Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Perubahan Desain Hotel Karena Pandemi

Tom Ito, pemimpin praktik perhotelan Gensler, berbagi beberapa wawasan tentang tren apa yang mungkin memengaruhi desain hotel di masa mendatang, dan bagaimana tren tersebut akan memengaruhi pengalaman dan operasi tamu.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  22:46 WIB
3 Perubahan Desain Hotel Karena Pandemi
Ilustrasi hotel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Karena renovasi dan konstruksi hotel terus meningkat pesat, para pelaku bisnis perhotelan perlu menyesuaikan desain properti mereka dengan adanya pandemi.

Tom Ito, pemimpin praktik perhotelan Gensler, berbagi beberapa wawasan tentang tren apa yang mungkin memengaruhi desain hotel di masa mendatang, dan bagaimana tren tersebut akan memengaruhi pengalaman dan operasi tamu, melansir dari managementhotel.net:

1. Personalisasi Melalui Teknologi

Teknologi seluler yang menjadi begitu lazim selama pandemi hanya akan terus berkembang dan memandu desain. Teknologi menjadi lebih pribadi dalam hal memiliki kontrol lebih besar.

Ketika check-in melalui seluler menjadi semakin umum, pengalaman lobi harus disesuaikan untuk memungkinkan orang menavigasi ruangan. Mobilitas dan teknologi, bukan lagi hanya sebagai sesuatu yang lebih efisien tetapi sebagai upaya yang benar-benar akan membuat para tamu merasa lebih nyaman dan memiliki pengalaman yang lebih baik.

Personalisasi akan meluas ke kamar tamu, dengan pengaturan musik dan suhu sebelum tamu membuka kunci pintu. Itu akan menjadi perubahan besar dalam hal menyediakan atmosfer dan suasana serta bagaimana hotel mendesain ruang, berdasarkan integrasi digital. Sebaliknya, teknologi yang diaktifkan dari suara akan memungkinkan para tamu mengontrol suasana kamar mereka secara verbal.

2. Peningkatan Efisiensi

Teknologi juga membantu membuat desain hotel lebih efisien bagi operator. Sangat penting karena properti bekerja dengan staf yang berkurang. Misalnya, sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara terpusat dengan monitor penyaringan udara yang dapat mengukur jumlah udara segar yang masuk ke ruang tamu atau bahkan ruang serbaguna sehingga pengelola hotel dapat membuat tamu tetap nyaman dan aman.

Di restoran, teknologi nirsentuh memungkinkan tamu memesan dan membayar makanan mereka tanpa harus berbicara dengan pelayan, dan staf tidak lagi membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan menu atau memproses kartu kredit.

Tata letak bagian belakang hotel juga akan berkembang untuk membuat operasi lebih efisien dan lebih aman, dengan area khusus untuk pengiriman yang akan disanitasi dan meningkatkan ventilasi keseluruhan. Lebih banyak operasi dilakukan secara online dan membutuhkan lebih sedikit sentuhan fisik.

3.  Outdoor

Sementara pandemi mempersulit sosialisasi di lobi hotel, ada cara untuk membuat para tamu tetap terhubung sambil meminimalkan risiko. Menghubungkan ruang publik outdoor adalah hal yang paling berharga untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari alami.

Di saat pandemi menahan banyak orang untuk tetap di dalam rumah, maka outdoor menjadi jawabannya untuk desain biofilik yang membawa alam bebas. Ada lebih banyak ide simulasi untuk bisa mendapatkan cahaya matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel desainer
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top