Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daya Tarik Machu Picchu, Suaka Sejarah dari Kekaisaran Inca

Penjelajah Amerika, Hiram Bingham menemukan kembali benteng Machu Picchu pada tahun 1911. Cagar alam bersejarah ini adalah tempat yang memikat wisatawan tidak hanya karena keindahan arsitekturnya yang mempesona, tetapi juga karena warisan budaya-sejarahnya yang membuatnya diakui dan dikagumi di seluruh dunia.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  14:26 WIB
Machu Pichu
Machu Pichu

Bisnis.com, JAKARTA — Untuk berbagai pesona dan kekuatan mantranya, tempat ini dianggap sebagai daya tarik wisata terbaik di Peru. Machu Picchu terletak di puncak gunung di tengah hutan tropis.

Penjelajah Amerika, Hiram Bingham menemukan kembali benteng Machu Picchu pada tahun 1911. Cagar alam bersejarah ini adalah tempat yang memikat wisatawan tidak hanya karena keindahan arsitekturnya yang mempesona, tetapi juga karena warisan budaya-sejarahnya yang membuatnya diakui dan dikagumi di seluruh dunia.

Dinyatakan sebagai “Cultural and Natural Heritage of Humanity” pada tahun 1983 oleh UNESCO, ini merupakan konstruksi arsitektur yang paling menakjubkan dari Kekaisaran Inca. Benteng ini terdiri dari candi, istana, teras, monumen, kompleks dan dinding.

Dikelilingi oleh hutan di provinsi Urubamba (Cusco), Machu Picchu setiap tahun menerima sekitar 1 setengah juta kunjungan. Memiliki luas lebih dari 30 ribu hektar, di mana memungkinkan untuk menemukan beragam flora dan fauna, serta daerah berhutan, pegunungan terjal dan puncak yang tertutup salju.

Terletak di jantung Andes Peru, benteng suci Inca yang dibangun sekitar tahun 1450 dan ditemukan pada tahun 1911, masih menyembunyikan teka-teki dan misteri tentang tujuan sebenarnya, yang terus disembunyikan hingga hari ini sehingga membangkitkan minat pengunjung dan arkeolog di seluruh dunia.

Karena letaknya yang strategis di puncak gunung yang tinggi, ada berbagai teori tentang apa artinya bagi suku Inca.

Beberapa berpendapat bahwa itu dibangun sebagai makam besar untuk Inca Pachacútec, sementara yang lain mengklaim bahwa itu adalah pusat administrasi dan pertanian penting yang area budidayanya berfungsi untuk mata pencaharian penduduknya. Namun, juga dianggap digunakan sebagai penghubung penting antara Andes dan Amazon Peru atau sebagai tempat peristirahatan gubernur Inca.

Yang benar adalah bahwa Machu Picchu merupakan salah satu simbol terbesar di balik arsitektur dan rekayasa yang mengesankan dari Kekaisaran Inca. Meskipun asal usulnya masih menjadi subjek penelitian, nilai dan signifikansi yang diwakilinya pada masanya, serta desainnya yang mengesankan, telah membuatnya dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

Secara total, ada sekitar 196 tempat wisata di dalam benteng di antara kompleks arkeologi, alun-alun, kuil, air mancur, monumen, dan tempat tinggal. Semua saling terkait satu sama lain dengan lingkungan alam.

Saat berkeliling Machu Picchu, Anda dapat melihat dua sektor yang ditandai dengan baik yang dipisahkan oleh tembok sepanjang kira-kira 400 meter. Satu berorientasi pada tujuan pertanian dan yang lainnya lebih ke perkotaan.

Kawasan pertanian ditandai dengan adanya terasering atau anjungan yang digunakan untuk budidaya berbagai makanan. Sangat dekat dengan kawasan ini, ada beberapa rumah kecil yang bisa jadi tempat tinggal para petani.

Di sisi lain, di daerah perkotaan Royal Residence, terdapat Plaza Sagrada, situs upacara utama kota; Piramida Intihuatana, di mana jam matahari besar berada; Grupo de las Tres Portadas, sekelompok bangunan yang terdiri dari tiga portal besar dan Grupo del Cóndor, yang mencakup kuil untuk penggunaan seremonial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top