Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Tetap Nyaman Saat Perjalanan dengan Penerbangan Panjang

Berikut adalah panduan utama tentang cara bertahan dalam penerbangan panjang terutama dalam penerbangan pesawat ekonomi,
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  17:58 WIB
Tips Tetap Nyaman Saat Perjalanan dengan Penerbangan Panjang
Ilustrasi kabin pesawat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Terbang jarak jauh bisa jadi pengalaman yang buruk, tetapi ada beberapa cara untuk memastikan Anda memiliki penerbangan yang bagus.

Anda harus tahu apa yang sebaiknya dikenakan, kebutuhan tas jinjing, dan tips penerbangan jarak jauh lainnya.

Berikut adalah panduan utama tentang cara bertahan dalam penerbangan panjang terutama dalam penerbangan pesawat ekonomi, dilansir dari The Savvy Globe Trotter:

1. Dapatkan tempat duduk yang baik.

Jangan terjebak dengan kursi tengah di baris terakhir yang tidak dapat direbahkan. Pastikan untuk mendapatkan penetapan kursi segera setelah Anda memesan penerbangan. Jika Anda tidak dapat memilih kursi Anda secara online, hubungi maskapai penerbangan dan minta mereka untuk menetapkan kursi yang Anda inginkan. Cobalah untuk kursi kosong di sebelah Anda.

2. Siapkan hiburan dalam penerbangan Anda

Selain tidur, cara terbaik untuk menghabiskan waktu dalam penerbangan panjang adalah dengan hiburan, baik itu membaca buku atau menonton film. Pastikan untuk membawa hiburan Anda sendiri daripada mengandalkan hiburan dalam penerbangan. Film dalam penerbangan Anda mungkin tidak Anda sukai atau pernah Anda tonton sebelumnya.

3. Berpakaianlah dengan nyaman dan pakailah berlapis-lapis

Apakah Anda tahu apa yang harus dikenakan pada penerbangan jarak jauh? Pastikan Anda mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakai sepatu slip on tanpa tali sehingga Anda dapat melepasnya dengan mudah dan memakainya kembali saat pergi ke kamar mandi. Kenakan kaus kaki agar kaki Anda tetap hangat dan bersih saat melepas sepatu.

4. Cara tidur nyenyak

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tidur nyenyak dalam penerbangan panjang Anda. Bawa penyumbat telinga atau headphone peredam bising untuk memblokir kebisingan dan membantu Anda tidur. Jika Anda kesulitan tidur dengan lampu menyala, bawalah penutup mata. Anda mungkin juga merasa lebih nyaman untuk bepergian dengan bantal leher atau bantal Anda sendiri.

5. Tetap terhidrasi

Jangan lupa minum banyak air karena udara sangat kering di penerbangan, dehidrasi terjadi lebih cepat saat terbang daripada di rumah. Belilah sebotol air di bandara sebelum penerbangan Anda atau bawalah botol kosong yang dapat digunakan kembali dan isi sebelum Anda naik pesawat. Batasi kafein dan minuman beralkohol karena membuat Anda dehidrasi.

6. Melembabkan kulit

Selain dehidrasi, kulit dan bibir terasa sangat kering saat terbang. Selalu membawa lip balm serta pelembab / lotion untuk tangan.

7. Hati-hati terhadap DVT

Trombosis vena dalam (DVT) adalah risiko nyata pada penerbangan panjang dan dapat terjadi pada siapa saja. Jika Anda bepergian dengan penerbangan ekonomi yang panjang, Anda mungkin ingin mengenakan kaus kaki kompresi untuk mencegah pembekuan darah pada penerbangan panjang yang sempit.

Hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah DVT adalah minum banyak air, meregangkan/menggerakkan kaki Anda di tempat duduk, bangun setiap beberapa jam dan berjalan di sekitar kabin.

8. Tetap bersih

Permukaan pesawat bisa sangat kotor. Gunakan tisu antibakteri untuk mengelap meja nampan, sandaran tangan, dll. Pastikan juga Anda membawa masker wajah karena diwajibkan di sebagian besar maskapai penerbangan dan bandara.

9. Bawa makanan dan snack sendiri

Jika Anda tidak menyukai makanan pesawat atau ingin pilihan yang lebih sehat, bawalah makanan atau camilan Anda sendiri. Energy bar adalah pilihan yang baik

10.  Kemas semua kebutuhan penerbangan jarak jauh di tas jinjing Anda

Pastikan Anda mengemas semua yang Anda butuhkan agar nyaman dalam penerbangan panjang di tas jinjing kecil Anda sehingga mudah diakses selama penerbangan Anda. Buat daftar pengepakan kebutuhan tas jinjing yang dapat dicetak berisikan kebutuhan penerbangan jarak jauh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top