Gerbang Neraka
Travel

Kengerian di 'Gerbang Neraka' Turkmenistan

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 7 Desember 2021 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Alam menyimpan rahasia yang luar biasa, tak jarang rahasia tersebut membuatnya semakin menarik. Salah satunya adalah Door to Hell atau Gerbang Neraka di Turkmenistan yang terletak di dekat Desa Derweze di Gurun Karakum.

Menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia, Gerbang Neraka adalah kawah besar cadangan metana yang terbakar, hampir seukuran lapangan sepak bola. Menjadi populer sebagai objek wisata utama di Turkmenistan sejak 2009, berkat komunitas perjalanan global di media sosial.

Kawah api di desa Derweze yang juga dikenal sebagai desa Darvaza ini terlihat memesona dan tentunya mengundang banyak rasa penasaran. Kebetulan itu adalah salah satu tempat wisata populer di Asia Timur Tengah dan tentu saja merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Turkmenistan.

Telah terbakar sejak 1971, Gerbang Neraka terbilang sangat luas karena memiliki lebar 69 meter dan kedalaman 30 meter dengan luas total 5350 meter persegi.

Secara keseluruhan ada 3 kawah di Turkmenistan. kawah air dan kawah lumpur adalah dua lainnya. Namun Gerbang Neraka dengan kawah apinya tentu yang paling mengesankan dan menjadi sangat populer.

Menghabiskan malam berbintang di samping kawah yang diterangi cahaya tentu terdengar mengasyikkan. Oleh karena itu disarankan untuk merencanakan berkemah gurun liar di sekitar kawah yang terbakar. Bawa perlengkapan berkemah Anda sebelumnya. Berkemah bisa dilakukan setelah berjalan ke kawah melalui bukit pasir.

Tentu tidak ada tempat tinggal di sekitar Gerbang Neraka. Namun, ke arah utara kawah di sepanjang jalan utama ada beberapa Chaikhana di Darvaza yang mengatur tempat tidur untuk malam, makanan, dan bensin jika perlu. Harganya cukup terjangkau sekitar US$10. Juga, ada beberapa yurt di kisaran 150 m di sekitar kawah dengan harga US$10 juga.

Perjalanan ke Gerbang Neraka dapat ditempuh melalui Bandara Internasional Ashgabat, 10 km ke barat laut ibu kota adalah bandara terdekat ke Kawah Gas Darvaza. Kawah ini berjarak 275 km dari bandara dan memakan waktu sekitar 3,5 jam untuk mencapainya dengan kendaraan pribadi.

Sementara itu jika ditempuh melalui perjalanan darat, Anda bisa berkendara selama 6 jam dari Dashoguz atau 3,5 jam dari ibu kota Ashgabat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro