Ilustrasi diet volumetrik/Tabiib Home
Kuliner

Beragam Diet Sepanjang Sejarah, Sudah Muncul Sejak Abad 18

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 3 Desember 2021 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kata diet berasal dari bahasa Yunani “dieta” yang berarti hidup normal. Namun, saat ini sebagian besar mengacu pada membatasi makanan untuk membantu penurunan berat badan daripada cara untuk menikmati makanan dan kesehatan.

Melansir The Conversation, diet dengan cara berpuasa muncul sepanjang sejarah budaya kita, terlihat dalam praktik Muslim, Hindu dan Kristen. Puasa ini bervariasi dari tidak makan di siang hari hingga hanya makan vegetarian. Dalam kalender Kristen, ada hari-hari tertentu yang secara historis ditetapkan sebagai hari bebas daging.

Puasa dalam kacamata diet memiliki sedikit atau tidak ada manfaat tambahan selain hanya mendorong defisit kalori, yang dengan sendirinya dapat memiliki manfaat metabolisme yaitu menurunkan lemak dan gula darah.

Tema lain dari puasa adalah pantang daging dan produk hewani. Terlihat di Inggris utara selama abad ke-19. Gerakan ini menginspirasi pengusaha makanan, termasuk William Kellogg (terkenal dengan sereal) dan Sylvester Graham (kerupuk), untuk mengembangkan produk alternatif.

Prinsip di balik ini adalah mengikuti diet sederhana untuk meningkatkan tubuh, pikiran dan jiwa. Para pengikut gerakan ini mengaitkan makanan produk hewani dengan dosa dan kesehatan yang buruk.

Dokter abad ke-18 George Cheyne diejek media karena berat badannya yang diperkirakan 220kg. Cheyne mengembangkan diet "sayuran dan susu" dengan kalori lebih sedikit. Makanannya sendiri termasuk susu, teh, kopi, roti, mentega, keju ringan, buah-buahan, kacang-kacangan, lobak, dan wortel. Dia tidak minum alkohol, kecuali segelas kecil sari buah apel sesekali.

Pada abad ke-19, pengurus pemakaman William Banting mencoba mengatur berat badannya sendiri. Ia menulis “Letters on Corpulence”. Ini dilihat sebagai cikal bakal dari banyak diet rendah karbohidrat yang populer, termasuk keto.

Sepanjang sejarah, beberapa diet yang sangat aneh dan berbahaya telah diperjuangkan. Selama tahun 1920-an, tampilan populer androgini ramping untuk wanita mungkin telah menyebabkan dorongan untuk menurunkan berat badan.

Hal ini menyebabkan berbagai praktik tidak sehat dengan berbagai efek pada berat badan. Mulai dari menelan cacing pita, yang dapat menyebabkan malnutrisi karena mineral penting tidak akan diserap, hingga alih-alih mengemil dengan rokok, ketika perusahaan tembakau menambahkan penekan nafsu makan ke rokok yang merupakan salah satu diet paling tidak sehat untuk diikuti.

Ada juga diet bola kapas sebagai metode mengurangi asupan makanan dengan menelan bola kapas untuk mengisi perut dan menyerap cairan perut. Kebanyakan bola kapas saat ini adalah serat poliester yang diputihkan. Tentu saja ini tidak masuk akal dan tidak aman untuk pembatasan kalori.

Diet versi sehat yang paling terkenal tercatat di pedesaan Yunani, diet makanan sederhana termasuk ikan, sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan beberapa minyak zaitun dan anggur, serta sedikit susu dan daging.

Berdasarkan berbagai diet sepanjang sejarah ini, ada satu hal yang bisa kita pelajari. Yaitu cara terbaik untuk menjadi tetap sehat adalah dengan menikmati makanan dengan sederhana dan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro