Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kelingking Secret Point, Tebing Terpencil di Pulau Nusa Penida

Wisatawan bisa menikmati trekking dan eksplorasi. Nuansa menenangkan dan pemandangan laut yang indah membantu mereka untuk bersantai. Beberapa orang menyebutnya Kelingking Secret Point, karena letaknya yang terpencil. Dengan demikian, cocok untuk para petualang dan mereka yang menyukai tantangan.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  20:23 WIB
Kelingking  Secret Point - tripadvisor
Kelingking Secret Point - tripadvisor

Bisnis.com, JAKARTA —Di Pulau Nusa Penida, wisatawan tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Kelingking yang terkenal. Di lokasi yang sama, mereka juga bisa menemukan daya pikat lain, yaitu Tebing Kelingking yang cocok untuk jalan-jalan dan fotografi.

Wisatawan bisa menikmati trekking dan eksplorasi. Nuansa menenangkan dan pemandangan laut yang indah membantu mereka untuk bersantai. Beberapa orang menyebutnya Kelingking Secret Point, karena letaknya yang terpencil. Dengan demikian, cocok untuk para petualang dan mereka yang menyukai tantangan.

Tebing Kelingking atau Kelingking Secret Point berada di dataran tinggi, sehingga memiliki udara yang menyegarkan dan panorama yang menakjubkan. Dua pemandangan utama adalah garis pantai berpasir putih dan terumbu karang Karang Dewa.

Nuansa menenangkan memang menjadi daya tarik, tetapi orang-orang juga terkesan dengan ukurannya. Menurut warga sekitar, tebing tersebut memiliki ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut. Di bawahnya terdapat garis pantai dengan panjang 80 meter. Namanya Pantai Kelingking.

Daya pikat terbaik yang dapat dilihat wisatawan di Tebing Kelingking adalah kontur tebing yang unik, yang terlihat seperti ikan paus. Penduduk setempat menyebutnya Tebing Karang Dawa.

Satu-satunya kekecewaan terkait dengan aksesibilitas adalah bahwa wisatawan tidak dapat mencapai bagian bawah tebing. Sebaliknya, wisatawan bisa leluasa menjelajahi permukaan lanskap dan melakukan fotografi di area tersebut.

Wisatawan tidak boleh lupa untuk datang dengan pemandu lokal yang dapat menunjukkan arah dan informasi terbaik mengenai tebing. Dari segi sejarah, situs ini ditemukan pada tahun 2003 oleh orang asing. Karena eksposisi mereka, lebih banyak orang mengetahui situs tersebut dan mengunjunginya dari waktu ke waktu.

Wisatawan bisa menikmati dua tempat wisata alam yang berbeda yaitu pantai dan tebing, di satu lokasi yang sama. Belakangan ini, beberapa orang bahkan memutuskan untuk membangun tenda dan bermalam di tebing.

Mereka yang mengunjungi Tebing Kelingking harus mencapai pantai juga. Sayang sekali jika wisatawan melewatkan kesempatan untuk menjelajahi bibir pantai. Setiap orang akan memiliki pengalaman liburan yang luar biasa di sana terlepas dari waktu kunjungannya.

Faktanya Tebing Kelingking adalah bagian dari pantai. Namun terlebih dahulu wisatawan harus mencapai Pulau Bali sebelum menuju ke lokasi. Bagi yang datang dari Kota Jakarta (Bandara Internasional Soekarno – Hatta), penerbangan ke Bandara Internasional Ngurah Rai dapat memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Begitu sampai di Kota Denpasar, tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Sanur dan rute terbaik yang bisa ditempuh adalah Jalan By Pass Ngurah Rai. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 31 menit. Dari Sanur, perjalanan ke Pulau Nusa Penida memakan waktu sekitar 35 menit. Begitu sampai di Pelabuhan Toyapakeh, tujuan terakhir adalah Pantai Kelingking.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata Nusa Penida
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top