Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Tetap Fit Selama Traveling

Berikut 13 cara menarik agar Anda tetap bugar dan sehat saat melakukan perjalanan
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  13:32 WIB
Ilustrasi traveling keliling dunia
Ilustrasi traveling keliling dunia

Bisnis.com, JAKARTA—Bepergian dan tetap bugar mungkin merupakan hal yang sulit untuk dicapai secara beriringan. Namun Anda tetap bisa merasa bugar dan memastikan bahwa kesehatan Anda tetap dijaga dengan beberapa tips.

Berikut 13 cara menarik agar Anda tetap bugar dan sehat saat melakukan perjalanan dilansir dari FabsHotel:

1.  Mulai Hari Dengan Sarapan Sehat

Sarapan bagaikan bahan bakar yang akan membuat Anda tetap beraktivitas sepanjang hari. Pastikan Anda tidak memulai hari Anda tanpa makan sarapan yang sehat. Sebagian besar hotel menawarkan sarapan gratis untuk para tamu, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk memompa metabolisme Anda.

2. Beli Bahan Makanan Daripada Makan di Luar

Meskipun sarapan akan membuat Anda tetap energik sepanjang hari, Anda tidak dapat melewatkan waktu makan bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan hemat. Untuk itu, beli bahan makanan daripada makan di restoran. Dengan cara ini, Anda akan menghemat uang, makan sehat, dan tidak makan berlebihan. Popcorn, telur, sup, dan oat adalah beberapa makanan sehat dan cepat dimasak yang bisa Anda pilih.

3. Perhatikan apa yang Anda makan

Ada kalanya hidangan terlihat sehat, tetapi dikemas dengan banyak karbohidrat dan lemak. Perhatikan makanan Anda agar memiliki pola makan yang seimbang. Jika Anda berencana untuk makan malam berat, maka makan salad untuk makan siang. Begitu pula jika makan siang berat, maka makan malam atau yang ringan untuk perut.

4. Tetap Terhidrasi

Air adalah teman terbaik Anda saat bepergian. Pastikan Anda minum setidaknya 3-4 liter air saat bepergian. Jumlahnya bisa lebih banyak lagi jika Anda berada di tempat tujuan yang panas dan lembab. Air membuat Anda terhidrasi dan membantu mengendalikan nafsu makan.

5. Menahan Diri Dari Pesta Minuman Keras

Pesta minum tidak lah baik, bahkan jika Anda tidak bepergian. Minum berlebihan akan membuat Anda mabuk dan lemak perut semakin membandel. Jika Anda ingin tetap sehat dan energik sepanjang perjalanan, perhatikan jumlah konsumsi alkohol.

6. Makan Protein Bar di Antara Waktu Makan

Protein atau granola bar adalah sumber energi instan dan akan menjauhkan rasa lapar. Makanlah satu di antara waktu makan, sehingga Anda tidak makan berlebihan. Bagian terbaik tentang bar energi ini adalah tersedia di sebagian besar toko serba ada.

7. Cari Hotel Dengan Gimnasium

Pesan hotel dengan gimnasium agar Anda tidak ketinggalan sesi olahraga saat bepergian. Gym di dalam hotel telah menjadi fasilitas klasik, bahkan untuk hotel beranggaran rendah.

8. Latihan di Kamar dan Taman

Hotel tanpa gimnasium seharusnya tidak menjadi alasan untuk menjauhkan Anda dari rutinitas. Anda dapat berolahraga di kamar hotel atau taman terdekat. Beberapa squat, push-up, dan burpe sudah cukup untuk membuat Anda terus maju. Jika Anda ingin berolahraga di udara segar, jelajahi taman-taman di sekitar dan tetap di jalurnya.

9. Membawa Lompat Tali

Lompat Tali tidak memakan banyak tempat di tas Anda tetapi akan memastikan Anda tetap bugar saat bepergian. Anda dapat berolahraga kapan saja dan di mana saja.

10.  Utamakan Jalan Kaki

Menjelajahi tempat-tempat dengan berjalan kaki adalah cara terbaik untuk hidup seperti penduduk setempat. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat sesuatu dari dekat sambil membakar beberapa kalori. Bahkan jika Anda memiliki pilihan untuk menyewa sepeda motor untuk menjelajahi tujuan, berjalan kaki lebih baik kecuali Anda memiliki waktu yang terbatas, lingkungan yang tidak aman, atau Anda bepergian pada malam hari.

11.  Manjakan Diri Dengan Petualangan Olahraga

Petualangan olahraga tidak hanya bagus untuk memacu adrenalin tapi juga membantu membakar kalori saat Anda sedang berlibur. Jika Anda pergi ke bukit, bergabunglah dengan kelompok hiking dan aktivitas seperti panjat tebing. Mereka yang berlibur di pantai harus mencoba olahraga air, berlayar, berselancar, dan lain-lain.

12.  Naik Tangga

Ini adalah latihan kardio dan penguatan yang efektif. Carilah kesempatan untuk mengambil rute yang lebih sulit. Bisa dengan cara melewati tangga di hotel dan mengunjungi monumen atau objek wisata yang memiliki banyak tangga.

13.  Bergabunglah dengan sesi yoga

Yoga adalah aktivitas populer di seluruh dunia. Kemungkinannya tinggi bahwa Anda mungkin menemukan satu atau beberapa pusat yoga di tujuan liburan Anda. Bergabunglah dengan kelas yoga agar tetap bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top