Ilustrasi.
Kuliner

Lima Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah

JIBI
Sabtu, 18 Desember 2021 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia selain gula pasir ada gula aren dan gula jawa yang sering dipakai untuk pemanis makanan tradisional.

Gula aren sering juga disebut dengan gula nira. Sementara gula jawa sering disebut juga dengan gula merah.

Gula aren dan gula Jawa sekilas memang mirip. Keduanya berwarna cokelat dan memiliki bentuk cetakan yang terkadang mirip. Namun, sebenarnya dua gula ini sangat berbeda dari segi tekstur hingga kegunaannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut perbedaan gula aren dan gula jawa:

1. Perbedaan bahan pembuat
Bahan baku kedua gula ini sebenarnya hampir sama, yaitu sama-sama terbuat dari nira atau legen. Nira adalah cairan manis yang keluar dari tandan bunga. Bedanyam gula aren berasal dari nira pohon aren sementara gula jawa berasal dari nira pohon kelapa.

Nira dari kedua pohon tersebut sama-sama diperoleh dengan cara menyadap pohon dan menampungnya ke dalam wadah. Cairan nira ini kemudian dimasak di atas bara api hingga mengental.

2. Warnanya berbeda
Gula jawa memiliki nama lain gula merah karena warnanya memang kemerahan hingga coklat muda. Sementara gula aren berwarna coklat gelap.

3. Rasanya mirip, tetapi aromanya berbeda
Rasa gula aren dan gula jawa hampir mirip dan sulit dibedakan. Namun, rasa gula aren lebih legit dan manis dibandingkan dengan gula Jawa. Selain itu, aroma kedua gula ini pun berbeda. Gula aren memiliki aroma yang lebih harum dan kuat dibandingkan dengan gula jawa.

4. Perbedaan tekstur
Gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga lebih mudah dihaluskan. Sementara gula jawa memiliki tekstur yang lebih keras dan padat.

5. Beda kegunaan
Karena tidak memiliki aroma yang kuat, gula Jawa biasanya digunakan untuk bumbu makanan sehingga tidak mengubah aroma makanan. Sementara gula aren yang memiliki aroma lebih kuat sering digunakan untuk campuran minuman manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro