Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Memilih Travel untuk Umrah

Berikut beberapa tips untuk mengetahui travel umrah yang terpercaya berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Desember 2021  |  17:29 WIB
Tips Memilih Travel untuk Umrah
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maraknya kasus penipuan yang terjadi pada agen travel umroh memang menyulitkan masyarakat.

Pasalnya, uang yang dikeluarkan untuk berangkat umroh tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kita harus melakukan beberapa cara supaya terhindar dari agen travel abal-abal.

Mengutip Lifepal.co.id, ada beberapa tips untuk mengetahui travel umrah yang terpercaya berikut ini :

1. Lacak rekam jejak travel umroh sebelum memilihnya

Kamu tentunya sudah memiliki daftar travel umroh mana yang bakal kamu pilih. Tapi, jangan buru-buru menentukan, apalagi cuma gara-gara harganya yang murah. 

Pertama, kamu cari tahu dulu lebih lanjut soal travel tersebut di internet, mulai dari bagaimana respons para jemaah, sampai berapa jemaah yang pernah mereka berangkatkan.

2. Berizin resmi dari Kementerian Agama

Setiap penyedia jasa travel umroh maupun haji harus memiliki izin dari Kementerian Agama. Ini dilakukan dalam rangka pengawasan yang dilakukan pemerintah terhadap travel tersebut.

3. Perhatikan harga dan fasilitas yang diberikan

Biasanya, setiap agen travel akan mencantumkan biaya, hingga fasilitas yang diperoleh para jemaah. Nah kamu perlu kritis terhadap hal ini. Lihat dulu apakah harga yang ditawarkan itu sepadan dengan fasilitas yang didapat. 

4. Cek lokasi hotel 

Sebelum memutuskan untuk membeli paket umroh, langkah lain agar kamu gak ketipu adalah mengecek hotel yang dijanjikan pihak biro perjalanan. Pastikan lokasi dan jaraknya ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Cek juga apakah hotel tersebut udah sesuai dengan harga paket yang kamu mau atau gak. 

5. Pastikan visa 

Tips selanjutnya agar kamu aman saat membeli paket umroh, yaitu mengecek visa. Konfirmasi ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) mengenai status visa yang bakal kamu dapat dari pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, Yadi Supriyadi Direktur Utama Mabruk Tour mengatakan salah satu memilih harus super jeli dan teliti memilah agen atau biro travel. Misalnya dengan memastikan agen atau biro tersebut sudah terdaftar di kementerian agama, kepastian jadwal keberangkatannya, track record agen atau biro bagus, dan sebagainya.

"Mabruk Tour, biro travel umroh sejak 2019 yang telah memiliki izin Umroh. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT 100% telah memberangkatkan jamaah umroh sampai pulang kembali ke tanah suci dengan selamat. Dan kini kami kembali meraih penghargaan sebagai Biro Perjalanan wisata tersertifikasi oleh Badan Akreditasi Nasional dengan 10 Tour Leader Tersertifikasi Nasional. Ini menjadi bukti bagi kami dalam berkomitmen dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada para calon jemaah dengan lebih baik.” ujarnya.

Hardi Ikrommullah selaku Direktur Mabruk Tour mengatakan penerbangan Umroh perdana pada masa New Normal dari Indonesia dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2021. 

"Tim Umroh Advance Mitigasi melakukan perjalanan umroh perdana sejak dicabutnya larangan bagi Indonesia untuk memasuki kawasan Kerajaan Arab Saudi ini melalui serangkain prosedur protokol kesehatan sebagai standarisasi penerbangan pada masa new normal kali ini. Diharapkan setelah keberangkatan umroh perdana ini nantinya Umroh selanjutnya bisa dipermudah bagi jamaah baik dari karantina yang tidak lama atau bahkan tidak ada karantina sehingga biaya umroh tidak membengkak," paparnya.

Manager Mabruk Tour, H. Khalid Ihsan merencanakan keberangkatan jamaah Mabruk Tour pada bulan Maret 2022 dengan jumlah jamaah di 200 orang jamaah, “Dengan harga paket VVIP di Rp35.000.000. Saya optimis di bulan Maret sudah normal untuk keberangkatan umroh sehingga berani menetukan jadwal. semoga sudah normal,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

travel umrah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top