Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online

Berikut tata cara memesan tiket secara online yang mudah, terutama bagi Anda yang pertama kali memesan.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  11:49 WIB
Petugas layanan check-in penumpang beraktivitas di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (13/2/2019). - ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Petugas layanan check-in penumpang beraktivitas di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (13/2/2019). - ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA—Memesan tiket pesawat bisa terasa rumit ketika ada begitu banyak situs web, maskapai penerbangan, dan agen perjalanan yang bisa dipilih. Harga tiket pesawat juga berfluktuasi setiap saat, membuat proses pemesanan semakin rumit.

Pemesan tiket bisa menjadi fleksibel ketika Anda memesannya secara online. Berikut tata caranya:

1. Pilih Jenis Penerbangan

Cari penerbangannya terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk memesan penerbangan domestik adalah antara 112 dan 21 hari sebelum Anda berangkat untuk mengamankan tarif terendah.  Jika Anda memesan tiket pesawat internasional, Anda harus memesan sedini mungkin, terutama jika tujuan Anda hanya memiliki satu bandara terdekat.

2. Periksa Situs Web

Periksa situs web yang berisi kesepakatan tiket pesawat. Sebelum memesan, pindai situs web sehingga bisa sangat membantu jika tujuan atau tanggal perjalanan Anda fleksibel sehingga Anda dapat memanfaatkan penawaran apa pun. Maskapai terkadang berbagi penjualan dengan pelanggan mereka melalui situs web atau buletin mereka.

3. Masukkan Detai Perjalanan

Anda bisa memasukkan detail perjelanan di situs agregatormyang menelusuri beberapa maskapai, seperti SkyScanner Indonesia, Momondo Flights, atau GoogleFlights. Situs web akan menampilkan banyak pilihan penerbangan untuk tujuan yang Anda minta dan tanggal yang dapat Anda urutkan berdasarkan harga, maskapai penerbangan, atau durasi perjalanan.

4. Pilih Berapa Banyak Pemberhentian yang Ingin Anda Lakukan

Banyak penerbangan terutama ke lokasi yang jauh, mengharuskan Anda singgah di bandara di sepanjang perjalanan. Terkadang ini akan melibatkan pergantian pesawat dan melewati keamanan lagi. Saat Anda melihat penerbangan, ingatlah untuk mengingat berapa banyak pemberhentian yang Anda rasa nyaman untuk dilakukan. Periksa juga berapa lama dan jam berapa perhentiannya.

5.  Klik Situs Web Maskapai

Setelah Anda menemukan perjalanan terbaik, pilih di situs agregator dan pindah ke situs web langsung maskapai untuk memesan tiket Anda. Beberapa agregator mengizinkan Anda memesan tiket melalui situs web mereka, tetapi mungkin ada biaya layanan tambahan.

6. Pilih Tempat Duduk

Pilih tempat duduk Anda. Banyak maskapai penerbangan akan memungkinkan Anda untuk memilih tempat duduk Anda pada saat Anda memesan. Apakah Anda menginginkan kursi di lorong, jendela, atau tengah. Anda juga dapat memilih peningkatan kursi, seperti ruang kaki ekstra, dengan biaya tambahan. Jika maskapai penerbangan Anda tidak mengizinkan Anda untuk memilih kursi Anda pada saat pemesanan, Anda mungkin dapat melakukannya saat Anda check in.

7.  Bisa Memilih Paket Tambahan

Saat membuat kesepakatan paket menjelang akhir proses pemesanan, maskapai Anda mungkin menyarankan add-on yang dapat Anda pesan, seperti hotel atau persewaan mobil. Anda dapat menambahkan ini pada saat memesan atau memesannya secara terpisah dari tiket pesawat Anda.

8. Minta akomodasi khusus

Jika Anda memerlukan akomodasi khusus untuk penerbangan Anda, seperti kursi roda, mintalah pada saat pemesanan. Jika Anda tidak diminta untuk memasukkan informasi ini selama pemesanan online, hubungi maskapai penerbangan Anda secara langsung.

9. Pilih untuk menambahkan asuransi atau tidak.

Selama proses pemesanan, Anda mungkin juga diminta untuk menambahkan asuransi.  Anda mungkin dilindungi oleh asuransi melalui pekerjaan Anda, perawatan kesehatan atau kartu kredit. Ada baiknya untuk melihat opsi ini dan membandingkan biaya jika Anda ingin menambahkan cakupan asuransi untuk perjalanan Anda.

10.  Pesan Tiket Anda

Di situs web maskapai, konfirmasikan bahwa semua informasi perjalanan Anda sudah benar. Kemudian ikuti petunjuk untuk memasukkan informasi pribadi dan pembayaran Anda untuk menyelesaikan pemesanan tiket Anda. Anda mungkin juga memerlukan informasi pribadi orang lain yang terbang bersama Anda.

11.  Terima Konfirmasi dan Tanda Terima Anda

Setelah pemesanan, tanda terima dan konfirmasi tiket Anda akan dikirimkan ke email Anda. Jika Anda tidak menerima ini dalam beberapa jam setelah pemesanan, hubungi maskapai penerbangan Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat online
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top