Wahana Ngopi in The Sky/Instagram
Travel

Viral Wahana Ngopi di Gondola Berlatarkan Samudra, Bagaimana Keamanannya?

Aliftya Amarilisya
Selasa, 4 Januari 2022 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Wahana naik gondola untuk melihat Samudra Hindia sambil ngopi viral di media sosial. Wahana yang terletak di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta itu diklaim sebagai satu-satunya di Indonesia.

“Di dunia tidak banyak karena baru ada di Dubai [Uni Emirat Arab], Kuala Lumpur [Malaysia], Argentina, London [Inggris] dan Kanada,” kata CEO Teras Kaca Nur Nasution, dikutip dari Harianjogja.com pada Selasa (4/1/2022).

Melalui wahana tersebut, Nur mengatakan, pengunjung akan diajak naik ke ketinggian 40 meter dari permukaan tanah. Lalu, selama di atas, mereka bisa menikmati pemandangan Samudra Hindia sambil meminum kopi, teh, atau wedang secang.

“Sekali naik maksimal 20 pengunjung dengan durasi sekitar 20 menit,” ucap Nur.

Namun, tak sedikit netizen yang ternyata mempertanyakan aspek keamanan dari wahana ini. Di Twitter sendiri, banyak dari mereka yang meragukan tingkat keamanan dari gondola meja makan yang diangkut menggunakan crane itu.

"Crane spt di video hanya didesain dgn perhitungan yg ketat dari manufacturer utk lifting barang, itu saja harus ada pemeriksaan pertama, berkala, dan last minute pre-check.. kalo memang digunakan utk lifting orang tentu saja ini shortcut menuju liang lahat," tulis akun @jossdobels.

"Pakai crane masih ok. Kursi berpengaman ok. Tp kenapa sling pengaman cuma 4. Semoga sudah diperhitungkan dgn baik faktor keselamatannya," komentar @yswandi.

"Pake mobile crane ini? Klo pake TC mah mendingan ada achor foundationnya, minimal klo ketiup angin masih kuat nahan. Wah gila sih ini," tulis @DhiekaSetyawan.

Sementara itu, Nur memastikan keselamatan pengunjung sudah diperhatikan. Peralatan yang digunakan akan dicek secara berkala dan tali penarik gondola akan diganti setiap tiga bulan sekali.

“Keselamatan pengunjung menggunakan keamanan model pembalap dengan sabuk pengaman yang mengikat di badan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro