Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tempat Dimana Matahari 'Enggan' Terbenam

Karena lintang tinggi Norwegia, ada variasi musiman yang besar di siang hari. Selama bulan-bulan musim panas atau dari akhir Mei hingga akhir Juli, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam terkhususnya di Norwegia Utara.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 November 2021  |  15:00 WIB
Restoran bawah laut Under di Baaly Norwegia. Foto diambil 18 Maret 2019. - Reuters/Lefteris Karagiannopoulos
Restoran bawah laut Under di Baaly Norwegia. Foto diambil 18 Maret 2019. - Reuters/Lefteris Karagiannopoulos

Bisnis.com, JAKARTA— Pada keadaan normal, 24 jam dalam sehari terbagi menjadi waktu siang dan malam. Lain halnya dengan tempat yang posisinya dekat dengan lingkaran arktik.

Tempat-tempat tersebut jelas memiliki letak geografis yang berbeda sehingga matahari tidak terbenam dan membuat waktu siangnya lebih lama dibandingkan malam hari. Fenomena ini terjadi karena bumi miring pada porosnya sekitar 23 derajat.

Berikut lima tempat yang disebut sebagai negeri matahari tengah malam, dilansir dari CourtesyFeed:

1. Finlandia

Ski, bersepeda, panjat tebing, dan hiking adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk bersenang-senang saat mengunjungi negeri matahari tengah malam ini. Pada pertengahan musim panas, selama berbulan-bulan matahari tidak terbenam di Finlandia sehingga banyak orang yang tetap pergi berperahu dan memancing walau sebenarnya waktu sudah malam.

2. Swedia

Saat berada di Swedia, Anda bisa menikmati matahari tengah malam di Stockholm, ibu kota Swedia di mana matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit kembali pada pukul 04.30 pagi. Stockholm sebenarnya terdiri dari 14 pulau, juga terletak di tempat Danau Malaren yang terhubung dengan Laut Baltik. 30% dari Stockholm terdiri dari saluran air sehingga melakukan perjalanan perairan untuk melihat matahari tengah malam adalah hal yang tepat.

3. Kanada

Di Inuvik dan Wilayah Barat Laut, Kanada, siang hari akan muncul selama sekitar 50 hari di musim panas. Kegiatan yang bisa dilakukan saat matahari tidak terbenam adalah dengan memancing, berpartisipasi dalam Great Northern Arts Festival (fitur tahunan pada pertengahan Juli), bermain golf di tundra, dan berpartisipasi dalam Midnight Sun Fun Run (dimulai pada tengah malam pada akhir pekan).

4. Islandia

Negara yang penuh dengan beragam bentang alam yang indah ini memiliki waktu siang yang lama karena waktu malam hanya dua jam saja. Anda dapat mengunjungi air terjun, gunung berapi, gletser, pergi berkemah dan menyelam sepanjang hari. Selain itu, Anda juga dapat menunggang kuda Islandia atau bermain golf rekreasi di salah satu dari 65 lapangan golf yang tetap buka pada tengah malam.

5. Norwegia

Karena lintang tinggi Norwegia, ada variasi musiman yang besar di siang hari. Selama bulan-bulan musim panas atau dari akhir Mei hingga akhir Juli, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam terkhususnya di Norwegia Utara.

Anda dapat memesan tur sepeda, bermain kayak di laut, memancing, bermain golf, atau naik kapal pesiar untuk berendam dengan matahari tengah malam di Norwegia Utara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top