Painted Dunes/tripadvisor
Travel

Indahnya Bukit Pasir Vulkanik Warna-warni di California

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 9 Desember 2021 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perjalanan liburan tak biasa bisa didapatkan di Painted Dunes yang terletak di California Utara tepatnya di Taman Nasional Gunung Api Lassen.

Taman seluas 100.000+ hektar ini terletak 130 mil di utara Sacramento di ujung selatan Pegunungan Cascade.

Meskipun terpencil, taman ini adalah salah satu yang paling populer di negara bagian ini, menarik ratusan ribu orang setiap tahun, yang datang untuk melihat gas belerang panas yang naik dari fumarol yang mengepul, padang rumput yang indah, dan danau. Tetapi sorotan dan yang paling populer tentu saja Painted Dunes.

Painted Dunes berada di sudut timur laut taman, dekat Butte Lake. Pendaki dapat menemukan jalan setapak di sana, dan melintasi Fantastic Lava Bed, Cinder Cone sebelum tiba di bukit pasir. Cinder Cone adalah gunung berapi setinggi 700 kaki yang diyakini terakhir meletus pada 1650-an. Abu dari gunung berapi bertanggung jawab atas lanskap Painted Dunes.

Uniknya adalah Anda dapat melihat beragam warna ajaib berbentuk bintik-bintik cerah antara merah dan oranye dan ladang batu apung.

Menurut U.S. Geological Survey warna tersebut disebabkan oleh abu yang dimuntahkan dari Cinder Cone menjadi teroksidasi karena jatuh pada aliran lava ketika masih panas. Abu teroksidasi yang sama ditemukan di Fantastic Lava Beds di dekatnya, yang membuat para ilmuwan percaya bahwa semua bahan yang berasal dari Cinder Cone, terjadi selama satu letusan yang berlangsung beberapa bulan.

Pemandangan terbaik dapat ditemukan di sisi tenggara. Waktu paling ajaib untuk melihat Painted Dunes terjadi selama 'glow hour,' yang dimulai sekitar 15 menit setelah matahari terbenam dan memancarkan cahaya ke atas. Bukit pasir tersebut menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Karena kondisi musim dingin dan akses ke jalan setapak, taman merekomendasikan musim panas dan gugur sebagai waktu terbaik untuk berkunjung. Anda dapat melacak kondisi sepanjang tahun di halaman Day Hiking di taman.

Sifat terpencil dari Painted Dunes memerlukan banyak persiapan. Jika Anda bepergian selama musim panas, pastikan untuk membawa banyak tabir surya, air, dan makanan. Jalurnya kasar dan dinilai sulit di banyak area. Perlengkapan hiking yang tepat direkomendasikan.

Dari trailhead Danau Butte, bersiaplah untuk mendaki 4 mil pulang pergi. Anda akan mengalami perubahan ketinggian 846 kaki, tetapi 700 di antaranya akan berada dalam jarak setengah mil saat Anda menaiki Cinder Cone.

Selain Painted Dunes, Taman Nasional Gunung Api Lassen adalah rumah bagi lebih dari 150 mil jalur hiking, dengan fitur indah lainnya seperti area hidrotermal, danau alpine, dan padang rumput gunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro