Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Faktor Pendorong Ramainya Wisatawan di 5 Daerah Ini Selama 2021

Meski di tengah pandemi seperti sekarang ini, niat masyarakat untuk bepergian sama sekali tidak surut. Hal ini terlihat dari Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mulai padat dipenuhi dengan antrean menjelang libur Nataru.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Desember 2021  |  08:58 WIB
Traveling.  - Bloomberg
Traveling. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa menjelang libur akhir tahun, masyarakat berbondong-bondong ingin menghabiskan momen Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dengan pergi travelling.

Meski di tengah pandemi seperti sekarang ini, niat masyarakat untuk bepergian sama sekali tidak surut. Hal ini terlihat dari Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mulai padat dipenuhi dengan antrean menjelang libur Nataru.

Dilansir dari IndoGuideBook, sebuah survei telah dilakukan untuk mengetahui tren liburan di 2021. Hasilnya ada sekitar 47% masyarakat telah merencanakan bepergian di dalam negeri. Mengartikan bahwa di situasi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, perilaku konsumen untuk berlibur cenderung tetap stabil.

Travel Report Pegipegi juga merangkum sekiranya di tahun ini ada lima destinasi yang menjadi favorit masyarakat untuk bepergian dalam kota meliputi; Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali. Kota-kota tersebut merupakan pilihan kota besar yang ramai pengunjung, dan terkenal dengan banyak destinasi menarik di dalamnya. 

Ternyata kelima kota di atas bukan hanya sekadar destinasi biasa, namun memiliki kelebihan tersendiri dari sisi wisata, seperti:

Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai

Masyarakat kini dimudahkan dengan adanya infrastruktur yang memadai. Terlihat dari akses perjalanan di kota-kota besar yang sudah dibangun sedemikian rupa dalam rangka mempermudah traveller bermobilitas. Tersedia juga, pilihan fasilitas transportasi yang mudah untuk diakses saat mengunjungi destinasi pilihan. Seperti pesawat, kereta api, bus & travel, kapal, serta angkutan umum.

Penerapan Protokol Kesehatan yang Ketat

Pemerintah beserta jajarannya sudah mengimbau semaksimal mungkin agar setiap pelaku perjalanan dapat tetap menjaga kebersihan dan keamanan selama bepergian. Tak hanya itu, banyak tempat wisata yang kini juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang dapat digunakan secara umum. Hal ini bertujuan agar destinasi yang ramai pengunjung, tetap dapat mematuhi protokol kesehatan yang ada secara disiplin.

Variasi Destinasi Alam dan Budaya yang Beragam

Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keanekaragamannya. Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa dapat ditemukan ribuan destinasi alam, budaya, dan sejarah yang juga berlimpah. Terutama di Bali, masyarakat bisa menjumpai wisata air atau deretan pantai eksotis dengan mudah. Variasi tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi tiap kota dalam menarik minat pengunjung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top