Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Masjid Terbesar di Dunia, Ada Masjid Istiqlal Jakarta

Berikut 10 masjid terbesar di dunia, termasuk masjidil haram di Arab Saudi dan Istiqlal di Jakarta.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 23 November 2021  |  11:04 WIB
Suasana salat tarawih di Masjidil Haram. Istimewa
Suasana salat tarawih di Masjidil Haram. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Masjid menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi umat Islam untuk beribadah. Selain beribadah, masjid juga dipercaya sebagai pusat peradaban sehingga bukan tidak mungkin terdapat banyak keunikan di dalamnya.

Seperti berbagai masjid di dunia yang begitu besar sehingga mampu menampung banyak orang. Berikut 10 masjid terbesar di dunia, dilansir dari UAE Moments:

1. Masjid Terlarang Al-Haram di Mekkah

Dengan kapasitas 2 juta orang, masjid terlarang atau biasa disebut Al-Haram menjadi masjid terbesar di dunia. Dinamakan seperti itu karena dilarang untuk bertarung di dalamnya. Terletak di Mekah, di Arab Saudi, masjid ini memiliki nilai utama dunia Muslim yaitu Ka'bah. Menurut legenda, pembangun pertama relik ini adalah malaikat surgawi.

Masjid ini pertama kali disebutkan pada tahun 638. Selama berabad-abad keberadaannya, masjid utama umat Islam ini berulang kali dibangun kembali untuk menampung sebanyak mungkin pengunjung. Luasnya 357 ribu meter persegi.

2. Masjid Nabawi di Madinah

Kapasitas masjid kedua terbesar yang terletak di Madinah ini adalah 1 juta orang. Masjid Nabawi, atau Masjid al-Nabawi secara umum diyakini bahwa pembangunannya dimulai pada tahun 622 dan Nabi Muhammad sendiri berpartisipasi di dalamnya. Nabi Muhammad kemudian dimakamkan di bawah Kubah Hijau. Pada waktu biasa masjid ini menampung sekitar 600 ribu orang. Selama ziarah itu dapat menampung hingga 1 juta orang. Luas masjid ini sekitar 400 ribu meter persegi.

3. Masjid Faisal di Islamabad

Tempat ketiga adalah Masjid Faisal di Islamabad dengan kapasitas 300 ribu orang. Pembangunannya dibiayai oleh pemerintah Arab Saudi. Patut dicatat bahwa desainnya sangat berbeda dari arsitektur tradisional kuil-kuil Muslim. Yang paling utama dalam penampilan, bangunan itu menyerupai tenda seorang pengembara Badui. Luas masjid adalah 5 ribu meter persegi.

4. Masjid Kemerdekaan Istiqlal di Jakarta

Masjid Kemerdekaan atau Istiqlal, terletak di Indonesia tepatnya di kota Jakarta, menempati urutan ke-4 dengan kapasitas 120 ribu orang. Setelah Indonesia memperoleh kemerdekaan, pembangunan masjid kemudian diputuskan untuk mengabadikan pembangunan struktur keagamaan terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1961. Luas masjid ini 10 hektar.

5. Masjid Hassan II di Casablanca

Masjid Hassan II yang mencolok karena pemandangannya berada di tempat ke-5 dengan kapasitas 105 ribu orang. Terletak di kota Casablanca, Maroko, Masjid Hassan memiliki pemandangan Samudra Atlantik yang menakjubkan dari aula kaca kuil yang besar. Luas masjid ini sekitar 9 hektar. Fakta menariknya adalah semua 800 juta dolar yang dihabiskan untuk membangun masjid didapatkan dari sumbangan sukarela.

6. Makam Imam Reza di Masyhad

Dengan kapasitas 100 ribu orang, masjid ini merupakan kompleks arsitektur dan keagamaan makam Imam Reza. Terletak di Iran, di kota Masyhad. Ini termasuk makam imam, serta makam tokoh agama Islam lainnya, masjid, kuburan, perpustakaan, dan museum. Mausoleum adalah daya tarik wisata utama Iran, yang setiap tahun dikunjungi hingga 20 juta pengunjung.

Pada tahun 818, Imam Reza, yang memiliki popularitas besar di antara orang-orang, terbunuh, dia dimakamkan di dekat makam Harun al-Rashid yang agung. Segera di sekitar makam tumbuh kota Masyhad. Pembangunan kompleks dimulai pada abad ke-13, pada masa pemerintahan dinasti Timurid. Masjid pertama di tempat pemakaman imam dibangun pada abad XI, tetapi segera dihancurkan. Luasnya sekitar 331 ribu meter persegi.

7. Masjid Badshahi di Lahore

Terletak di kota Lahore, Pakistan, masjid ini menampung kapasitas 60 ribu orang. Masjid Badshahi dibangun pada pertengahan abad XVII atas perintah penguasa terakhir dinasti Mogul Besar.

8. Masjid Al-Saleh di Yaman

Masjid Al-Saleh memiliki kapasitas 44 ribu orang. Tempat kedelapan di antara masjid terbesar di dunia ini merupakan sebuah stasiun di Yaman. Pembukaan resmi atraksi utama negara itu terjadi pada tahun 2008. Pembangunan masjid dibiayai oleh Presiden Yaman. Dia mengelola negara dalam jumlah besar $ 60 juta. Masjid Al-Saleh adalah bangunan modern, yang menampung kelas pendidikan dan beberapa perpustakaan

9. Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab) memiliki kapasitas 40 ribu orang. Terkenal tidak hanya karena ukurannya, tetapi juga karena keindahannya yang menakjubkan. Ini adalah salah satu perhiasan utama kota Abu Dhabi. Masjid ini mengesankan dengan interiornya yaitu marmer berwarna dan batu semimulia untuk dekorasi bangunan. Selain itu, terdapat lampu gantung terbesar dan termewah di dunia. Luas masjid ini 22 ribu meter persegi.

10. Masjid Suci Delhi

Di urutan terakhir, Masjid Katedral Delhi atau Masjid Jami dengan kapasitas 25 ribu orang. Pendirian bangunan dimulai pada masa pemerintahan Shah Jahan I, padishah dari kerajaan Mughal. Namanya tercatat dalam sejarah, ia diangkat atas perintah Jahan oleh makam megah masjid Taj Mahal. Pembangunan Masjid Katedral selesai pada 1656.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masjidil haram masjid masjid istiqlal
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top