Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunung Semeru Erupsi, Ini Kondisi Anak Gunung Rinjani

Anak Gunung Rinjani atau Gunung Barujari berada dalam status level 2, waspada. Beberapa destinasi wisata non-pendakian ditutup.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  22:59 WIB
Gunung Barujari yang menjadi Anak Gunung Rinjani dalam kondisi level 2, waspada. - Remote Land
Gunung Barujari yang menjadi Anak Gunung Rinjani dalam kondisi level 2, waspada. - Remote Land

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Gunung Semeru mengalami erupsi, maka kondisi tersebut berdampak pada anak Gunung Rinjani atau yang disebut Gunung Barujari.

Gunung Barujari disebut sebagai anak Gunung Rinjani karena posisinya yang terletak di Timur Kaldera Rinjani dan berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung Barujari ini memiliki kawah dengan ukuran sekitar 170 meter x20 meter. Adapun ketinggian anak Gunung Rinjani ini sekitar 2.376 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara itu,  Gunung Rinjani memiliki ketinggia 3.726 mdpl.

Sebelum Gunung Semeru mengalami erupsi, Taman Nasional Gunung Rinjani telah menutup destinasi wisata non-pendakian. Tiga lokasi wisata yang ditutup yakni air terjun Jeruk Manis, Mayung Polak dan Mangku Sakti.

Kepala Balai TN Gunung Rinjani Dedy Asriady mengungkapkan penutupan aktivitas wisata non pendakian sudah dilakukan sejak 29 November 2021.

"Gunung Barujari di Gunung Rinjani di level 2 Waspada. Pendakian di Rinjani tetap dibuka, dengan tidak ada aktivitas sekitar radius 1,5 km di Gunung Barujari," ungkapnya dalam Instagram, Senin (6/12/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung meletus Gunung Semeru gunung rinjani
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top