Kapsul bunuh diri Swiss/
Travel

Kapsul Bunuh Diri Swiss Diresmikan, Proses Menuju Kematian Kurang dari 1 Menit

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 9 Desember 2021 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Swiss baru saja melegalkan cara baru untuk mati dengan bantuan bunuh diri. Sebuah perusahaan berbasis di Australia telah menciptakan kapsul cetak 3D yang menawarkan kematian yang dibantu “tanpa rasa sakit” dan segera tersedia untuk penduduk di Swiss di 2022 mendatang.

Kapsul tersebut dibuat oleh organisasi nirlaba Bernama Exit International, yang menawarkan layanan bunuh diri. Kapsul tersebut dijuluki sebagai “Sarco Suicide Pod”. Sementara bunuh diri yang dibantu di Swiss dilakukan dengan menelan natrium pentobarbital cair, Exit International berencana menawarkan pilihan lain.

Nantinya, kapsul tersebut akan membanjiri bagian dalam dengan nitrogen sebelum secara perlahan mengurangi kadar oksigen menjadi 1%. Philip Nitschke penemu Exit International mengatakan prosesnya memakan waktu kurang dari 30 detik dan orang tersebut akan merasa disorientasi sebelum menjadi tidak sadarkan diri.

Agar memenuhi syarat untuk menggunakan kapsul, orang yang ingin mati harus menjawab survei online yang dimaksudkan untuk membuktikan apakah mereka membuat keputusan atas kemauan mereka sendiri. Jika mereka lulus, mereka akan diberitahu lokasi pod dan diberi kode akses.

Begitu berada di dalam, orang yang berniat mengakhiri hidupnya harus menjawab pertanyaan yang sudah direkam sebelumnya dan menekan tombol yang akan memulai proses membanjiri interior dengan nitrogen, yang akan dengan cepat mengurangi tingkat oksigen di dalam dari 21 persen menjadi 1 persen. Kapsul ini juga dapat dibawa ke mana saja.

Pada tahun 2020, sekitar 1.300 orang meninggal dengan bantuan bunuh diri di Swiss, hampir semuanya dengan menelan cairan natrium pentobarbital, yang membuat pasien koma sebelum membunuh mereka.

Bunuh diri yang dibantu termasuk legal di beberapa bagian Amerika Serikat termasuk California, Colorado, Hawaii, New Jersey, Oregon, negara bagian Washington, Vermont, dan Distrik Columbia.

Di sebagian besar negara seperti Belanda, Jerman, Spanyol, dan Kanada, bunuh diri yang dibantu hanya diperbolehkan berdasarkan persyaratan yang ketat, termasuk apakah orang tersebut memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan atau penyakit yang mematikan.

Sarco Suicide Pod tersebut telah menyelesaikan tinjauan hukum dan diharapkan akan beroperasi pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro