Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Liburan Tahun Baru Naik Mobil Bareng si Kecil

Dokter spesialis anak Citra Amelinda membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mudik naik mobil bersama di kecil.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  08:59 WIB
Ilustrasi menyetir -
Ilustrasi menyetir -

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa hari lagi, kita akan memasuki pergantian tahun, dan biasanya, beberapa orang memilih pulang kampung untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga besarnya.

Nah bila Anda berencana untuk mudik menggunakan mobil bersama si kecil, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, mulai dari car seat, suasana selama perjalanan nanti, hingga bila si kecil mabuk perjalanan.

Melalui akun Instagramnya, Senin (20/12/2021), dokter spesialis anak Citra Amelinda membagikan beberapa tips traveling yang bisa Anda lakukan saat mudik naik mobil bersama si kecil.

1. Ciptakan suasana asik dan menyenangkan

Anak-anak menyukai hiburan dan hal menyenangkan, apalagi selama perjalanan yang lama. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa buku stiker atau buku anak lainnya, memutar musik atau lagu anak-anak, bernyanyi, mengobrol dan tertawa bersama atau menarik perhatian anak dengan pemandangan yang ada di luar mobil seperti pepohonan, truk dan lainnya.

2. Jangan lupa car seat yang sangat penting ini

Sebelum pergi kemana pun dengan mobil bersama si kecil, hal terpenting yang perlu Anda miliki adalah car seat. Sayangnya penggunaan car seat untuk si kecil masih jarang dijumpai di Indonesia. Padahal, selain membuat si kecil nyaman selama perjalanan, car seat juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dan benturan pada si kecil saat rem mendadak.

3. Buat jadwal istirahat dan tidur

Selama perjalanan, jangan lupa untuk menjadwalkan waktu tidurnya di sekitar waktu biasanya. Jika perjalanannya jauh, Citra menyarankan agar memberikan banyak waktu untuk beristirahat. Selain itu, penting untuk tidak membiarkan anak terlalu lama di car seat.

Para ahli menyarankan untuk menghindari car seat lebih dari 30 menit untuk bayi di bawah 4 minggu dan tidak menggunakan car seat lebih dari 2 jam dalam satu kali pergi untuk bayi dari segala usia. Apabila perjalanannya lebih lama, untuk bayi di bawah 4 minggu, penting untuk beristirahat setiap 30 menit.

Setelah sampai di tempat tujuan, segera pindahkan si kecil ke tempat tidur, meskipun itu akan membangunkan mereka.

4. Tidak makan dalam mobil selama perjalanan

Bolehkah anak makan dalam mobil selama perjalanan? Jawabannya adalah tidak. Citra menjelaskan, anak akan berisiko tersedak dan berisiko kecelakaan bila Anda mencondongkan tubuh untuk menawarkan camilan kepada anak di dalam mobil.

"Berikan waktu untuk camilan, susu, dan menyusui sebelum perjalanan, atau menepi terlebih dahulu bila berada di tengah perjalanan," saran Citra.

5. Bila si kecil mabuk perjalanan

"Jika anak sering mabuk perjalanan, konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mengatasinya," kata Citra.

Anda juga bisa mengikuti saran-saran berikut:
- Siapkan kebutuhan untuk perjalanan. Bila si kecil menyukai boneka, simpan beberapa cadangan di depan mobil.
- Siapkan obat-obatan sederhana seperti obat resep yang mungkin dibutuhkan si kecil, plester atau pil mabuk perjalanan.
- Bawa tirai jendela untuk melindungi si kecil dari cahaya.
- Apabila terjebak macet, pastikan membawa makanan ringan dan minuman.

Selain itu, Citra memperingatkan agar tidak meninggalkan si kecil sendirian di dalam mobil, bahkan untuk semenit pun.

"Bila bayi rewel dan menangis serta mengganggu perjalanan, luangkan waktu untuk berhenti dan menenangkan bayi sebelum melanjutkan perjalanan," sarannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak tips travel
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top