Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Gereja Tertua di Dunia, Paling Tua Sejak 223 Masehi

Gereja sendiri selain menjadi tempat beribadah, juga menjadi bangunan megah yang pernah ada. Berikut beberapa gereja tertua di dunia yang penuh sejarah
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  15:59 WIB
Gereja Dura/Europos
Gereja Dura/Europos

Bisnis.com, JAKARTA—Sejak awal waktu, peradaban dan budaya telah berkumpul di bangunan gereja. Bahkan banyak dari bangunan kuno ini masih berdiri hingga sekarang.

Gereja sendiri selain menjadi tempat beribadah, juga menjadi bangunan megah yang pernah ada. Berikut beberapa gereja tertua di dunia yang penuh sejarah dilansir dari Oldest.org:

1. Gereja Dura-Europos

Gereja ini dibangun sekitar 233 M dan terletak di Dura-Europos, Suriah. Dengan denominasi Kristen, gereja ini kini tinggal reruntuhan.

Gereja Dura-Europos kemungkinan adalah gereja Kristen tertua yang ada. Namun, sebelum digunakan sebagai gereja, diyakini bahwa bangunan itu adalah rumah pribadi. Saat ini, situs tersebut berada dalam reruntuhan, digali sepenuhnya selama tahun 1920-an dan 1930-an oleh tim arkeolog Prancis dan Amerika.

Beberapa lukisan dinding telah dihapus selama periode itu, dan kini berada di galeri seni di Universitas Yale. Sayangnya, gereja tersebut yang berupa reruntuhan, tidak dapat diakses oleh para peneliti karena terletak di area yang diduduki ISIS.

2. Gereja Megiddo

Tahun dibangun gereja ini pada akhir abad ke-3 hingga awal abad ke-4 M dan terletak di Tel Megiddo, Israel. Denominasi Kristen dan kini tinggal reruntuhan.

Salah satu hal yang paling menarik tentang Gereja Megiddo adalah bahwa gereja itu dibangun di lokasi penjara modern, dan para narapidana menemukan petunjuk pertama dari sebuah situs arkeologi pada tahun 2005. Para arkeolog mulai menggalinya dengan sangat cepat, dan mereka menemukan beberapa informasi yang luar biasa. Bangunan itu berbentuk persegi panjang, dan para arkeolog juga menemukan mosaik yang terpelihara dengan baik dan beberapa artefak Kristen.

Bahasa kata-kata yang tertulis dalam mosaik adalah bahasa Yunani, dan juga menampilkan ikan, simbol awal Kekristenan. Para ahli juga percaya bahwa situs itu awalnya bukan gereja, tetapi berubah menjadi gereja sekitar awal abad ke-4.

3. Gereja Aqaba

Gereja Aqaba dibangun pada tahun 293 – 303 M dan berlokasi di Aqaba, Yordania. Denominasinya agama Kristen dan bangunan itu kini tinggal reruntuhan.

Gereja Aqaba tersembunyi selama ribuan tahun sampai ditemukan oleh tim arkeolog pada tahun 1998.

Selama penggalian, tim menemukan makam dengan salib emas di atasnya, serta lampu kaca, kuburan dengan lebih dari 20 sisa kerangka, dan koin di kotak koleksi. Para peneliti memperkirakan bahwa gereja tersebut dapat menampung 60 jemaah ketika pertama kali dibangun, tetapi diyakini hancur dalam gempa bumi pada tahun 363 Masehi. Ketika gereja dibangun kembali, kapasitas gereja hampir dua kali lipat.

4. Mar Sarkas

Tahun dibangun Mar Sarkas adalah pada pra-325 M dan berlokasi di Maalula, Suriah. Denominasi Katolik Yunani dan sampai hari ini masih beroperasi sebagai biara dan gereja.

Mar Sarkas adalah biara yang dibangun sebelum 325 M, tetapi tanggal pasti pembangunannya tidak diketahui. Biara di situs menyimpan beberapa ikon kuno, termasuk beberapa dari abad keempat.

Di dalam komunitas, ada beberapa biarawati yang berbicara bahasa Inggris. Mereka dengan senang hati mengajak pengunjung berkeliling untuk tur singkat jika diminta. Gereja ini juga merupakan tempat beberapa festival yang berlangsung sepanjang tahun, termasuk Festival Mar Sarkas yang diadakan setiap tahun pada tanggal 7 Oktober.

5. Gereja Kelahiran

Gereja Kelahiran atau Nativitas dikonstuksi mulai pada 325 M dan berlokasi di Betlehem, Palestina. Denominasinya terdiri dari beberaga agama dan hingga hari ini bangunan masih dalam rekonstruksi.

Gereja Kelahiran adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan juga merupakan rumah dari empat komunitas monastik termasuk dari Gereja Ortodoks Yunani, Apostolik Armenia, Katolik Roma, dan Ortodoks Syria.

6. Basilika Santo Petrus

Tahun dibangun gereja ini adalah pada 326 hingga 360 M dan berlokasi di Kota Vatikan. Denominasinya adalah Katolik Roma dan gereja ini dibangun kembali pada abad ke-16.

Gereja paling terkenal ini merupakan rumah dari beberapa karya seni paling terkenal di dunia, termasuk karya Michelangelo, Pieta. Awalnya, gereja tersebut ditugaskan oleh Konstantinus I, dan merupakan tempat penobatan Charlemagne, ketika ia diangkat menjadi Kaisar Romawi Suci.

Gereja asli berdiri sampai abad ke-16, ketika gedung baru, yang berdiri saat ini dibangun. Beberapa fitur asli masih ada di situs tersebut, termasuk Makam Santo Petrus, salah satu murid Yesus dari Alkitab.

7. Katedral Trier

Gereja ini dibangun pada 340 M dan berlokasi di Trier, Jerman. Denominasinya Katolik Roma dan hingga saat ini masih beroperasi.

Katedral Trier adalah katedral tertua di Jerman. Awalnya, itu dibangun di situs Romawi yang mulai dibangun pada akhir abad ketiga. Hal yang paling menarik dari Katedral Trier adalah peninggalannya. Itu memegang salah satu Paku Suci yang dikatakan menahan Yesus di kayu salib ketika dia disalibkan.

Gereja juga memiliki artefak yang dikenal sebagai Jubah Mulus Yesus. Peninggalan ini dikatakan sebagai jubah yang dikenakan Yesus sesaat sebelum penyaliban-Nya. Namun, jarang tersedia untuk dilihat publik, dan terakhir kali ditampilkan pada tahun 2012.

8. Basilika San Lorenzo, Milan

Konstruksi gereja ini dimulai pada 364 M dan berlokasi di Milan, Italia. Denominasinya Katolik Roma dan hingga saat ini masih beroperasi.

Basilika San Lorenzo adalah salah satu bangunan tertua yang masih berdiri di Milan. Ketika dibangun, basilika adalah proyek konstruksi terbesar yang pernah dilihat dunia Barat. Ketika konstruksi selesai, itu adalah gereja melingkar terbesar di dunia, dan itu adalah inspirasi untuk Hagia Sophia. Saat ini, Basilika San Lorenzo masih merupakan gereja yang beroperasi, dan beberapa fitur aslinya masih ada, meskipun sebagian besar telah dibangun kembali selama bertahun-tahun.

9. Katedral Etchmiadzin

Konstruksi gereja dimulai pada 483 M dan terletak di Vagharshapat, Armenia. Denominasi Christia dan hingga saat ini masih beroperasi.

Katedral Etchmiadzin adalah katedral pertama yang dibangun di Armenia kuno, dan tetap menjadi katedral Kristen tertua yang ada. Awalnya, sebuah gereja dibangun di lokasi yang sama pada tahun 301 M, tetapi digantikan oleh gereja saat ini pada tahun 483 M.

Saat ini, katedral masih berdiri dan berfungsi sebagai tempat suci utama bagi umat Kristen di Armenia. Katedral Etchmiadzin juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi wisatawan di seluruh negeri.

10.  Hagia Sophia

Tahun Dibangun pada 532 – 537 M dan berlokasi di Istanbul, Turki. Denominasinya Kristen dan hingga hari ini masih berdiri, tetapi sekarang menjadi museum.

Selama lebih dari 1.000 tahun, Hagia Sophia adalah gereja Kristen terbesar yang ada. Dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinian I, Hagia Sophia mengalami beberapa perubahan selama bertahun-tahun. Awalnya, gereja adalah katedral Kristen, tetapi juga telah menjadi katedral Ortodoks Yunani, katedral Katolik Roma, dan masjid Kekaisaran. Pengunjung Istanbul dapat mengunjungi museum, dan diperkirakan sekitar 10.000 orang datang setiap hari.

Tapi kini, Hagia Sophia sudah berubah menjadi masjid yang menjadi perhatian ketika turis asing berkunjung ke Turki.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gereja kota tua
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top