Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aplikasi Pegipegi Terintegrasi dengan PeduliLindungi, Ini Cara Pakainya

Peduli Lindungi memiliki fitur QR Scanner dengan fitur utama bernama 'Safe Entrance' yang dapat digunakan saat masuk (check-in) atau keluar (check-out) dari berbagai fasilitas umum, dengan cara melakukan scan QR di berbagai lokasi di Indonesia tanpa harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  15:08 WIB
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di Pegipegi  -
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di Pegipegi -

Bisnis.com, JAKARTA - Pegipegi dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia bekerjasama dalam mengintegrasikan fitur scan QR Code PeduliLindungi yang dapat diakses di aplikasi Pegipegi.

Kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Pegipegi kepada pemerintah Indonesia, khususnya Kemenkes RI dalam melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus COVID-19. 

Ryan Kartawidjaja, VP Commercial & Marketing Pegipegi mengatakan kerja sama ini kami wujudkan sebagai salah satu bentuk komitmen Pegipegi untuk mendorong upaya penerapan protokol kesehatan serta tracking dan tracing yang ketat guna memutus rantai penyebaran COVID-19 lebih luas lagi.

"Berdasarkan survei yang kami lakukan pada bulan Juli lalu, memperlihatkan bahwa masyarakat yang sudah divaksinasi lebih percaya diri untuk bepergian. Maka aplikasi PeduliLindungi ini akan semakin memudahkan mereka untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan ketika berada di fasilitas umum". paparnya.

Setiaji, Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka memperluas cakupan penggunaan QR Code PeduliLindungi. Yang mana sejak awal Juli hingga sekarang telah digunakan lebih dari 73 juta pengguna. Ada pun lebih dari 25 ribu merchant yang bergabung dengan kerja sama ini salah satunya Pegipegi”.

“Lewat implementasi yang sudah sedemikian luas digunakan di berbagai bidang transportasi dan pariwisata, diharapkan penggunaan API (Application Programming Interface) PeduliLindungi dapat mengendalikan penyebaran COVID-19. Kami juga menjamin bahwa keamanan setiap data yang diakses oleh setiap pengguna melalui mitra platform PeduliLindungi akan terenkripsi. Sehingga data pribadi serta lokasi pengguna tidak akan tersimpan oleh sistem”, ujar Setiaji.

Peduli Lindungi memiliki fitur QR Scanner dengan fitur utama bernama 'Safe Entrance' yang dapat digunakan saat masuk (check-in) atau keluar (check-out) dari berbagai fasilitas umum, dengan cara melakukan scan QR di berbagai lokasi di Indonesia tanpa harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Berdasarkan survei kepada lebih dari 1000 pelanggan Pegipegi pada 22—29 Juli 2021, memperlihatkan bahwa masyarakat yang sudah divaksinasi lebih percaya diri untuk bepergian. Hasil survei ini memperlihatkan banyak temuan menarik dari kebiasaan baru masyarakat.

Di tengah pandemi ini, diketahui empat dari lima orang yang melakukan traveling selama pandemi sudah melakukan vaksinasi minimal dengan dosis pertama. Masyarakat yang melakukan traveling ini mayoritas didorong oleh tujuan untuk berwisata sebanyak 63%, lalu dilanjutkan oleh kunjungan keluarga sebesar 50% dan sisanya merupakan perjalanan bisnis. Melalui survei ini, ditemukan juga bahwa 99,9% kebiasaan baru masyarakat selama pandemi adalah memerhatikan kebersihan di area publik termasuk hotel atau destinasi wisata.

Berkaca dari hasil survei tersebut, melalui kerja sama ini Pegipegi ingin semakin mempermudah masyarakat agar dapat mengakses layanan PeduliLindungi supaya bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini dengan lebih praktis. 

Selain itu, melalui aplikasi ini masyarakat yang telah melakukan vaksinasi juga dapat menikmati berbagai layanan publik dengan aman dan nyaman. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan diantaranya adalah masyarakat dapat mendapatkan notifikasi jika sedang berada di kawasan zona merah. Pemerintah juga bisa melakukan tracing kepada orang-orang yang telah terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. Bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi, bisa dengan mudah mengunduh sertifikat vaksin, juga memudahkan mereka untuk mengakses layanan publik. Dalam aplikasi PeduliLindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah. 

Berikut tata cara penggunaan fitur PeduliLindungi di aplikasi Pegipegi:

1. Klik banner “Safe Entrance by PeduliLindungi” pada halaman utama aplikasi Pegipegi
2. Isi Nama Lengkap & NIK sesuai KTP
3. Klik tombol Scan QR untuk foto atau scan QR code yang tersedia di pintu masuk atau keluar fasilitas publik yang Anda tuju
4. Klik tombol check-in/check-out setelah mendapatkan hasil scan QR terkait lokasi check-in/check-out serta total keramaian pada saat itu
Anda akan mendapatkan hasil check-in/check-out dari PeduliLindungi untuk ditunjukkan kepada petugas di lokasi


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pegipegi Pedulilindungi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top