Aquarium Georgia
Travel

10 Akuarium Terbesar di Dunia, Paling Besar Bisa Tampung Hingga 100.000 Hewan Laut

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 7 Desember 2021 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Beberapa aquarists telah membangun akuarium dengan ribuan galon, namun ukuran paling umum untuk tangki akuarium adalah sekitar 29 atau 30 galon. Faktanya, banyak sekali akuarium yang besar sehingga bisa menampung berbagai makhluk laut.

Dibutuhkan tangki yang sangat besar untuk menampung berbagai makhluk laut, untuk membandingkan ukuran akuarium maka digunakan ukuran tangki terbesar dalam galon. Kebanyakan akuarium memiliki beberapa tangki dan volume gabungan air yang begitu besar.

Berikut 10 akuarium terbesar di dunia, dilansir dari Touropia:

1. Akuarium Georgia (6,3 juta galon)

Akuarium Georgia di Atlanta adalah akuarium terbesar di dunia yang menampung lebih dari 100.000 makhluk laut. Sebagian besar didanai oleh sumbangan $250 juta dari salah satu pendiri Home Depot Bernie Marcus. Akuarium dibuka pada November 2005 dan menjadi satu-satunya lembaga di luar Asia yang menampung hiu paus.

Hiu disimpan dalam tangki raksasa 24 juta liter (6,3 juta galon) di pameran Ocean Voyager. Ada kontroversi seputar keputusan Akuarium Georgia untuk menampung hiu paus. Kekhawatiran tentang menjaga hiu paus di penangkaran meningkat dengan kematian dua hiu paus.

2. Akuarium Mall Dubai (2,64 juta galon)

Mall Dubai, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, adalah bagian dari kompleks Burj Dubai senilai 20 miliar dolar. Pusat dari mal adalah tangki akuarium raksasa, dengan kapasitas untuk menampung 10 juta liter (2,64 juta galon) air. Akuarium ini memiliki lebih dari 33.000 hewan hidup termasuk lebih dari 400 gabungan hiu dan pari.

Ini secara resmi mendapatkan Guinness World Record untuk "Panel Akrilik Terbesar" di dunia. Panel berukuran 8,3 x 32,88 meter (27 x 108 kaki) dan setebal 75 sentimeter (30 inci) mengalahkan Akuarium Okinawa Churaumi Jepang. Pada bulan Februari 2010, tangki berisi hiu mengalami kebocoran yang menyebabkan evakuasi dan penutupan singkat mal.

3. Akuarium Okinawa Churaumi (1,98 juta galon)

Akuarium Okinawa Churaumi terletak di dalam Ocean Expo Park di Jepang dan dibuka pada tahun 2002. Tangki utama akuarium, yang disebut Laut Kuroshio, menampung 7,5 juta liter (1.981.000 galon) air dan dilengkapi panel kaca akrilik yang mengukur 8,2 x 22,5 meter (27 x 74 kaki) dengan ketebalan 60 sentimeter (24 inci), panel terbesar di dunia saat akuarium dibuka. Hiu paus dan pari manta dipelihara bersama banyak spesies ikan lainnya di Laut Kuroshio. Sampai Juli 2010, total ada empat pari manta yang lahir di akuarium.

4. L'Oceanografic (1,85 juta galon)

L'Oceanogràfic adalah kompleks laut di mana habitat laut yang berbeda terwakili. Itu terintegrasi di dalam kompleks yang dikenal sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan di dalam kota Valencia, Spanyol. Oceanogrfic memiliki tangki akuarium terbesar di Eropa dan menampung lebih dari 45.000 makhluk laut.

Mereka mengisi sembilan menara bawah air, terstruktur pada dua tingkat yang mewakili beberapa ekosistem laut. Dua menara bawah air dihubungkan oleh terowongan bawah air sepanjang 35 meter dan tangkinya diisi dengan hiu, pari, dan 7 juta liter (1,85 juta galon) air.

5. Turkuazoo (1,32 juta galon)

Dibuka pada tahun 2009, Turkuazoo adalah akuarium raksasa pertama di Turki yang menampilkan hutan hujan, hutan banjir, dan zona laut tropis. Akuarium ini terletak di dalam Forum Istanbul Shopping Mall dan berisi terowongan bawah air sepanjang 80 meter. Turkuazoo memiliki sekitar 10.000 makhluk laut termasuk hiu macan, ikan pari raksasa, dan piranha di 29 pameran berbeda di mana yang terbesar menampung 5 juta liter (1,32 juta galon) air.

6. Akuarium Teluk Monterey (1,2 juta galon)

Akuarium Teluk Monterey terletak di lokasi bekas pabrik pengalengan sarden di Cannery Row di Monterey, California. Bagian tengah dari akuarium ini merupakan tangki 1,3 juta liter (0,33 juta galon) setinggi 10 meter (33 kaki) untuk melihat kehidupan laut pesisir California. Tangki lainnya berisi 4,5 juta liter (1,2 juta galon) yang menampilkan salah satu jendela panel tunggal terbesar di dunia. Kehidupan laut yang dipamerkan termasuk ikan pari, ubur-ubur, berang-berang laut, dan banyak spesies laut asli lainnya, yang dapat dilihat di atas dan di bawah permukaan air.

7. uShaka Marine World (sekitar 1 juta galon)

uShaka Marine World adalah taman hiburan yang terletak di Durban, Afrika Selatan. Ini berisi akuarium terbesar di Afrika dengan 32 tangki. Makhluk laut yang ditemukan di akuarium berkisar dari kuda laut kecil hingga hiu dan lumba-lumba. Akuarium dibangun agar terlihat seperti bangkai kapal tua dan berisi sejumlah restoran dan kafe. Yang paling menonjol dari restoran-restoran ini adalah restoran “The Cargo Hold” yang berisi akuarium berukuran dinding penuh berisi sejumlah hiu yang terlihat dari sebagian besar ruang makan.

8. Akuarium Laut Shanghai

Merupakan salah satu akuarium terbesar di Asia, terdiri dari 9 zona pameran di seluruh dunia, termasuk Zona China, Zona Antartika dan Zona Australia. Zona China adalah rumah bagi beberapa spesies air China yang terancam punah, termasuk spesies langka dan berharga dari Sungai Yangtze. Daya tarik terbesar dari akuarium adalah terowongan bawah air. Pada 155 meter (509 kaki) itu adalah terowongan bawah air terpanjang di dunia.

9. Akuarium Genoa

Dibangun untuk Expo 92, akuarium di Italia ini adalah salah satu akuarium terbesar di Eropa. 70 tangki akuarium mereproduksi habitat laut dan darat dari seluruh dunia dan menyediakan rumah bagi lebih dari 6000 hewan. Beberapa tank mereproduksi lingkungan alami dari daerah yang berbeda seperti Mediterania, Laut Merah dan Samudera Hindia. Yang paling spektakuler adalah yang menampung hiu, lumba-lumba, dan anjing laut.

10. AQWA (0,8 juta galon)

Terletak di pinggiran pantai Perth, Aquarium of Western Australia (AQWA), berisi tangki akuarium terbesar di Australia. Tangki utama akuarium memiliki panjang 40 meter (130 kaki) dan lebar 20 meter (66 kaki) dan menampung 3.000.000 liter (793.000 galon) air laut. Ini menggabungkan terowongan bawah air 98 meter (322 kaki). Dengan membayar, perenang snorkel dan penyelam bisa lebih dekat dengan ikan, hiu, dan pari dengan bergabung dengan ahli selam akuarium dalam menjelajahi tangki utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro