Gunung Barujari yang menjadi Anak Gunung Rinjani dalam kondisi level 2, waspada./Remote Land
Travel

Gunung Semeru Erupsi, Ini Kondisi Anak Gunung Rinjani

Novita Sari Simamora
Senin, 6 Desember 2021 - 22:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Gunung Semeru mengalami erupsi, maka kondisi tersebut berdampak pada anak Gunung Rinjani atau yang disebut Gunung Barujari.

Gunung Barujari disebut sebagai anak Gunung Rinjani karena posisinya yang terletak di Timur Kaldera Rinjani dan berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung Barujari ini memiliki kawah dengan ukuran sekitar 170 meter x20 meter. Adapun ketinggian anak Gunung Rinjani ini sekitar 2.376 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara itu,  Gunung Rinjani memiliki ketinggia 3.726 mdpl.

Sebelum Gunung Semeru mengalami erupsi, Taman Nasional Gunung Rinjani telah menutup destinasi wisata non-pendakian. Tiga lokasi wisata yang ditutup yakni air terjun Jeruk Manis, Mayung Polak dan Mangku Sakti.

Kepala Balai TN Gunung Rinjani Dedy Asriady mengungkapkan penutupan aktivitas wisata non pendakian sudah dilakukan sejak 29 November 2021.

"Gunung Barujari di Gunung Rinjani di level 2 Waspada. Pendakian di Rinjani tetap dibuka, dengan tidak ada aktivitas sekitar radius 1,5 km di Gunung Barujari," ungkapnya dalam Instagram, Senin (6/12/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro