Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rendang Tembus Pasar Eropa, Investasinya Capai Rp42 Miliar

Salah satu makanan khas Indonesia Rendang diekspor ke Eropa dengan nilai investasi sebesar Rp42 miliar.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 28 November 2021  |  19:43 WIB
Rendang - Antara
Rendang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta melakukan penandatanganan dengan Bela Ltd., perusahaan terkemuka di Bulgaria, untuk mendistribusikan rendang ke ke kawasan lain di Eropa.

Penandatanganan kerja sama bisnis tersebut dilakukan pada Minggu, 28 November 2021. Nilai investasi tersebut mencapai US$3 juta atau setara dengan Rp42,84 miliar.

“Nilai investasinya US$3 juta. Pasarnya tidak hanya di Bulgaria, tapi Bulgaria ini akan kami jadikan ‘hub’ atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan,” katanya melalui siaran pers, Minggu (28/11/2021).

Iwan mengatakan, dengan adanya perjanjian kerja sama tersebut, makanan asal Sumatera Barat ini akan lebih dikenal di negeri kawasan Eropa Timur.

“Bukan berarti orang Eropa belum kenal rendang ya. Selama ini sudah, tapi akan lebih kita masifkan lagi, sehingga dari situ rasa cinta mereka pada negara produsen rendang akan semakin kuat,” kata Iwan.

Dalam kesempatan ini, Iwan mengajak William Wongso, pakar kuliner nusantara yang terkenal menguasai seni masakan Asia dan Eropa.

Selama di Sofia, sederet kegiatan menantinya, salah satunya pengambilan gambar dengan BTV, sebuah stasiun televisi di Bulgaria. Pemilik ‘William Gourmet Catering’ itu tampil dalam program bertema ‘Indonesia Spice Up the World’.

Di acara ini, William Wongso beraksi demo memasak rendang serta mengajarkan masyarakat Eropa tips makan rendang ala mereka, yakni makan rendang dikombinasikan sandwich dan salad.

“Di sini, beliau berbagi tips masak enak ala William Wongso,” jelas Iwan. William pun turut melakukan penandatanganan kerja sama produksi rendang itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner rendang
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top