Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Traveling, Pilih Sewa Mobil atau Naik Kereta, Mana yang Lebih Baik?

Sistem kereta api memungkinkan untuk menjelajahi benua kecil, membuat tur yang jauh jangkauannya menjadi masuk akal dan menarik bagi siapa saja.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  13:56 WIB
Ilustrasi - Kereta Api di Sumatra Utara - Antara/Evalisa Siregar
Ilustrasi - Kereta Api di Sumatra Utara - Antara/Evalisa Siregar

Bisnis.com, JAKARTA—Menaiki kereta atau menyewa mobil adalah salah satu keputusan pra-perjalanan terbesar Anda. Pertimbangkan pertimbangan berikut ketika memutuskan apakah perjalanan Anda mungkin lebih baik dengan mobil atau kereta api:

-  Jangkauan geografis (kereta lebih baik jika Anda mencakup area yang luas)

-  Cakupan kereta api (misalnya, Swiss dilintasi oleh jaringan kereta api yang luas, sedangkan kereta Irlandia jarang)

-  Perkotaan vs pedesaan (mobil membantu di pedesaan)

-  Jumlah traveler (mobil biasanya merupakan pilihan yang lebih murah jika digunakan bersama lebih dari dua orang)

-  Bagasi (mobil lebih baik jika Anda buruk dalam mengepak barang)

-  Anak-anak di belakangnya (perjalanan mobil lebih fleksibel, tetapi kereta memberi ruang bagi anak-anak untuk bergerak)

Berikut masing-masing penjelasan antara kedua transportasi yang sama-sama memiliki kelebihannya tersebut:

1. Untuk Perjalanan Kereta Api

Sistem kereta api memungkinkan untuk menjelajahi benua kecil, membuat tur yang jauh jangkauannya menjadi masuk akal dan menarik bagi siapa saja. Sistem ini bekerja sangat baik untuk penduduk lokal dan turis, dengan stasiun yang memiliki jadwal yang mudah diakses dan koneksi efisien antar tujuannya.

Umumnya, yang menaiki kereta mudah memahami secara cepat. Terlebih harganya pun terjangkau sehingga mampu menciptakan perjalanan impian Anda.

Bagi banyak traveler, kesenangan melakukan perjalanan di sepanjang rel benar-benar sama bagusnya dengan tujuan. Perjalanan kereta api, meskipun tidak sefleksibel mengemudi, dapat mengurangi stres.

Di kereta, Anda bisa melupakan kerumitan parkir, rambu jalan yang membingungkan, batas kecepatan, dan toilet untuk menepi. Saksikan pemandangannya alih-alih memusatkan perhatian Anda ke jalan dan bahkan bisa mungkin menikmati minuman.

Dibandingkan dengan pesawat, perjalanan kereta api memungkinkan lebih banyak spontanitas. Jika sebuah kota terlihat terlalu lucu untuk dilewatkan, turunlah dan naik kereta berikutnya.

Ini juga cukup efisien waktu, terutama dengan jaringan kereta super cepat yang terus berkembang. Dengan kereta malam, Anda dapat dengan mudah makan malam di Paris, tidur di kereta, dan sarapan di Venesia. Anda tidak perlu datang lebih awal. Selama Anda ada saat kereta berangkat, Anda tepat waktu.

2. Untuk Sewa Mobil

Meskipun banyak destinasi tujuan yang begitu baik saat dilalui dengan kereta api, Anda setidaknya masih bisa mempertimbangkan kenyamanan mengemudi.

Di belakang kemudi, Anda benar-benar bebas pergi ke mana pun Anda inginkan, kapan pun Anda mau.

Mengemudi sangat ideal untuk perjalanan yang berfokus pada pedesaan. Mobilitas super mobil menghemat waktu Anda dalam menemukan akomodasi hemat di kota-kota kecil dan jauh dari jalur kereta.

Anda juga menekan risiko di musim liburan, ketika Anda tiba di kota lebih telat dari yang diinginkan tanpa reservasi di hotel manapun, Anda cukup berkendara ke kota berikutnya.

Mengemudi adalah anugerah bagi mereka yang tidak bisa mengemas barang dengan sedikit, Anda bahkan dapat menyewa trailer untuk memuat banyak barang Anda.

Setiap tahun, seiring dengan naiknya harga kereta, sewa mobil menjadi pilihan yang lebih baik bagi traveler beranggaran rendah. Sementara perjalanan mobil sendirian terbilang mahal, maka ajak tiga atau empat orang untuk berbagi biaya mobil sewaan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top