Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan! Ini Tips Lakukan Backpacking Aman Menggunakan Sepeda Motor

Miliki niat melakukan perjalanan liburan dengan cara backpacking menggunakan sepeda motor pribadi? simak tipsnya berikut ini.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  16:29 WIB
Backpaker - Istimewa
Backpaker - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Backpacking dengan sepeda motor membantu Anda memiliki lebih banyak waktu dan terasa lebih bebas.

Namun sering kali saat melakukan backpacking, ada perasaan tak aman yang sering kali datang.

Beberapa tips kegiataan backpacking menggunakan sepeda motor yang harus diperhatikan yakni mencari lokasi tujuan, mengecek motor, serta menyiapkan uang yang cukup.

Melakukan kegiataan backpacking dengan sepeda motor tidak terlalu sulit, jika Anda sudah mempersiapkan rencana dengan matang.

Berikut tips praktis backpacking dengan sepeda motor dilansir dari Traveldudes:

1. Cari tahu rute jalannya

Pertama, Anda perlu mengetahui lokasi yang akan Anda tuju. Menggunakan Google Maps untuk menguji dan mengukur jarak dan bertanya kepada seseorang yang tahu tentang tempat itu adalah ide yang bagus.

Dengan mengecek rute jalan yang hendak dituju, Anda bisa memahami rute dengan jalan yang buruk dan mempersiapkan perjalanan agar lebih berhati-hati. Misalnya, Anda harus menghindari jalan raya di mana ada beberapa bagian yang sedang dibangun, jalan rusak dan macet.

2. Pengecekan sepeda motor

Backpacking menggunakan sepeda motor harus memperhatikan alat transportasi yang Anda gunakan.

Anda harus membawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk memeriksa ban, rantai gigi, jok dan mengganti oli. Jika ada bagian yang bermasalah, Anda harus segera menggantinya.

3. Cek ulang barang bawaan

Tak hanya lokasi, jalan yang ditempuh dan motor, Anda juga harus memerhatikan barang bawaan yang Anda bawa.

Anda perlu menghitung berapa hari Anda akan bepergian. Hal itu penting untuk mengemas jumlah pakaian yang Anda butuhkan. Misalnya, celana bisa dipakai selama dua hari tetapi Anda perlu mengganti kemeja setiap hari untuk memastikan sanitasi.

Perhatikan bahwa pakaian harus nyaman, sedikit longgar dan tahan lama. Ransel yang digunakan pun sebaiknya berukuran besar dan mampu menampung banyak barang.

4. Bawa barang pelindung diri

Beberapa barang penting yang tak boleh Anda lupakan saat berpergian yakni:

- Jas hujan: Item ini penting tetapi sering terlewatkan. Yang paling nyaman adalah jas hujan termasuk celana dan atasan, hindari membeli yang tipe batwing.
- Sarung tangan: Salah satu item pelindung yang paling umum adalah sarung tangan. Anda dapat membelinya secara
- Helm: helm yang digunakan harus bertipe full face (menutupi seluruh wajah) atau minimal yang menutupi 3/4 wajah. Penggunaan helm normal harus dibatasi karena mudah terbalik karena angin kencang dan Anda mungkin menderita tinnitus saat mengemudi.
- Kacamata tahan debu: Anda harus membeli kacamata besar atau menggunakan kacamata pengaman untuk mencegah debu dan angin yang menyebabkan kekeringan dan kemerahan. Kacamata hitam biasa biasanya digunakan untuk berkendara di dalam kota.
- Sepatu: Saat mengemudi, Anda harus memakai sepatu yang membantu Anda mengontrol rem dengan mudah. Selain itu, Anda dapat menyiapkan sepasang penutup sepatu tahan hujan untuk memastikan keamanan dalam segala kondisi cuaca.

5. Makanan

Saat melakukan perjalanan dan beristirahat. Jangan lupakan waktu makan Anda agar terhindari dari keadaan yang tak menyenangkan, serta untuk mengisi energi agar tubuh selalu dalam kondisi baik dan waspada.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips traveling tips gaya hidup
Editor : Restu Wahyuning Asih

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top