Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keren Nih, Korea Selatan Buka Kota Terapung Pertama di Dunia pada 2025

Kabarnya, kota terapung itu akan menjadi kota mandiri, yang merupakan upaya bersama antara UN Human Settlement Program (UN-Habit) dan OCEANIX.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 November 2021  |  08:58 WIB
Korea Selatan.  - reuters
Korea Selatan. - reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan akan membuka kota terapung pertama di dunia pada tahun 2025!

Sesuai laporan, kota itu akan dibangun di lepas pantai Korea Selatan, dan pengerjaannya kemungkinan akan selesai pada awal 2025.

Laporan mengatakan bahwa proyek tersebut telah didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan kota itu akan dibangun di lepas pantai Busan untuk mengatasi masalah kenaikan permukaan laut.

Pemimpin proyek tersebut menambahkan bahwa itu akan menjadi 'infrastruktur tahan banjir' yang akan terdiri dari beberapa pulau buatan, yang bertujuan untuk menghilangkan risiko banjir dengan naik bersama laut.

Kabarnya, kota terapung itu akan menjadi kota mandiri, yang merupakan upaya bersama antara UN Human Settlement Program (UN-Habit) dan OCEANIX. Demikian dilansir dari Times of India.

Kota ini akan dapat menghasilkan listriknya sendiri dari panel surya, mengangkut turis dan penduduk antar pulau dengan kapal yang dibuat khusus, dan menghasilkan makanan dan air bersihnya sendiri.

Lebih lanjut, laporan menunjukkan bahwa kota tersebut akan tersebar di area seluas lebih dari 75 hektar, dan akan mampu menampung 10.000 penduduk. Lingkungan akan dikelompokkan dalam kelompok enam di sekitar pelabuhan pusat yang dilindungi, yang berarti setiap desa akan dapat menampung hingga 1650 penduduk.

Selanjutnya, kota ini akan dirancang khusus untuk tahan terhadap bencana alam seperti tsunami, banjir, dan angin topan Kategori 5.

Melansir BBC, Busan adalah rumah bagi 3,4 juta orang dan merupakan salah satu pelabuhan pengiriman tersibuk di dunia.

Ini berarti pembangun dan insinyur lokal memiliki banyak pengalaman membangun di sepanjang air.

Kota-kota pesisir seperti Busan sangat rentan terhadap kenaikan permukaan laut, yang disebabkan oleh pemanasan global.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa permukaan laut bisa naik lebih dari satu meter pada tahun 2100 yang akan mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia yang tinggal di komunitas pesisir.

“Daripada berkelahi dengan air, mari kita belajar hidup selaras dengannya,” kata Maimunah Mohd Sharif, dari UN-Habitat.

Korea Selatan juga rentan terhadap berbagai bencana alam, termasuk angin topan, banjir, kekeringan, tanah longsor, badai salju, tsunami, dan gempa bumi. Diharapkan kota akan mampu menahan ini karena platform terapung akan berlabuh ke dasar laut.

Pembangunan kota terapung ini diperkirakan menelan biaya £150 juta dan diperkirakan dapat menampung hampir 10.000 penduduk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top