Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Negara Batasi Perjalanan Gara-gara Covid Omicron, Termasuk Indonesia

Berikut sejumlah negara yang telah membatasi perjalanan menurut peraturan pemerintahan masing-masing
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  10:52 WIB
Ilustras travel warning
Ilustras travel warning

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya varian covid omicron membuat sejumlah negara mulai membatasi perjalanan kembali.

Padahal, semula negara tersebut mulai melonggarkan aturan pembatasan negara.

Kebijakan tersebut, untuk menghindari ancaman penyebaran varian omicron yang disebut memiliki tingkat penyebaran yang tinggi.

Berikut sejumlah negara yang telah membatasi perjalanan menurut peraturan pemerintahan masing-masing dilansir dari CNN:

1. Angola

Angola mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka akan menutup perbatasannya dengan tujuh negara di Afrika selatan dalam upaya untuk mencegah penyebaran varian Omicron baru. Perbatasan Angola akan ditutup ke Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Malawi, Mozambik, Namibia, Tanzania dan Zimbabwe hingga 5 Januari 2022.

2. Argentina

Penumpang yang memasuki Argentina dari Afrika harus menjalani karantina wajib 14 hari setelah mendarat. Mereka juga harus menunjukkan bukti telah divaksinasi, lengkap dengan tes PCR negatif yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Setibanya di Argentina, mereka harus menjalani tes antigen. Wisatawan yang bukan warga negara atau penduduk Argentina akan diminta untuk membuktikan bahwa mereka memiliki asuransi kesehatan yang akan menanggung Covid-19.

3. Australia

Pejabat Australia telah menangguhkan semua penerbangan masuk dan keluar ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Seychelles, Afrika Selatan dan Zimbabwe selama setidaknya 14 hari dan telah melarang orang asing dengan riwayat perjalanan ke lokasi ini dalam dua minggu sebelumnya.

Warga negara Australia dan pemegang visa yang divaksinasi lengkap dapat masuk, tetapi orang asing harus dikarantina di hotel hingga 14 hari. Beberapa penduduk setempat diizinkan untuk dikarantina di rumah.

4. Brazil

Kepala Staf Kepresidenan Brasil Ciro Nogueira mengatakan perbatasan udara negaranya dengan Afrika Selatan, Botswana, Swatini, Lesotho, Namibia dan Zimbabwe sekarang ditutup. Aturan tersebut diumumkan Jumat meskipun Presiden Jair Bolsonaro sebelumnya menyatakan tidak setuju.

5. Kanada

Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos telah mengumumkan bahwa setiap orang non-Kanada yang telah berada di Afrika Selatan, Mozambik, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho dan/atau Eswatini mulai 12 November dan seterusnya akan dilarang memasuki negara itu. Warga negara Kanada atau penduduk tetap yang pernah ke salah satu negara tersebut tetap diperbolehkan pulang, namun dengan aturan ketat: mereka harus memiliki tes PCR negatif, harus melakukan tes virus lain pada saat kedatangan, karantina di hotel sampai mereka memiliki hasil tes negatif yang dikonfirmasi, dan kemudian dikarantina di tempat tinggal mereka selama 14 hari lagi.

6. China

Satu negara yang tidak membuat perubahan besar di tengah berita Omicron adalah China. Zhong Nanshan, pakar penyakit pernapasan terkemuka dan penasihat pemerintah, mengatakan China tidak memiliki rencana untuk mengambil "tindakan besar" dalam menanggapi varian Omicron.

Sementara itu, Hong Kong memperkuat pembatasan yang sebelumnya sudah ketat, melarang orang asing yang telah mengunjungi Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe dalam 21 hari terakhir. Setiap penduduk Hong Kong yang datang dari negara-negara Afrika selatan harus menghabiskan tujuh hari di fasilitas karantina pemerintah di mana mereka akan menjalani tes virus setiap hari dan dipantau oleh para profesional kesehatan. Setelah tujuh hari, mereka akan diminta untuk melanjutkan karantina selama 14 hari di hotel yang ditunjuk.

7. Denmark

Denmark telah menyarankan warganya untuk tidak melakukan semua perjalanan ke Angola, Malawi, Afrika Selatan, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Zimbabwe, Botswana, dan Namibia, dan memperkenalkan 10 karantina dan pengujian wajib bagi siapa saja yang telah mengunjungi tempat tersebut dalam 10 hari terakhir. Isolasi dapat diputuskan pada hari ke-6 setelah dua tes PCR negatif (pada hari ke-4 dan ke-6).

8. Mesir

Mesir mengatakan telah menghentikan penerbangan langsung dari sejumlah negara Afrika selatan, termasuk: Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia dan Eswatini.

9. Fiji

Fiji memperketat peraturan perbatasannya. Negara-negara Afrika bagian selatan sudah masuk dalam "daftar merah", tetapi sekarang hanya warga negara Fiji yang bisa masuk ke negara itu jika mereka pernah ke salah satu negara yang masuk daftar merah. Selain itu, mereka sekarang harus dikarantina selama 14 hari setelah kedatangan, dengan tes PCR dilakukan pada hari ke 5 dan 12.

10. Prancis

Prancis telah menangguhkan semua penerbangan dari Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia, dan Eswatini.

11. Jerman

Jerman telah melarang semua penerbangan dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe.

12. Yunani

Yunani hanya akan mengizinkan perjalanan penting dari Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Mozambik, Eswatini, Zambia dan Malawi. Wisatawan harus memiliki izin khusus dari kedutaan Yunani setempat dan misi diplomatik untuk bepergian. Pada saat kedatangan mereka akan diuji dan ditempatkan di hotel karantina selama 10 hari, setelah itu mereka akan diuji lagi.

13. India

Mulai 1 Desember, semua penumpang internasional harus menyerahkan formulir pernyataan diri ke portal pemerintah online yang mencakup riwayat perjalanan 14 hari dan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan mereka, menurut pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan India.

Pelancong dari negara-negara yang dianggap "berisiko" sekarang juga akan menghadapi pengujian dan pengawasan lebih lanjut, termasuk tes PCR dan karantina di rumah selama tujuh hari. Negara-negara "berisiko" tersebut adalah Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, serta negara-negara di Eropa termasuk Inggris, Brasil, Bangladesh, Cina, Mauritius, Selandia Baru, Singapura, Hong Kong, dan Israel.

14. Indonesia

Indonesia melarang kedatangan orang asing yang telah menghabiskan waktu dalam 14 hari terakhir di Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria. Setiap WNI yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut akan diwajibkan untuk dikarantina selama 14 hari pada saat kedatangan.

15. Irlandia

Irlandia mengatakan memberlakukan karantina wajib bagi siapa pun yang datang dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe. Penduduk Irlandia yang datang dari negara yang terkena dampak akan diizinkan untuk mengisolasi diri di rumah.

16. Israel

Israel memiliki perbedaan karena negara ini menjadi yang pertama untuk menutup perbatasannya terkait berita varian Omicron.  Warga negara Israel dapat kembali ke negara itu tetapi harus dikarantina, bahkan jika divaksinasi lengkap.

17. Italia

Italia telah membatasi kedatangan siapa saja yang telah berada di Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia, Eswatini selama 14 hari terakhir.

18. Jepang

Mulai 30 November, perbatasan Jepang ditutup untuk semua non-warga negara, termasuk pelajar internasional, penduduk jangka pendek (mereka yang sudah berada di negara itu dapat tinggal), atau orang-orang yang mengunjungi keluarga.

19. Kuwait

Kuwait pada hari Sabtu menghentikan penerbangan komersial langsung dari Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho, Eswatini, Zambia dan Malawi, dan menyarankan untuk tidak melakukan semua perjalanan, terutama ke Afrika selatan. Warga negara Kuwait yang datang dari negara-negara yang terkena dampak harus menghabiskan tujuh hari di karantina, sementara non-Kuwaitis tidak akan diizinkan masuk dalam waktu 14 hari setelah mengunjungi negara-negara yang terdaftar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Travel Warning Covid-19 omicron
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top