ilustrasi hotel
Travel

Kena Penalti Karena Batal Booking Hotel? Berikut Cara Menghindarinya

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 6 Januari 2022 - 16:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pernahkah Anda membatalkan menginap di hotel karena satu dan lain hal?

Biasanya, jika Anda membatalkan mendadak, akan ada denda pembatalan hotel yang harus Anda bayar.

Nilai denda ini beragam, dan juga tergantung kebijakan hotel.

Menurut sebuah studi NYU baru-baru ini, hotel mengumpulkan biaya sekitar US$2,9 miliar pada tahun 2018 dan biaya pembatalan mewakili beberapa keuntungan terbesarnya. Tercatat industri juga menjadi lebih ketat tentang pembatalan.

Tentu saja denda ini merugikan Anda bukan?

Nah, agar tidak terulang lagi, ada beberapa tips untuk menghindarinya seperti dilansir dari USA Today :

1. Pesan kamar dengan biaya pembatalan yang wajar

Wisatawan perlu membaca kebijakan hotel dengan cermat sebelum memesan. Biaya pembatalan bervariasi dan jangan berasumsi bahwa Anda dapat membatalkan 24 jam sebelum kedatangan Anda. Hotel telah memperketat kebijakan pembatalan mereka, ada yang menjadi 48 jam bahkan 72 jam.

Hotel harus mengungkapkan kebijakan pembatalan mereka dengan jelas saat Anda memesan, tetapi Anda sering kali harus menggulir ke bawah atau mengeklik tautan kecil untuk menemukan cetakan keci tersembunyi yang menjelaskan mengenai aturan pembatalan.

2. Beli asuransi perjalanan jika Anda belum memilikinya

Asuransi perjalanan dapat melindungi Anda dari penalti pembatalan hotel. Pembatalan perjalanan akan menanggung semua biaya perjalanan yang diasuransikan oleh wisatawan jika mereka harus membatalkan karena alasan yang dijamin, termasuk kamar hotel prabayar yang tidak dapat dikembalikan.

3. Manfaatkan buletin perjalanan di kotak masuk Anda

Berita industri perjalanan dan ulasan ahli tentang perjalanan udara, hotel, kapal pesiar, dan banyak lagi sangat penting. Ini bisa Anda dapatkan dengan cara berlangganan melalui email untuk menambah wawasan mengenai perjalanan.

4. Bernegosiasi di telepon, bukan online

Untungnya, Anda dapat menegosiasikan biaya pembatalan. Manajemen hotel berhak untuk membebaskan biaya sesuai keinginan mereka. Ini juga dapat membangun niat baik pelanggan yang cukup besar karena pelanggan akan merasakan kedekatan dengan perwakilan pelanggan yang membantu mereka.

Panggilan telepon lebih efektif daripada berdebat secara online. Menjelaskan situasinya kepada karyawan hotel yang mengetahui kebijakan pembatalan dapat memastikan Anda mendapatkan pengembalian uang yang tepat untuk pembatalan.

5. Kreatif 

Biasanya biaya pembatalan tidak dikenakan kepada seorang blogger, karena pihak hotel ingin mendapatkan citra yang baik mengenai kesepakatan pembatalan hotel. Hotel bisa saja menjadi menyetujui pengembalian dana penuh.

6. Fleksibel dengan kredit

Pertimbangkan untuk mengambil kredit daripada pengembalian uang. Kredit bisa lebih menarik bagi properti karena hotel tidak kehilangan bisnis Anda dan mereka tidak terjebak dengan biaya tambahan seperti layanan pedagang,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro