pelayaran pilihan Anda tentang topik ini, karena setiap jalur pelayaran menangani alergi makanan secara berbeda.

11.  Membawa makanan atau minuman ke dalam kapal

Semua kapal pesiar terkait kebijakan ini. Beberapa jalur pelayaran memungkinkan Anda untuk membawa sekotak air, 6 bungkus soda, 2 botol anggur, sementara itu beberapa tidak mengizinkan Anda membawa soda apapun. Periksa dengan jalur pelayaran Anda sebelum berkemas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling kapal pesiar
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top