Tjikko Lama/visitdalama
Travel

Ini Dia 6 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Usianya 9.550 Tahun

Intan Riskina Ichsan
Senin, 29 November 2021 - 14:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Berbagai pohon di seluruh dunia patut dikagumi dengan segala fungsi dan sejarahnya yang ada. Pohon sangat berjasa bagi kehidupan dan eksistensinya sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Selepas hilangnya pohon “Sang Senator” sebagai salah satu organisme tertua di dunia, ternyata masih ada pohon-pohon kuno yang menarik para wisatawan. Berikut 6 pohon tertua di dunia yang masih tersisa dilansir dari Mental Floss:

1. Tjikko Lama di Swedia

Pohon tertua di dunia ini tumbuh pada Zaman Es, lebih dari 9.550 tahun yang lalu. Cemara Norwegia setinggi 16 kaki ini berada di Dalarna Swedia yang sistem akarnya dimulai kembali ketika jembatan es masih menghubungkan Kepulauan Inggris ke Eropa. Leif Kullman, ahli geologi yang menemukan pohon itu, menamainya setelah anjingnya yang mati.

2. Methuselah di California

Methuselah, pohon pinus bristlecone dari White Mountains California, diperkirakan berusia hampir 5000 tahun dan merupakan pohon non-klonal tertua di dunia. Lokasi yang tepat dari Methuselah ini adalah rahasia Dinas Kehutanan untuk alasan perlindungan. Pada tahun 1964, pohon yang sedikit lebih tua dengan nama Prometheus secara tidak sengaja ditebang oleh seorang ilmuwan yang tidak menyadari bahwa pohon itu sangat tua.

3. Llangernyw di Wales Utara

Llangernyw, pohon yew berusia 4000 tahun ditanam di tempat yang sekarang menjadi halaman gereja Wales Utara ketika Piramida Mesir masih dianggap sebagai perkembangan baru.

4. Zoroastrian Sarv di Iran

Zoroaster Sarv, sebuah pohon di Iran tengah, adalah monumen alam nasional. Cemara berusia 4000 tahun ini berakar tepat pada saat orang-orang kuno di Asia Tengah menemukan roda dengan jari-jari.

5. The Tree of One Hundred Horses di Sisilia

Diartikan sebagai Pohon Seratus Kuda adalah pohon kastanye besar di dekat gunung berapi Gunung Etna di Sisilia, diperkirakan berusia antara 2000 dan 4000 tahun. Nama yang tak ada bandingannya ini berasal dari legenda lama di mana 100 ksatria yang basah kuyup dan kuda-kuda mereka mencari perlindungan dari badai petir. Pohon yang benar-benar besar ini memegang rekor dunia untuk ketebalan, dengan keliling 190 kaki hampir sepanjang gelanggang hoki.

6. Fitzroya Cupressoides di Chili

Pohon ini adalah sejenis pohon cemara yang tinggi dan ramping di Pegunungan Andes. Dikenal secara umum sebagai Alerce, banyak dari pohon cemara yang menjulang tinggi ini telah ditebang dalam 200 tahun terakhir, tetapi para ilmuwan telah melacak dan melindungi satu pohon tertentu, yang diperkirakan berusia lebih dari 3600 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro